Musk : Tesla Selangkah Lagi Menuju Level 5 Teknologi Mobil Otonom

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Musk : Tesla Selangkah Lagi Menuju Level 5 Teknologi Mobil Otonom
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak bisa dipungkiri lagi, kalau kita mau membahas mengenai perkembangan dunia otomotif di bidang mobil otonom dan mobil listrik, maka nama Tesla selalu berada di urutan teratas. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memang memiliki founder dan petinggi yang ambisius yaitu Elon Musk, dan berkat hal tersebut, Tesla pun bisa melesat dalam dua hal tersebut. Dan baru – baru ini, Musk menyebutkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan.

Dikutip dari Reuters, Elon Musk menyebutkan bahwa Tesla saat ini berada dalam posisi yang ‘sangat dekat’ dengan teknologi mobil otonom level 5. FYI, dalam teknologi mobil otonom terdapat 6 tingkatan, dimana mulai dari tingkatan 0 (Tidak otonom samal sekali) hingga level 5 (fully autonomous alias bisa berjalan sendiri tanpa manusia). “Saya sangat yakin bahwa teknologi mobil otonom level 5 atau otonom lengkap akan segera terjadi, dan saya pikir akan terwujud dengan sangat cepat. Saya tetap yakin bahwa kami (Tesla) akan memiliki fungsional dasar untuk level 5 otonom yang akan selesai pada tahun ini”, ujar Musk.

Yap, Musk menyebutkan bahwa pihaknya akan mencapai level 5 autonomous dalam tahun ini, dan itu tergolong cepat. Musk memberikan pernyataan ini secara resmi di pembukaan Shanghai’s annual World Artificial Intelligence Conference, bukan lagi melalui cuitannya di Twitter. Sebenarnya, pernyataan Musk ini bisa dikatakan cukup masuk akal. Jikalau Tesla berhasil membuat teknologi Autonomous level 5 tahun ini, maka bisa jadi tahun berikutnya Tesla menjualnya. Namun yang memprediksi hal ini bukanlah Musk atau Tesla, namun BMW. Di 2017 silam, BMW memiliki ambisi untuk menjual mobil otonom level 5 di 2021.

Sayangnya, BMW baru saja mengakhiri kerjasama dengan Mercedes-Benz untuk mengembangkan teknologi mobil otonom. Di sisi lain, nVidia juga sudah memiliki teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk digunakan di level 5 otonom. Jadi, pada dasarnya bisa saja mobil otonom level 5 memang akan menyapa dunia lebih cepat dibandingkan prediksi. FYI, untuk saat ini mobil – mobil yang dijual di pasaran baru bisa mencapai level 3 otonom. Nah, tentunya menarik untuk melihat bagaimana Musk dan Tesla akan menggarap level tertinggi dari mobil otonom tersebut. Apalagi, Tesla memang selama ini terkenal dengan teknologi autopilot-nya.

Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: