NVidia Perkenalkan AI Komputer Untuk Autonomous Driving Level 5

by  in Berita&Hi-Tech&International
NVidia Perkenalkan AI Komputer Untuk Autonomous Driving Level 5
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang tak tahu Nvidia? Jika kalian tak tahu Nvidia berarti kalian masih kurang sering bermain game di PC. Ya, Nvidia memang terkenal sebagai salah satu produsen elektronik, khususnya di bidang hardware untuk komputasi yang sudah mendunia. Salah satu yang terkenal adalah keunggulan VGA alias graphic card dari Nvidia untuk digunakan menjalankan game yang berat. Namun, beberapa waktu terakhir ini Nvidia melakukan ekspansi ke segmen otomotif dengan menghasilkan sejumlah kejutan.

Ya, Nvidia memiliki Nvidia Drive PX, sebuah platform yang mendukung realisasi dari autonomous driving system yang beberapa tahun terakhir ini menjadi tren dan juga target beberapa pabrikan otomotif global untuk dicapai dalam waktu dekat. Tiap pabrikan berlomba – lomba untuk menciptakan sistem yang bisa membuat mobil berjalan sendiri tanpa supir, namun masih aman untuk dilepas ke jalanan. Dan kini sepertinya level tertinggi dari sistem autonomous driving yaitu level 5, akan mudah dicapai dngan menggunakan artificial intelligence alias kecerdasan buatan yang dibuat oleh pihak Nvidia.

Nvidia baru saja memperkenalkan sebuah AI Komputer yang dirancang untuk memenuhi level 5 autonomous driving system dengan nama Pegasus. Pegasus sendiri masih dikembangkan dari basis Nvidia Drive PX yang sudah dikenal. Nvidia Pegasus sendiri memeiliki kemampuan processing yang lebih unggul 10 kali lipat dibandingkan pendahulunya, Nvidia Drive PX2. Dan kemampuan processing ini sendiri bisa dibilang luar biasa, dengan catatan Nvidia Pegasus mampu melakukan 320 triliun proses dalam setiap detiknya, kentjang. Dengan kemampuan ini, maka sebuah mobil yang ditanami Nvidia Pegasus tak akan lagi memerlukan sebuah supir secara fisik di mobil tersebut.

Bahkan, tak hanya supir, mobil tersbut tak perlu setir, kaca spion, maupun pedal rem dan pedal gas, karena Nvidia Pegasus akan langsung mengambil alih setiap kewajiban manusia tersebut. Sebagai gantinya, kabin dari mobil akan bisa dikondisikan sebagai ruang rapat, ataupun sekedar ruang singgah untuk bersantai dan menikmati perjalanan. Dengan penggunaan Nvidia Pegasus, maka  beberapa keperluan komputasi dalam mobil otonom seperti merencanakan perjalanan yang aman dan nyaman, mendeteksi keberadaan mobil lain ataupun obyek lain, dan menentukan lokasi mobil di GPS akan sangat mudah.

Nvidia Pegasus sendiri baru akan tersedia untuk para partner dari Nvidia pada pertengahan 2018 mendatang. Dan kehadiran Nvidia Pegasus sendiri tentunya membuka pintu ke masa depan terkait mobil yang mampu berjalan sendiri. Memang hal ini jadi momok bagi para petrolhead yang menikmati asyiknya berkendara, namun itulah masa depan kawan. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: