Melirik All New Kia Carens 1.5L, Apa Bedanya Dengan Varian Tertinggi?

by  in  Berita & Kia & Nasional
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen tunggal pemegang merk Kia di Indonesia, mengadakan sesi media first drive all new Kia Carens pada Rabu (12/10) lalu di kawasan BSD, Tangerang. Setelah sebelumnya kami telah melakukan review berkendara terhadap varian tertinggi Carens yaitu 1.4L Turbo, kali ini dalam sesi media first drive kami berkesempatan merasakan Carens 1.5L.

Eksterior Dan Interior Hampir Sama Dengan Varian Tertingginya

Kia Indonesia sebelumnya telah menghadirkan all new Carens dalam dua varian mesin, Carens 1.5L dan 1.4L Turbo yang diluncurkan dalam gelaran GIIAS 2022 pada Agustus lalu. Setelah kami melakukan first impression serta video review terhadap Kia Carens 1.4L Turbo sebagai varian tertinggi, dalam kesempatan ini kali ini kami dapat merasakan langsung Carens 1.5L yang secara desain eksterior terlihat sama saja.

Mulai dari fascia depan, bodi samping, hingga ke bagian buritan, Carens 1.5L memiliki visual serta spesifikasi yang sama persis dengan Kia Carens 1.4L Turbo. Tak ada pengurangan sedikitpun dari fitur yang ada pada Carens 1.4L Turbo seperti perlampuan full LED, velg 16-inci, detail aksen krum, hingga dimensi (4.540×1.800×1.700 mm) serta wheelbase (2.780 mm) yang tidak berubah pada Carens 1.5L.

Masuk ke interior, perbedaan pada Carens 1.5L terasa dengan hadirnya tombol idling start stop dan kursi baris kedua yang menyambung. Namun hanya itu perbedaannya, sisa material serta fitur seperti steering switch, ambient lighting, panel meter full digital dengan layar 4,2-inch TFT, ventilated front seats, head unit 8-inch dengan Apple CarPlay dan Android Auto, sunroof, hingga tabel tray pada kursi baris kedua masih sama persis dengan Kia Carens 1.4L Turbo.

Dapur Pacu Yang Berbeda Pada Kia Carens 1.5L

Barulah perbedaan paling signifikan hadir pada bagian dapur pacunya, Carens 1.5L menggunakan mesin Smartstream 1.497 cc dengan keluaran tenaga 115 PS di 6.300 rpm dan torsi 144 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan dengan transmisi IVT yang saat kami coba cukup responsif saat membuka gas ketika berkendara agresif. Pengereman juga terasa pakem dengan full disc brake walau jarak tuas pengereman terasa pendek hingga cukup mengagetkan.

Sayang soal electric power steering yang disematkan pada seluruh varian all new Carens, memiliki tingkat akurasi yang kurang baik serta steering feedback yang terasa sangat artifisial. Pun jarak main suspensi terasa pendek hingga bantingan terasa cepat dan keras, walaupun hal tersebut berefek pada kontrol bodi yang masih baik jika perbandingannya segmen MPV untuk pasar Indonesia.

Kesimpulannya dengan beda harga hingga Rp 60 Juta (1.5L Rp 389 Juta, 1.4L Turbo Rp 449 Juta), all new Carens 1.5L masih menjadi pilihan yang worth it untuk dibeli mengingat fitur yang disediakan pun tidak beda jauh dengan varian tertinggi. Jadi dengan perbedaan performa mesin, kelebihan, serta kekurangannya, apakah kalian tertarik dengan all new Kia Carens 1.5L?

Read Prev:
Read Next: