KIA Siapkan SUV Baru, Isi Posisi Antara Sonet & Seltos

by  in  Berita & International & Kia
KIA Siapkan SUV Baru, Isi Posisi Antara Sonet & Seltos
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar SUV secara global memang terus menunjukkan geliat yang positif. Dan pabriakn – pabrikan otomotif pun merespon dengan terus menambah model berjenis SUV dalam line up mereka. Pabrikan asal Korea Selatan yaitu KIA pun tak ingin berhenti dengan line up mereka saat ini. Walaupun sudah memiliki produk volume maker seperti KIA Sonet dan KIA Seltos, nyatanya mereka juga masih akan mengisi gap di antara keduanya dengan sebuah model baru. Dan model tersebut memiliki codename AY. Yuk kita bahas.

baca juga : Kata KIA Mendengarkan Alunan Beethoven Bisa Meningkatkan Range EV, Kok Bisa?

Terinspirasi Dari KIA Soul

Jadi, KIA Motor India terindikasi akan menghadirkan sebuah SUV baru yang sementara kita sebut KIA AY. KIA AY sendiri posisinya akan ada di antara KIA Sonet dan KIA Seltos, namun dengan dimensi yang masih mirip dengan KIA Sonet. Jadi, KIA AY akan memiliki konfigurasi 5 penumpang dengan dimensi yang masuk dengan regulasi sub-four metre di India. Namun, secara desain dan styling diklaim akan berbeda total dengan KIA Sonet ataupun sang kakak, KIA Seltos. Bahkan, KIA AY diklaim akan jadi lebih lega ketimbang KIA Sonet. Dan ini kabar baik, karena KIA Sonet memang terkesan kurang lega, terutama di bangku baris keduanya.

baca juga : Hyundai, Kia, Genesis, dan Polestar Bekerja Sama Dengan NVIDIA Untuk Hadirkan Game Berbasis Cloud ke Mobil

Ngomong – ngomong masalah harga, nantinya KIA AY akan diposisikan di antara 12 lakh hingga 24 lakh atau setara antara 227 hingga 454 jutaan Rupiah. KIA AY sendiri akan dikembangkan dari nol untuk pasar India, dan akan hadir dengan mesin ICE maupun opsi mesin dengan elektrifikasi. Sebagai gambaran, desain KIA AY akan banyak terinspirasi dari KIA Soul yang dijual secara global. Hmmm, akankah bergaya funky seperti KIA Soul? Kita tunggu saja. Yang jelas, KIA AY kabarnya akan diproduksi di pabrik KIA yang ada di kawasan Andhra Pradesh. Unit produksi India ini juga akan diekspor untuk pasar global ke beberapa negara. Bisa jadi termasuk ke Indonesia.

baca juga : Kia Akhiri Produksi dari Kia Stinger Dengan Limited Tribute Edition

Komponen Mirip Sonet?

Hadirnya KIA AY sendiri nampaknya ingin menjadi pengisi pasar untuk konsumen yang ingin tampil berbeda. Dan langkah yang sama sebenarnya telah dilakukan oleh Suzuki lewat Suzuki Jimnya dan Mahindra lewat Mahindra Thar. Keduanya menawarkan opsi yang anti mainstream untuk sebuah SUV kompak. KIA AY sendiri nampaknya akan banyak berbagi komponen dengan KIA Sonet. Sedangkan untuk opsi mesin, bisa jadi mesin 1.000cc 3 silinder turbo menjadi opsi yang masuk akal untuk mobil ini. Btw, KIA mencanangkan produksi KIA akan mencapai 100 ribu unit per tahunnya saat KIA AY masuk jalur produksi kelak. Dan KIA AY ditargetkan menyumbang 4/5 dari total produksi KIA India.

baca juga : Inilah Harga Resmi Kia EV6 GT-Line

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: