Harga Toyota C-HR di UK Lebih Mahal Daripada Honda HR-V

Harga Toyota C-HR di UK Lebih Mahal Daripada Honda HR-V
0  komentar

AutonetMagz.com – Di GIIAS 2016, Toyota C-HR adalah salah satu mobil yang mencuri perhatian publik, karena bentuknya yang mencolok untuk seekor Toyota yang biasanya desainnya main aman. Melalui Toyota Sienta baru dan Toyota C-HR, Toyota membuktikan kalau mereka juga bisa bikin mobil yang bentuknya unik meski belum tentu klik dengan selera kebanyakan orang. Contoh simpel, banyak yang bilang Sienta jelek, tapi banyak juga yang bilang keren.

toyota c-hr wallpaper

Lupakan versi konsep yang kita lihat kemarin di GIIAS 2016, karena lebih baik kita lihat versi produksinya yang sangat dekat dengan yang akan diterima konsumen Toyota nanti. Foto eksterior dan interior pun sudah komplit, demikian juga dengan opsi mesinnya. Ada 1.200 cc turbo, 1.800 cc hybrid dan 2.000 cc non turbo, semuanya bensin, tidak ada diesel. Transmisinya CVT atau 6 percepatan manual, penggeraknya FWD dan AWD. Sayangnya, sampai kemarin, harga Toyota C-HR masih misterius.

toyota c-hr interior

Tapi kini tidak lagi. Terima kasih kepada Toyota UK yang sudah merilis daftar harga Toyota C-HR resmi. Toyota C-HR yang dijual di UK adalah buatan Turki, dan hanya ada 2 mesin yang ditawarkan di sana, yakni 1.200 cc turbo eks Toyota Auris dan 1.800 cc hybrid eks Toyota Prius. Pilihan transmisi antara manual dan CVT, tapi sementara yang manual hanya punya opsi FWD, versi CVT hadir dalam pilihan FWD dan AWD.

panel instrumen toyota c-hr

Toyota C-HR hadir dalam 3 trim kemewahan : Icon, Excel dan Dynamic. Harga Toyota C-HR dari yang termurah hingga yang termahal adalah 20.995 Poundsterling hingga 27.995 Poundsterling, alias 368,2 juta Rupiah hingga 491,6 juta Rupiah. Dibandingkan Honda HR-V misalnya, Toyota C-HR lebih mahal, baik untuk varian murahnya hingga varian mahalnya. FYI, harga Honda HR-V di UK berkisar 18.495 Poundsterling hingga 24.305 Poundsterling (324,3 juta hingga 426,3 juta Rupiah).

konsol tengah toyota c-hr

Jangankan dibanding Honda HR-V, dibanding Mazda CX-3saja Toyota C-HR masih lebih mahal, bahkan harga Toyota C-HR sudah overlap ke harga Honda CR-V di sana yang lebih besar dan kelasnya lebih tinggi. Namun ada alasan logis yang bisa menjelaskan kenapa harga Toyota C-HR mahal. Pertama, Toyota C-HR punya varian AWD, sementara Honda HR-V hanya ada versi FWD. Kedua, sementara Honda HR-V di UK tidak punya varian hybrid, Toyota C-HR punya.

jok kulit toyota c-hr

Ketiga, mesin 1.200 cc turbo milik Toyota C-HR lebih menjanjikan daripada 1.500 cc non turbo milik Honda HR-V, setidaknya di atas kertas. Mesin Toyota C-HR yang 1.200 cc turbo bisa menghasilkan 120 PS dan 185 Nm, lebih dari cukup untuk crossover sekelasnya, meski kalau melihat spek mesin 1.400 cc turbo Chevrolet Trax yang bisa 140 PS dan 200 Nm, mesin Toyota C-HR masih belum wah.

toyota c-hr back

Oh ya, kalau mau membayangkan dimensi Toyota C-HR, dia lebih panjang 55 mm, lebih lebar 23 mm dan lebih rendah 50 mm serta punya wheelbase lebih panjang 30 mm daripada Honda HR-V. Setelah di Inggris, Toyota Australia akan mendatangkan mobil ini tahun depan dengan mesin 1.200 cc turbo, sementara di Jepang, Toyota C-HR akan pakai mesin 2.000 cc bertenaga 150 PS dan torsi 193 Nm.

toyota c-hr photo

Bagaimana dengan Toyota Indonesia? Kami harap Toyota C-HR Indonesia segera dipersiapkan dengan spek yang kompetitif, tidak cukup jika hanya sekedar pas untuk melawan rival. Bukan apa-apa, kontestan seperti Honda HR-V, Nissan Juke dan Chevrolet Trax akan menjadi rival Toyota C-HR nanti, lalu bukan hanya Toyota saja, karena Mazda Indonesia juga tengah menggodok spek Mazda CX-3 untuk jadi dijual di Indonesia atau belum. Bagaimana menurutmu spek dan harga Toyota C-HR Indonesia harusnya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: