Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival Akan Digelar Pekan ini di Mandalika

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival Akan Digelar Pekan ini di Mandalika
0  komentar

AutonetMagz.com – PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan mengadakan Yamaha Endurance Festival di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 21-22 Oktober 2023 mendatang. Bekerja sama dengan Shell, Ini merupakan satu-satunya balap ketahanan di Indonesia dan saat ini sudah masuk kedalam tahun ke-5 penyelenggaraan. Ini merupakan pertama kalinya Yamaha mengadakan di Mandalika, sebelumnya hanya di Sirkuit Sentul.

Jalannya Balapan dan Tim yang Terlibat

Kompetisi ini menerapkan start pembalap ala Le Mans di trek Mandalika sepanjang 4,3 km. Adapun kelas-kelas yang akan dikompetisikan antara lain R6 Community, R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media, dan kelas baru R1 Community. Para peserta akan mengendarai motor Yamaha YZF-R25 atau YZF-R15 untuk durasi balap ketahanan selama 2 jam pada masing-masing kelas. Sedangkan kelas R1 Community juga melakukan hal yang sama, namun berdurasi 1 jam.

Tim balap profesional yang siap ambil bagian adalah Yamaha RSS Cargloss IRC, Yamaha BAF Akai Jaya, Yamaha Ziear ARL The Strokes55, Yamaha HDS Racing, dan lain-lain. Sementara rider yang akan turun dalam ajang ini adalah Galang Hendra Pratama, Aldi Satya Mahendra, Rey Ratukore, Eric Saputra, Wahyu Nugroho, Anggi Setiawan, Joshua Mbeo, Felix PM, dan lain-lain. Untuk rekan-rekan komunitas yang terlibat adalah YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan komunitas lain yang dinaungi oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia).

Strategi dan Sponsor

Tentu saja, stamina fisik, juga timing filling dan saat rider change menjadi hal signifikan yang harus diperhatikan serius oleh masing-masing tim. Masing-masing tim memiliki strategi mengenai kapan berlangsungnya pit in dalam range waktu 1 menit 30 detik. Set-up motor juga disesuaikan agar lebih optimal, karena settingan untuk endurance tentunya berbeda dengan settingan untuk pemakaian harian.

Berbagai acara pendukung dalam Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika ikut menyemarakkan suasana. Seperti Yamaha product booth, sponsor product booth, Yamaha apparel & merchandise, sales program dan discount service, modification contest, senam sehat, community touring dan paddock tour. Adapun kesuksesan pelaksanaan SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika ini didukung oleh berbagai sponsor yaitu SHELL, Yamalube, KYB, Motobatt, IRC Tire, YES24 dan Service Kunjung Yamaha (SKY).

Read Prev:
Read Next: