Produsen Mobil Eropa Tidak Setuju Atas Wacana Emisi Euro 7

by  in  Berita & International
Produsen Mobil Eropa Tidak Setuju Atas Wacana Emisi Euro 7
0  komentar

AutonetMagz.com – Uni Eropa (UE) baru-baru ini ada peraturan untuk melarang penjualan mobil bermesin pembakaran konvensional mulai tahun 2035. Sampai saat itu, produsen mobil akan dipaksa untuk mengurangi emisi sesuai standar Euro 7 yang diwacanakan akan segera diterapkan. Pabrikan – pabrikan mobil ini tidak terlalu senang dengan hal itu. Pemimpin industri, seperti CEO BMW dan presiden Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) Oliver Zipse, mengatakan proposal itu menimbulkan beberapa masalah.

Berlaku Mulai Pertengahan 2025

Diberlakukan mulai 1 Juli 2025, peraturan baru ini bertujuan untuk mengurangi emisi NOx sebesar 35% dan mengurangi partikulat knalpot sebesar 13%, dibandingkan dengan arahan Euro 6. Target ini berlaku untuk mobil baru dan van ringan. Sementara peraturan untuk truk dan bus yang lebih besar akan mulai berlaku pada tahun 2027. Untuk kendaraan bertenaga listrik tidak dikenakan peraturan ini, karena memang tidak ada emisinya.

Peraturan Euro 7 berupaya membatasi partikel yang dipancarkan oleh rem dan ban. Rem sendiri akan membutuhkan pengurangan emisi partikel sebesar 27%, sedangkan yang ban belum diketahui. “Kami terkadang menganggap EV benar-benar bersih, dan menggunakan CO2. Tetapi kendaraan listrik sekitar 40% lebih berat daripada rata-rata kendaraan bermesin pembakaran, jadi mereka mengeluarkan lebih banyak partikel ini,” kata Komisaris Eropa Thierry Breton dalam CarBuzz.

Pengetesan dan Masa Pakai

Pengujian tidak mempertimbangkan skenario mengemudi, tetapi ada penekanan pada daya tahan dan umur pakai. Menariknya, mobil dan van ringan harus mematuhi “anggaran emisi” untuk setiap perjalanan di bawah 6,2 mil. Ini akan terbukti menantang bagi produsen mobil, karena ini termasuk fase start dingin untuk mesin konvensional karena mengeluarkan lebih banyak emisi pada tahap ini.

Selain itu, kendaraan bermesin pembakaran harus mempertahankan batas emisi selama masa pakainya (8 tahun atau 99.419 mil). Setelah itu, batas tersebut dapat diperpanjang 1,2 hingga 10 tahun atau 124.274 miles. Mobil listrik juga tidak lolos dalam hal daya tahan. Proposal menentukan bahwa EV dan plug-in hybrids (PHEVs) memiliki angka daya tahan baterai 80% setelah lima tahun atau 62.137 mil, dan 70% setelah delapan tahun dan 99.419 mil.

Peraturan Euro 7 akan berbeda menurut kendaraannya. Euro 7G, misalnya, diperuntukkan bagi kendaraan PHEV yang menggunakan teknologi geofencing untuk beralih ke tenaga EV di area bebas emisi. Hebatnya, peraturan menetapkan bahwa “pabrikan harus memasang sistem peringatan pengemudi pada kendaraan tersebut untuk memberi tahu pengguna saat baterai traksi hampir kosong.” Jika baterai tidak diisi dalam jarak 3,1 mil dari peringatan pertama, software akan menghentikan kendaraan.

.

Read Prev:
Read Next: