Kata KIA Mendengarkan Alunan Beethoven Bisa Meningkatkan Range EV, Kok Bisa?

by  in  Berita & International & Kia
Kata KIA  Mendengarkan Alunan Beethoven Bisa Meningkatkan Range EV, Kok Bisa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pernahkah kalian berpikir bahwa musik yang didengarkan di mobil dapat mengubah karakter mengemudi? Kia melakukan uji coba yang menunjukkan bahwa lagu yang dipilih untuk didengarkan di Kia EV6 GT-Line S tersebut dapat memiliki efek yang kuat pada range di dunia nyata. Lebih khusus lagi, “Symphony No.9” dari Beethoven terbukti bermanfaat untuk mengemudi yang efisien berbeda dengan “Blinding Lights” dari Weeknd yang mengakibatkan baterai lebih cepat habis.

Ketentuan Pengujian

Kia EV6 GT-Line S yang digunakan untuk percobaan dilengkapi dengan sound system Meridian Audio 14-speaker. Sejumlah partisipan yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan kendaraan listrik mengendarai Kia EV6 pada rute 29 km yang dilalui sehari-hari. Dengan menggabungkan rute jalan perkotaan yang padat lalu lintas, jalan perumahan, dan jalan pedesaan yang berkelok-kelok. Semuanya mendengarkan playlist yang telah ditentukan sebelumnya pada tingkat volume yang sama dengan pengaturan suara tetap, sementara perangkat Empatica E4 medical-grade merekam pengukuran biometrik mereka.

Playlist menyertakan lagu-lagu berikut dalam urutan khusus ini: Tycho – Awake, Adele – Hello, The Weeknd – Blinding Lights, Anna Meredith – Nautilus, Kanye West – Fade, dan Beethoven – Symphony No. 9 in D Minor, Op.125. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan berkendara hingga empat kali lebih efisien saat mendengarkan lagu Beethoven dibandingkan lagu lainnya. Di sisi lain, lagu hit The Weeknd yang bertempo cepat membuat mereka dua kali lebih tidak efisien, mendorong mereka untuk menginjak gas untuk menghasilkan lebih banyak performa tetapi juga menguras baterai lebih cepat.

Ternyata Berpengaruh

Studi ini diawasi oleh Dr. Duncan Williams, seorang dosen di Fakultas Sains, Teknik, dan Lingkungan Universitas Salford dan seorang ahli dalam bidang akustik, kebisingan, psikoakustik, dan ilmu suara. Beliau menyimpulkan dari dua hari pengujian adalah bahwa musik benar-benar dapat memiliki pengaruh dramatis pada jangkauan mengemudi mobil listrik di dunia nyata. Lagu yang berbeda menghasilkan aktivitas elektrodermal yang berbeda dan peningkatan volume darah untuk masing-masing peserta.

Hal itu memiliki efek langsung pada gaya mengemudi, dan pada akhirnya memengaruhi range mengemudi EV6 di dunia nyata. Singkatnya, jika kalian ingin melangkah lebih jauh, dengarkan lagu-lagu seperti Beethoven dan musik klasik santai lainnya. Namun jika kalian tidak khawatir tentang penurunan range sedikit lebih cepat, tentu saja, pasang beberapa lagu bertempo lebih tinggi. Kami menduga hal serupa berlaku untuk kendaraan bermesin konvensional. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: