Menperin : Indonesia Bisa Produksi 14 Ribu Unit Mobil Listrik

by  in  Berita & Mobil Listrik & Nasional
Menperin : Indonesia Bisa Produksi 14 Ribu Unit Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar mobil listrik di Indonesia saat ini tengah berkembang. Walaupun angkanya masih belum terlalu besar, namun awareness dari masyarakat akan mobil listrik cukup tinggi. Bahkan, tak jarang kami menemui padatnya jadwal test drive mobil listrik di beberapa diler di kota – kota besar. Dan kabar baiknya, Indonesia saat ini ternyata telah memiliki kapasitas produksi mobil listrik yang lumayan. Sesuai judul, kapasitas produksi mobil listrik di Indonesia mencapai 14 ribu unit per tahunnya.

Baca Juga : Ngidam Mobil Listrik? Ini 7 BEV Yang Bisa Kalian Beli di Indonesia

Makin Banyak Yang Produksi EV

Sebenarnya, angka 14 ribu unit bukanlah angka yang spektakuler. Apalagi kalau kita bandingkan dengan total kapasitas produksi mobil baru di Indonesia yang mencapai 2,4 juta unit per tahun. Praktis angka 14 ribu unit hanya 0,58% saja dari total produksi mobil baru di Indonesia. Hanya saja, kita harus melihat peluang pasar dan juga proyeksi ke depan. Saat ini, sudah ada 10 brand yang menjual mobil listriknya di Indonesia. Mulai dari Hyundai, BMW, MINI, KIA, Wuling, Nissan, DFSK, Lexus, Renault hingga Tesla (walaupun via IU). Artinya, sudah ada banyak pabrikan yang serius menjual mobil listriknya di Indonesia, bahkan beberapa juga sudah merakit lokal di Indonesia.

Baca Juga : Mobil Listrik Wuling Dinamai Air EV, Harganya Mengejutkan!

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa kapasitas produksi kendaraan listrik di Indonesia saat ini lebih dari 1 juta unit yang terdiri dari mobil listrik, motor listrik, dan bus listrik. Sudah ada 4 perusahaan bus listrik, 3 perusahaan mobil listrik, serta 35 perusahaan roda dua dan roda tiga listrik di Tanah Air yang memproduksi kendaraan bertenaga baterai tersebut. “Dan kapasitas produksinya mencapai 2.480 unit bus, 14.000 unit mobil listrik, serta 1,04 juta unit untuk kendaraan roda dua atau roda tiga listrik,” ujar Agus. Angka tersebut menurutnya akan terus bertambah karena Pemerintah akan terus mendorong investasi produksi kendaraan listrik untuk mencapai net zero emission di 2060.

Baca juga : Inilah 4 Zona di xEV Center Toyota Indonesia, Bisa Nyoba Mobil Listrik!

Target Tahun 2025 dan 2035

Pada tahun 2025 mendatang, Kementerian Perindustrian telah menargetkan jumlah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia bisa mencapai 400 ribu unit. Jumlah itu merupakan 25% dari total produksi kendaraan bermotor roda empat di Indonesia yang akan mencapai 1,6 juta unit saat ini. Sedangkan pada tahun 2035, target produksi kendaraan listrik akan ditambah menjadi 1 juta KBLBB roda empat atau lebih dan 3,22 juta KBLBB roda dua. Walaupun begitu, Menperin memastikan bahwa kendaraan ICE tidak akan dihentikan produksinya di Indonesia. Jadi, kemungkinan besar keduanya akan berjalan beriringan. Namun, kemungkinan besar minat konsumen pada masa itu akan bergeser ke mobil listrik.

Baca Juga : Honda Motor China Umumkan Peluncuran Mobil Listrik Honda e: NS1 & Honda e: NP1

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : GAIKINDO

Read Prev:
Read Next: