Ogah Kalah Dari Toyota, Wuling Luncurkan Almaz Hybrid Lusa!

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
Ogah Kalah Dari Toyota, Wuling Luncurkan Almaz Hybrid Lusa!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara mobil hybrid, maka seluruh mata akan tertuju pada sosok Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang digadang – gadang akan menjadi mobil hybrid pertama rakitan lokal sekaligus mobil hybrid termurah. Namun, tak disangka-sangka, Wuling Indonesia justru akan ‘mencuri’ momen tersebut dengan meluncurkan Wuling Almaz Hybrid terlebih dahulu. Dan momen peluncurannya akan dilakukan minggu ini lho. Yuk kita bahas.

baca juga : Wuling Pamerkan Almaz Hybrid Dan Air EV Di IEMS 2022

Launching Besok Lusa di Indonesia

Sebenarnya, sosok Wuling Almaz Hybrid bukanlah sosok yang sepenuhnya baru. Wuling Motors Indonesia telah memamerkan SUV berteknologi hybrid tersebut di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 bulan September silam. Hanya saja, kala itu Wuling Almaz Hybrid hanya sekedar produk preview saja, belum dijual. Kami pun sudah menerima undangan resmi peluncuran Wuling Almaz Hybrid, dan peluncurannya akan dilaksanakan di tanggal 3 November 2022 alias besok lusa. Artinya, peluncuran Wuling Almaz Hybrid lebih cepat 18 hari ketimbang peluncuran Toyota Kijang Innova Zenix yang kabarnya akan dilaksanakan di tanggal 21 November 2022.

baca juga : Wuling Almaz Dapat Mesin Mild Hybrid, Tapi di India

Lantas seperti apa teknologi hybrid di Wuling Almaz Hybrid ini? Di versi HEV ini, Wuling Almaz akan menanggalkan mesin 1.500cc Turbonya yang terkenal tidak irit itu. Sebagai gantinya, Wuling Almaz Hybrid akan mengandalkan mesin 2.000cc Atkinson Cycle. Btw, teknologi dan mesin hybrid di Wuling Almaz Hybrid ini diadopsi dari Wuling Xingchen a.k.a Wuling Asta. Mesin berkode LJM20A tersebut kemungkinan besar akan memiliki tenaga maksimal 136 PS dan dipasangkan dengan teknologi P1+P3 Dual Motoer Series Parallel Architecture. Itu jika kita mengacu pada Wuling Asta. Transmisi yang digunakan adalah DHT alias Dedicated Hybrid Transmission.

baca juga : Menperin : Indonesia Bisa Produksi 14 Ribu Unit Mobil Listrik

Tenaga Besar, Dirakit Lokal?

Perpaduan antara mesin dan motor listrik ini menghasilkan tenaga maksimal 177 PS dan torsi 320 Nm di Wuling Asta. Nampaknya, figur yang sama kemungkinan akan diadopsi ke Wuling Almaz Hybrid. Wuling mengklaim konsumsi BBM teknologi HEV mereka ini mencapai 21,7 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Oiya, baterai yang digunakan di tekologi ini berjenis lithium ion dengan kapasitas 1,8 kWh. Lantas, apakah Wuling Almaz Hybrid akan dirakit lokal? Bisa jadi, toh mereka juga sudah cukup percaya diri merakit Wuling Air EV secara lokal. Jadi, kemungkinan Wuling Almaz Hybrid rakita lokal pun terbuka.

baca juga : Wuling Arista Jatim Ajak Media Rasakan Air EV, Opsi Menggiurkan

Dan jikalau tebakan kami ini benar, maka gugur sudah harapan Toyota sebagai brand pertama yang merakit lokal mobil hybrid di Indonesia. Wuling berhasil menyalip di tikungan persis sebelum momen yang disiapkan Toyota. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: