Review Honda CR-V Facelift 2.4 Prestige : Huge Improvement, Tapi…

by  in Honda&Review
Review Honda CR-V Facelift 2.4 Prestige : Huge Improvement, Tapi…
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Honda CR-V merupakan salah satu SUV favorit di Indonesia, terutama untuk generasi ketiga yang mirip kura-kura, penjualan mobil tersebut terbukti menjadi pemimpin di kelasnya dan tidak tegoyahkan selama bertahun-tahun. Penulispun juga menjadi salah satu konsumen Honda CR-V 2.4 pada masa itu.

Lantas setelah generasi ketiga terasa cukup membosankan dan waktunya berganti model, Honda CR-V generasi keempat ini diluncurkan. Sayangnya generasi keempat ini tidak sesukses generasi ketiga dari segi penjualan. Mobil tersebut juga kurang bersaing mulai dari bentuk eksterior, interior serta fitur yang ditawarkan.

Di awal tahun 2015 silam, akhirnya Honda CR-V berbenah dan mendapatkan banyak fitur baru, apakah mobil ini bisa menebus kelemahan-kelemahan model sebelum facelift? Mari kita simak!

Desain

Test-Drive-Honda-CRV-by-AutonetMagz

Huge improvement! Itu yang bisa saya katakan ketika melihat Honda CR-V 2.4 Prestige facelift, saya kurang suka dengan desain Honda CR-V generasi ini yang belum mendapatkan facelift, terasa hambar, datar dan tidak fituristik. Namun sentuhan facelift yang dilakukan Honda terhadap eksterior mobil ini patut diacungi jempol.

Ubahan yang dilakukan Honda cukup banyak, mulai dari lampu depan desain baru, grille model baru, bumper depan model baru serta penambahan fitur pencahayaan seperti LED DRL dan lampu depan HID, tapi sayangnya yang mendapatkan HID hanya model Prestige saja.

Velg-Honda-CRV-Facelift-Prestige-Two-Tone-Color-Pelek

Untuk varian Prestige, kita mendapatkan velg yang sama dengan varian 2.4 yang memiliki velg berukuran 18 inchi model kipas angin. Pewarnaan two tone color membuat menjadi futuristik dibandingkan dengan varian 17 inchi.

Di bagian belakang, entah kenapa menurut kami desainnya menjadi semakin buruk rupa. Rasanya Honda tidak perlu memberikan lampu dengan lekukan garnish aneh bin ajaib, apalagi ia belum dilengkapi dengan lampu LED seperti mobil masa kini.

Get In Car

Honda-CRV-Interior-Dashboard-Facelift

Masuk ke dalam Honda CR-V, kita akan menemukan desain dashboard yang sama persis dengan model lama, perbedaannya untuk sekarang Honda CR-V tampil lebih mewah dengan penggunaan material soft touch pada bagian dashboard dan door trim bagian atas. Untuk membuatnya tampil lebih mewah lagi, Honda juga memberikan jahit-jahitan palsu yang sebenarnya tidak perlu.

Honda menyematkan layar MID 5 inchi yang sangat besar di bagian atas dashboard agar terlihat seperti i-Drive BMW. Meskipun terlihat modern dan keren, MID ini adalah hal yang membuat kami tidak suka dengan dashboard CR-V, karena selain tampilannya kurang bagus, ia membuat kamera parkir mobil ini jadi sulit terlihat karena letaknya jauh dan kecil. Seharusnya kamera parkir diintegrasikan saja ke audio 7 inchi, bukan ke layar MID berukuran 5 inchi itu.

Duduk di Honda CR-V terbaru ini rasanya masih sama dengan varian non facelift, kursinya nyaman, empuk dan memiliki banyak pengaturan ditambah electric seat. Hanya saja rasanya duduk di Honda CR-V terbaru tidak selega Honda CR-V generasi ketiga yang sering kami gunakan sebelumnya. Mungkin ini diakibatan oleh desain dashboard baru yang lebih padat dibandingkan dengan model sebelumnya.

Bangku-Belakang-Honda-CRV

Meskipun fitur dan peningkatan material interior Honda CR-V ini membaik, kami masih menemukan hal-hal fatal yang membuat mobil ini terasa murah. Jika anda perhatikan lebih lanjut, Honda CR-V masih punya material-material plastik tipis, kasar dan yang goyang ketika disentuh di beberapa bagian, fit and finishnya juga masih terasa tidak rapih, serta hal yang paling tidak disukai oleh pemilik mobil ini ada pada panel power window pada door trimnya yang memiliki potongan plastik tajam, kalau tidak hati-hati tangan kita bisa tergores akibatnya. Duh!

Nah soal akomodasi, saya merasa ada yang kurang pada Honda CR-V terbaru ini di bangku baris kedua, legroomnya terasa cukup dan tidak seluas generasi ketiga, begitupula dengan recliningnya yang kini hanya 2 step, itupun masih sangat terbatas. Honda sengaja mengorbankan kenyamanan bangku baris kedua yang kita temukan pada CR-V lawas yang memiliki kursi sliding dan reclining yang baik demi menambahkan fitur one touch folding yang bisa membuat mobil ini terlipat rata lantai secara otomatis dengan satu tuas saja dari bagian bagasi. Memang sih mudah sekali menggunakannya ketika kita hendak membawa barang. Tapi rasanya orang Indonesia lebih butuh kenyamanan bangku baris kedua dibandingkan dengan mekanisme canggih seperti itu. Kasarnya, kita kan lebih sering bawa penumpang baris kedua daripada membawa barang bukan?

Soal bagasi, Honda CR-V terbaru ini tidak ada masalah, ia memiliki kapasitas 589 liter dan bisa ditambah menjadi 1.669 liter ketika bangku baris kedua dilipat. Sedikit lebih lega dibandingkan dengan model sebelumnya.

Infotainment dan Fitur

Untuk varian Prestige, kita mendapatkan head unit 7 inchi dengan desain yang oke, memang sih menu-menunya terlihat seperti head unit cina, tapi tidak masalah. Selain bisa memutar CD, DVD, MP3, USB dan AUX, ia juga memiliki koneksi Bluetooth, screen mirroring serta GPS Navigasi yang bisa diandalkan. Tata suara Honda CR-V Prestige ini juga bisa diacungi jempol menurut kami meskipun belum dilengkapi dengan Fender audio.

Head-Unit-Honda-CRV-Facelift

Soal fitur, dibandingkan dengan model non facelift, mobil ini memiliki improvement yang patut diacungi jempol. Contohnya saja, kita sudah dibekalli dengan fitur pembersih udar nano-e, sunroof, power back door, tweeter baru (model non facelift nggak ada loh), wooden panel berwarna hitam yang mewah, 6 buah airbags, hill start assist dan Electronic Power Steering yang memiliki motion adaptive. Konon, motion adaptive pada EPS mobil ini bisa mengurangi understeer dan oversteer melalui gerakan power steering.

Fitur-fitur lama yang disematkan pada model non facelift juga masih dipertahankan, seperti vehicle stability assist, cruise control, 8 power driver seat, flat floor cabin, one touch folding rear seat, keyless entry dengan push start stop engine button, ECON mode, AC dual zone dengan ventilasi di baris kedua dan paddle shifter. Cukuplah untuk mobil dengan harga nyaris 500 juta-an.

Let’s Ride!

Test-Drive-Honda-CR-V-Facelift-2017

Honda punya model start stop engine button paling menarik dibandingkan dengan mobil-mobil merek lain, tombol bulat berwarna merah yang dimiliki mobil-mobil Honda terasa seperti menekan tombol starter sebuah mobil balap berperforma tinggi padahal bukan.

Mesin 2.400 cc milik Honda CR-V ini memiliki suara yang halus, tapi kok getaran mesinnya cukup terasa yah, apalagi kalau transmisi kita pindah ke posisi “D”. Aneh, padahal mobil yang kami uji kilometernya baru 850 km saja alias masih kinyis-kinyis.

Diatas kertas, meskipun paling kecil ccnya dibandingkan X-Trail dan CX-5, Honda Prospect Motor berhasil menyulap tenaga Honda CR-V generasi keempat menjadi yang paling besar di kelasnya dengan 190 Hp, untuk versi Eropa dan Amerika, tenaganya hanya 185 Hp saja. tetapi meskipun tenaganya besar, torsi tidak bisa bohong, berbekal mesin paling kecil tentu saja mobil ini punya torsi paling kecil juga dengan 222 Nm saja.

Mesin-Honda-CR-V-2.4

Mengajak mobil ini berakselerasi, rasa akselerasinya tidak spektakuler menurut kami untuk seukuran mesin 2.400 cc. Kencang sih, tapi tidak sehebat di spesifikasi. Karakter mesin mobil ini cenderung bertenaga di putaran atas banget, tapi lemah di putaran bawah, terutama di Rpm 3.000 kebawah, bahkan menurut kami CR-V generasi keempat ini lebih lemah dibandingkan CR-V generasi ketiga.

Lantas kenapa tidak begitu spektakuler? Pasti karena tenaga puncak dari mesin 2.400 cc Honda CR-V berada di Rpm 7.000, dimana Rpm 7.000 merupakan titik puncak putaran mesin sebelum redline. Jadi ketika menyentuh tenaga puncak, eh kita langsung disuruh ganti gigi. Sama aja bohong!

Speedometer-Honda-CRV-Baru

Torsinya juga berada di putaran yang tinggi dengan 4.400 Rpm, mungkin dari paduan tenaga dan torsi yang didapat di putaran atas ini, tenaga Honda CR-V jadi terasa biasa saja digunakan untuk berakselerasi. Konsumsi BBMnya pun masih terasa sama borosnya seperti model lama meskipun sedikit lebih irit dibandingkan dengan Nissan X-Trail yang menggunakan transmisi CVT.

Ngomong-ngomong soal CVT, Honda CR-V sangat beruntung tidak menggunakan transmisi jenis ini. Ia masih menggunakan transmisi 5 percepatan automatic yang sama seperti CR-V generasi ketiga lengkap dengan paddle shifter, rasa transmisinya cenderung biasa saja, terasa seperti transmisi otomatis jadul 4 percepatan ditambah 1, untungnya ada paddle shift yang menolongnya.

Foto-honda-CRV-wallpaper-Indonesia-desain

Oke, stop sampai disini urusan mesin ye. Sekarang kita lanjut ke masalah ride quality dan handling. CR-V generasi keempat punya karakter suspensi yang jauh berbeda dengan generasi ketiga, kalau dulu CR-V terasa terlalu stiff untuk mengoptimalkan handling, CR-V terbaru justru lebih empuk, bahkan hampir sama empuknya dengan X-Trail.

Kami suka setir mobil ini yang presisi, saat kami ingin berbelok di kecepatan tinggi maupun rendah, arah pergerakan mobil sesuai dengan arah yang kita inginkan, tapi kalau bicara soal fun-to-drive? Hmmm… No. Menurut kami mobil ini masih butuh improvement di soal pengendalian.

Kesimpulan

Bentuk-Belakang-Honda-CRV-Facelift
Di mata kami, Honda telah berhasil mengubah image Honda CR-V generasi keempat sebelum facelift yang tadinya punya tampang membosankan, minim fitur, kurang mewah dan overpriced menjadi semakin ganteng, kaya fitur dan Honda telah membuat mobil ini lebih layak untuk dibeli dibandingkan dengan model sebelumnya.

Tapi…. Honda CR-V masih punya PR di sektor mesin yang tidak sesuai dengan ekspektasi kami, dan yang menjadi kekurangan fatal tentu saja built quality serta fit and finish mobil ini yang tidak terasa seperti sebuah mobil 400 jutaan.

What we like:
– Fitur
– Suara Audio
– Tampilan depan
We don’t:
– Tenaga puncak mesin terlalu tinggi
– Getaran mesin
– Built quality interior
– Harga

Read Prev:
Read Next:
  • dik

    Saya punya crv gen 4 prestige yg non facelift, itu beneran kamera mundur tampilnya di layar mid? punya saya munculnya di headunitnya yg non facelift ya. Trus masalah geter emang, mobil saya dari baru jg udah geter mesinnya apalagi kalo di gigi D tahan pake rem beuh geternya bisa buat refleksi kaki haha padahal mobil ane pajero malah ga segetar crv mesinnya padahal crv bensin loh.

    • yang kita tes keluarnya di mid, bukan di head unit. makanya kita bilang aneh…. harusnya ditaro aja di head unit

    • Fakhri

      Bisa jadi krn overstroke, jadi lebih bergetar dibanding yang bore x stroke nya sama. Sama kaya gua bandingin mesin Fiesta non ecoboost vs L15 jazz

  • japa

    semacam kerjaan akuntan jadinya bang ridwan?

    • setiap mobil pasti ada akuntannya, tinggal dinego aja sama desainer sama product plannernya gimana deal dealnya… ahahahaa

      • japa

        yaah sama aja kaya redline 7000rpm crv bang…bohongg hahaha

        • Rifky Alfandi

          Vtec kick in yo…..!!!!! Wkwkwkwk

  • Penggemar Otomotif

    Secara overall mas Ridwan pilih mana crv atau xtrail ? klau sma fortuner juga pilih mana ?

  • Abc

    Awal gen 4 crv ini muncul saya brharap jok captain seat di baris depan sperti gen 3 dipertahankan, tp trnyata tdk hmm

    • tapi center consolenya model tinggi gitu kaya hr-v, jadi bisa jadi arm rest kok

      • Ismail Fikri

        yelah CRV gw yg 2.4 biasa gaada projector coba, DRL + Halogen = kombinasi terburuk

        • Oki Ngew

          Yg 2.4 biasa gk ada hid projectornya? Tapi velgnya kaya velgnya prestige kan?

          • Ismail Fikri

            2.4 biasa itu, semua persis kayak prestige kecuali sunroof, projector, interior item, pbd ama exhasut finisher dan airbag 6 biji

        • dik

          Bener ada kemunduran dr yg non fl. Yg non fl type 2.4 biasa sama yg prestige udah projector lampunya emang masih halogen sih

          • Ismail Fikri

            yg non fl dari 2.0 – 2.4 projector semua, bahkan dari CR-V RE gen 3

      • Abc

        Iya si, tp ya jd rada jauh dikit buat nopang tangan pnumpang, coba kayak range rover sport walau center consolenya tinggi tetep ada arm rest yg nempel dijok

    • panameraboy

      ane juga suka banget sama jok depannya crv gen 3. ada arm rest sendiri2 kayak captain seat gitu. dan cekewa juga pas di gen 4 udah digusur hahaha

  • Bariq Azhar

    Jdi makin bingung min pilih mana

  • Rifky Alfandi

    Sedikit curhat nih….. ortu ane dri taun 2009-2015 itu pake crv 2.0 matik gen 3…. kita pakai itu enak bgt buat nyetir, lumayan nyaman buat perjalanan jauh krn sdh bbrp kli dibw plng kpg ke palembang. Sempet bln mei 2015 kemaren, mereka mau tuker tbh crv gen 3 dgn crv gen 4 prestige fl… ane tolak krn kita cuma ganti mobil yg sama dan cuma beda gen doang dan juga mereka cenderung “brand minded”. Akhirnya bbrp bln kedpn sampe giias 2015 mereka pilih cx5 gt fl…. Untung gajd crv gen 4 itu krn ane udh nyoba itu fun to drivenya drop, build quality tdk sebaik gen 3, modelnya ga seganteng gen 3 dan jok dpnnya ga se suportif gen 3… Ooya btw ane naksir gen 3 yg versi 2.4… enaknya pilih taun brp ya???

    • Rockmeo

      Ambil yg 2012 aj bro itu uda facelift fitur ny jg lebih ok

      • Rifky Alfandi

        Ooo gitu… ane udh sempet bidik yg thn 2011 itu msh kinclong, parts2 nya rapi dan kmnya blm nyentuh 30000 tp gajadi krn krg direstui oleh ortu

        • Rockmeo

          Wow 30rb km? 2011?
          Hati2 gan itu agak g wajar masi 30rb km padahal tahun 2011 kalo mobil eropa ok lah
          Mending 2012 tapi km ny 50-75rb tp lebih trustable ato yg 2010 sekalian

          • Levi

            2011 Km 30rb utk CRV msh oke lah …

            Lah malah ane pernah nemuin CRV 2.0 MT 2014 Km msh 8rban kok, ternyata sama sekali kagak dipake, kagak suka rasa pengendarannya ?

          • Rockmeo

            Wah serius bung levi?
            Itu pasti beli ny buru2 g pake tes drive dulu
            Hahaha

            Memang CR-V gen 4 rada beda dibanding gen 3 masi enak gen 3 dulu pnh punya soal ny hehe

          • Jason Pratama

            tergantung pemakaian aja sih bro, crv gw di rmh baru 30 ribuan odo nya taun 2008

          • farhan

            dirumah juga ada nih crv 2012 yg 2.4 km nya juga masih rendah 14rb an jarang pakai wkwkw ada yg mau??

    • yoi, crv paling enak itu buat dibawa sendiri… sampe sekarang aja gua belom jual ini. cuma kalau tempat duduk pengemudi gua rasa enakan crv yang gen4 facelift ini bro

      • Rifky Alfandi

        Ooo gitu bro itu main feeling sih. Iya bang ridwan hati-hati klo mau dijual… yg naksir gen 3 byk bgt smp msh ada tmn ane yg mau bli gen 3 pny ane pdhl udh dijual

    • AE86

      Cantik om,, kalu ganteng itu mah miliknya fortie, Paspor.. hehe..

      • Rifky Alfandi

        Yeh bro jgn beda fortie atau paspor lah wkwkwkwkwk… beda derajat itu….

    • IlMantul

      dibawa jauh pun asli nyaman dan membuai…

      Saya pernah nyoba nyetir cr-v 2.0 gen 3 dari jambi-medan.. asli enak dari sisi handling dan kenyamanannya (sangking enaknya saya sempat ditegur polisi yg lg razia malam hari gara2 mlihat sya terlalu kencang… abis d boil ini 95 km/jam rasa 60 km/jam xixixi)

      Untuk performa sih oke walaupun feelnya agak kurang ya gara2 pke 5AT (prefer manual 6spd klo punya gnian.. tpi yg 2.4 ktanya joss tarikannya)

  • doni

    kalo d suruh pilih.. ambil CR-V ato CX-5 ?

    • Rockmeo

      Gw CX-5 lah lebih worth it

    • japa

      cx5 gt…karna ane yakin baris keduanya smsm ga enak klo mau d adu fun to drive ane pilih mazda lahh

    • Rifky Alfandi

      Cx5 gt fl aja gan…. hrg gajauh beda, model lbh ganteng, image mazda yg lbh eksklusif krn ga begitu keliaran di jalan, dan fun to drive banget buat di klsnya

      • Rafi M. P.

        Kata siapa eksklusif, di Padang aja CX-5 bertebaran (lebih banyak dari X-Trail T32). Tapi tergantung daerah masing2 sih 😀

        • SRF

          Bener, di Padang lebih sering nemu cx5 drpd T32. Makin jarang juga nemu nissan plat putih. Ada apa dengan nissan ya hmm

          • Rafi M. P.

            Mungkin semenjak kasus Nissan Juke terbakar ya?

        • Rifky Alfandi

          Wah saya gatau di padang byk cx5 maaf ya gan ane blm pernah kesana samsek… ane liatnya sekitar jabodetabek…

      • Mark Buana

        bukan iklan nya gw pake cx 5 gt lari 160km di tolncipali ga goyang bro bisa selap selip pas kenceng tcs nya nolong banget
        uda ada fitur telepon nya juga
        bensin nya irit tp harus pertamax minimal pertalite
        peredaman kabin bagus
        lampu nya uda sama spt mobil eropa
        ada istop juga sama sensor buat pemberitahu kepada supir ada tekanan angin ban yg kurang
        interior dalam nya banyak soft touch
        sensor depan belakang ada 4 total nya 8 plus kamera mundur
        kalo beli crv harus memelas buat dpt bonus sensor mundur
        bonus tray juga dari sono nya
        tp kalo cx 5 harus cuek sama penumpang belakang

        • Rifky Alfandi

          Iya betul gan yg ente tulis itu ane sependapat… dan satu lagi… desain cx5 lbh keren dibandingkan crv gen 4 yg fl sekalipun…

          • Mark Buana

            cuman mencoba menggambarkan dan memberikan penjelasan menurut saya aja om

          • Rifky Alfandi

            Iya gapapa om soalnya ane user cx5 gt fl juga om sejak sept 2015.. udh 15300 km alhamdulillah belum ada masalah…

  • Nurwan Farid

    Kalau ane dgn harga segitu mending milih CX-5 kali…

  • Levy Pillar

    Ini sama captiva kelasnya sama nggak?

    • Adamgus

      Sama, bareng x-trail 2.5, crv, dan cx-5

      Tiguan 1.4 TSI jg kayaknya masuk. CMIIW.

    • dik

      Untuk captiva yg bensin kelasnya sama tp kalo captiva diesel lain kelas

  • Always35

    Pantesan bokap ane lebih tertarik liat x-trail daripada crv, gen 4 ini menurut ane “jati diri” crv nya udah hilang di gen 4, enggak ada yg spesial seperti di gen sebelumnya…

    Kalo cx-5 karena terlalu driver oriented, bokap enggak suka, maklum lah udah kepala 5 carinya kenyamanan katanya ?

    • Levi

      Kalo kepala 5 sorry to say (bukan fanboy yak), bisa pilih AN Innova atau Ertiga aja gan

      Lumayan nyaman itu menurut gw, udh pernah pakai dua”nya ?

      • Always35

        Ahhh bosen kalo innova, lagian AN innova sama innova lawas gak beda banyak ditambah di garasi ada iph lawas ?

        Kalo Ertiga, bokap enggak sreg ?

  • Indra Arza

    X-trail sudah CR-V sudah.
    Cx-5 bang belum.
    Sekalian di compare aja bang ketiga nya kaya LCGC kemarin.?

    • Mark Buana

      di drag race juga sekalian om ridwan biar mantep

  • ryo

    wah tumben nih written reviewnya duluan yg nongol daripada videonya. Akan ada tapi kan video reviewnya di youtube?

  • Mark Buana

    kalo di bawah prestige airbag nya brapa om ridwan?
    head unit nya sama apa beda?
    dulu bukan nya pake aftermarket yah?

    • Halim Priyatna

      dibawah prestige airbagnya 2 setau saya

      • Mark Buana

        sama kaya hrv juga yah om
        selain prestige dpt airbagnya cuman 2
        makasi om
        thx

        • Halim Priyatna

          betul gan

  • kopiko

    diapa3 in ttp vote xtrail t32 deh klo ane.
    selain mobil lebih baru dr kompetitor volue for money dengan banyak fitur dan kenyaman he he..

  • Wira

    Bener bang…
    Gak kerasa spt SUV 400jtan…
    Terutama soal desain interior yg terkesan biasa2 aja. Dasar desainnya masih sama aja dari gen 1, persneling di dashboard. Okelah untuk gen 3 kita dapat eksterior yg gagah. Kalo yg skrg gak keliatan kyk SUV. Kalo org kagak ngerti nih mobil bakal dikira MPV premium…

  • kopiko

    diapa2 in ttp vote xtrail t32 deh klo ane.

    selain mobil lebih baru dr kompetitor volue for money dengan banyak fitur dan kenyaman he he..

  • Penggemar Otomotif

    Bung Ridwan klau dengan pajero sport dakar tenaganya nendang mana ?

    • Levi

      Jelas pasport, tenaga 181ps dicapai di RPM 3000an, kalau CRV tenaga 190ps dicapai di RPM 7000

      Besar diangka doang crvnya

    • Oki Ngew

      Kalo mau yg agak seimbang mending captiva diesel..

    • Blackjack

      Kalo habis TD pajero sport yg pake 8AT, trus nyetir CRV yg cm 5AT, rasanya kayak biasa” aja crv itu… Meskipun itu 2.4 crv nya

    • Rifky Alfandi

      Jelas pajero sport dakar bro. Dia lbh gagah, powernya lbh kerasa krn gaperlu didptkan di red line, lebih irit krn pake diesel asal isi bensin yg bener, dan lbh lega juga….

  • panameraboy

    kalo dari segi handling dibanding xtrail enak mana ya?
    mau curhat sedikit nih soal crv. ane naksir banget sama crv sejak nyobain gen 2 yang 2.4 dan gen 3 2.0. kenapa? soalnya buat dipake dalem kota mobilnya kerasa enteng and lincah, malah menurut ane serasa bawa jazz tapi lebih gede. nah crv yang gen 4 ane belom coba. masih selincah gen 3 kah?
    boleh dijelasin ga bang kenapa handlingnya masih perlu improvement?

    • Jonathan

      Saya Ada crv 2.4 gen 2 yang Tahun 2005 Dan Saya masih Pakai sampai sekarang meskipun sudah dipakai selama 11 tahun tapi tidak pernah Ada masalah Dan naikkannya pun masih enak Dan nyaman

  • Levi

    Oya, kalo kita perhatiin skrg trendnya Honda bikin jargon “power plg gede !!!” tapi semuanya dicapai di rpm yang tinggi ya ?

    Torsi jg gt, harus dicapai di rpm tinggi pula

    Berarti itu tenaganya cm gede di brosur doang ya ?

    • ars m.k

      Honda itu emang bikin mesin rata2 buat di siksa bro. Dari dulu, mobil2 honda kebanyakan tenaganya keluar pas udah high rev. Kalo di rpm bawah udah shift gear, ga terlalu berasa tenaganya. Soalnya kalo di rpm atas “vtec is kicked in yo”nya baru berasa.

      • Masih kecil

        Yap,seperti civic Type R/s2000

      • Haseoskeith

        Tapi sayangnya kebanyakan orang make mobil bukan buat ngedrift / kebut2an / ugal2an.
        Kebanyakan butuh mobil yang sigap 🙂

    • D83

      Nunggu era vtec turbo

    • Always35

      Kayaknya emang tipikal mesin vtecnya honda deh, jadi tenaganya keluar pas di putaran atas.

      Tapi gak tau deh kalo vtecnya “perasan tebu”?

      • Levi

        Hahaha jd percuma dong kalo tenaga cm keluar di puteran atas ?

        Lemot di kecepatan rendah, boros jg ?

        • Always35

          Wkwkwk gak heran sih kalo dibawa agak nakal mobilnya masih enak apalagi diajak lari walau dengan konsekuensi minum bensin banyak. Kayak honda jazz contohnya kalo menurut ane~

  • Awen

    Masak parking cameranya ada di MID bukan di audio nya ?

    • Yup, di MID, yang lama ada di head unitnya, di varian prestige pindah ke MID

  • Xxx

    Yg aneh tuh napa printilan ga mahal tp di kebiri…. Ini yg bikin ane ga demen ama crv. Momtambah sendiri hasil nya ga sebagus oem… Pusing dah. Sensor parkir, vanity lamp salah satuny….zzzz

  • D83

    Sebagai pemakai gen-3.5, ane kurang suka sama bentuk & interior gen-4 (subyektif). Ada bbrp hal basic yg ada penurunan. Contoh legroom belakang jd lbh senpit, nggk ada sliding rear seat. Sama material di gen-4 pre-facelift yg “jazz” banget ? ? untungnya di model gen 4.5 sudah lumayan ok utk quality interior.

  • Jason Pratama

    bukannya crv gen 3 transmisinya masih 4at ya? CMIIW

    • Masih kecil

      Udah 5AT kali kaya civic FB

      • Jason Pratama

        maap hehe, soalnya jarang dipake ngebut crvnya dan klo diitung2 biasanya cuma sampe gigi 4, jadi kiranya 4 speed. thx for the info

  • Indra

    Reviewnya kpn diupload ke youtube?

  • Masih kecil

    Gara-gara review ini gue jadi lebih seneng sama cx5

    • Mark Buana

      sependapat saya dengan anda

  • Sonny Inusab

    Pada pilar paling belakang terlalu mblenduk, bikin ill fill…….

  • masboy

    gini dong min, mobil2 laku direview juga…jangan cuman ford, hyundai kia atau chevy yg jarang peminatnya

  • rs

    Bosen suv terus…kapan review yang segmen lain ya???? Tapi sih kalau menurut saya, lebih baik xtrail atau sekalian nunggu generasi 5 saja deh…..tapi aneh ya honda ngejagoin horsepower gede tapi torsinya kecil….tapi nggak tahu sih kalau yg turbo nya….

    • farid

      Bukan aneh tapi karakter mesin vtec emang kaya gitu,tenaga besar tapi didadat di rpm paling tinggi dan torsi yg kecil dan itupun puncak torsinya juga didapat di rpm yg lumayan atas.jadi kalau shifting lebih perfect di rpm atas,kalau rpm bawah atau menengah kurang berasa tenaganya dan gak ada sensasi “vtec kicked in yo” nya

  • Andy

    Nunggu repiu Santi..

  • jono sujono

    masa iya crv 190hp… gak yakin ah…

    • farid

      Lihat spek CRV yg mesin 2.4L tenaganya memang 190ps(disitusnya yg ditulis 190ps bukan 190hp),atau kalau dikurs ke horsepower jadinya 187hp.gak yakin ya?,emang sih saya kurang percaya crv bisa punya tenaga sebesar,tapi untuk mobil yg masih dibandrol dibawah 500jutaan dgn tenaga sebesar 180 akhir sampai 200hp termasuk spek yg “wah”
      *Untuk konversi ps ke hp pake kata kunci di google,contohnya “190 ps to hp”,nanti bakal ada hasilnya

      • Mark Buana

        ya saya juga percaya
        jazz aj 120hp koq
        tp kata om ridwan serasa berapa?
        sorry fan boy honda
        saya berbicara fakta

  • adrianleocs

    Yes banget, gua nyoba jazz punya temen gua. Kok tenaganya gak berasa di rpm kecil. Giliran 4000 rpm ke atas baru nendang. Yah sama aja boros -,-

  • Putra

    Cuma gak suka desain belakangnya. “Jenong” banget, sisanya oke. Apalagi disupirin.

  • Haris Hendra

    Jauh lebih enak Mazda cx5 gt bro
    Jauh kemana”
    Gw pake Mazda udh setahun, pernah cb bawa mobil crv gen 4 punya temen dari Jakarta ke Cikampek
    Rasanya kayak bawa mobil mpv
    Tarikan sama tenaga nya kurang nampol

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Ingat, VTEC kicked in yo!!

  • bejo

    Crv yg beneran crv itu ya cuma gen3,enak sekali ini mobil.laennya mah jelek wualitynya,gak niat
    Honda semenjak nyentuh sotoy lanjut ke mobilinyong,skk.juelek parah qualitynya

    • Rifky Alfandi

      Iya bener ane pernah bw pny temen gen 4 fl ane bandingin gen 3 ortu ane jauh mendingan gen 3

      • Mark Buana

        nyokap gw juga suka yg generasi yg ke 2 dan ke 3

  • Borghjhoe

    CRV yang gen 3 yang body gemuk itu ya, yang keluaran tahun 2007, bagus ga sih ane pengen beli mobil CRV second…bagusnya yang 2.4 atau 2.0..?
    thanks yang udah kasih saran..

    • Ismail Fikri

      2.4 mah lah no question wkwkwk

    • Always35

      Yang 2.4 sepertinya lebih recommend om ?

    • 2.4 aja bro, nanggung