Review Ford EcoSport Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Ford EcoSport mencoba menjadi pemain pasar SUV kecil dengan mesin 1.500 cc untuk menjadi pesaing Toyota Rush dan Renault Duster di Indonesia. Kemunculan pertama kalinya saat IIMS 2013 lalu cukup spektakuler lantaran teknologi-teknologi yang dibekali di mobil ini terlalu canggih untuk mobil seharga 230 juta-an pada varian top-of-the-line nya. Yuk kita cek apa saja sih kelebihannya! Oh iya sebelumnya kami juga pernah mengulas ‘7 Teknologi Canggih Yang Hanya dimiliki Ford EcoSport di kelasnya’. Silahkan artikelnya dapat dilihat disini.

Ford Ecosport Front

Desain Ford EcoSport sangat agresif dan galak dibandingkan dengan mobil lain sekelasnya, penggunaan lampu sipit dengan sebuah lubang udara besar pada bagian bumper bawah membuatnya terlihat seperti ingin memakan pejalan kaki yang menyebrang. Mobil ini cukup tinggi dengan ground clearance 220 mm dan 550 mm water wading, sangat tinggi di kelasnya.

 

Ford Ecosport headlamp

Lampu depannya belum dilengkapi dengan projection headlamp, namun sudah memiliki LED (Daytime Running Light) tipis yang menyala cukup cantik pada siang hari. Pada malam hari mobil ini juga memiliki fitur follow me home yang akan tetap menyala selama 30 detik setelah mobil diparkirkan.

 

Ford Ecosport Rear View

Bentuk belakangnya bukanlah selera semua orang, apalagi penempatan ban serep model ‘konde’ yang sudah mulai ditinggalkan pada desain sebuah mobil masa kini, membuat tampilannya kurang sedap dilihat. Namun pintu belakang mobil ini meskipun memiliki konde, jika ditutup tidak bergetar dan sangat lembut dibandingkan dengan mobil lain yang sama-sama memiliki ban di pintu belakangnya.

 

Ford Ecosport BagasiFord EcoSport memiliki pintu belakang yang dibuka berlawanan arah dibandingkan dengan mobil biasanya, jika mobil umumnya dibuka dari sebelah kiri, EcoSport justru dibuka dari sebelah kanan. Uniknya untuk menambah ruang bagasi, Ford EcoSport diberikan door trim yang menjorok ke dalam.

 

Gagang Pintu Ford EcosportFord memberikan detailing yang luar biasa pada mobil ini, salah satunya peletakan gagang pintu belakang yang di kamuflase-kan dengan lampu belakang mobil ini. Untuk anda yang tidak pernah melihat mobil ini sebelumnya pasti akan bingung mencari dimana pembuka pintu belakangnya.

 

Ford Ecosport RimsFord EcoSport menggunakan velg R16 dengan kelir ban 205/60 yang menggunakan 4 buah baut. Desain velgnya juga cukup menjanjikan tanpa harus kita ubah untuk meningkatkan penampilannya.

 

Ford Ecosport EngineJantung pacu mobil ini dibekali dengan mesin yang sama seperti yang digunakan Ford Fiesta 1.500 cc VCT dengan transmisi automatic powershift dual clutch 6 percepatan. Jika tidak ada halangan yang berarti, tahun depan mobil ini mendapatkan mesin EcoBoost 1.000 cc 3 silinder yang fenomenal.

 

Ford Ecosport Driving PositionMasuk ke dalam interior, posisi duduknya cukup nyaman,  baik legroom maupun headroom terasa cukup lega. Untuk anda yang memiliki tinggi kurang dari 170 cm juga dapat menaikan tinggi kursi karena sudah menggunakan height adjuster seat dan setir serta seat belt yang dapat diatur pula ketinggiannya. Kurang lebih rasanya sama seperti mengendarai Ford Fiesta versi yang lebih tinggi. Entah mengapa rasanya mobil ini sangat mudah dikendarai karena lebarnya yang kompak dan ujung kap mesin yang terlihat memberikan feeling mengemudi yang lebih baik dibandingkan mobil lainnya. Asiknya lagi, kursi dengan side support yang besar berlapis kulit membuat mobil ini semakin nyaman diduduki.

 

Ford Ecosport SpeedometerSpeedometer yang digunakan masih sama dengan Ford Fiesta tanpa ubahan cluster yang berarti. Backlight dengan warna icy blue membuat mobil ini terasa lebih mewah. Disini juga kita bisa melihat push start/stop engine button yang terhubung dengan keyless entry key seperti yang dimiliki Ford Fiesta.

 

Ford Ecosport Head UnitCentre cluster head unit nya sama persis dengan Ford Fiesta, hanya saja perbedaannya ada pada bentu-bentuk tombol terutama pada bagian tombol navigasi dan bentuk ventilasi AC yang memiliki lekukan berbeda. Kualitas suara yang dihasilkan juga sama baiknya dengan Fiesta, termasuk layar LCD yang menjadi pusat kontrol segala teknologi yang ada di dalam mobil ini, termasuk Auto retract mirror, Follow me Home, Traction Control dan fitur Eco Mode yang berjalan seperti sebuah permainan.

 

Ford Ecosport sunvisorFord EcoSport memiliki sunvisor yang unik, entah untuk apa tujuannya, mereka memberikan sebuah lampu pada sunvisor sebelah kiri tanpa penutup kaca. Sedangkan pada sunvisor kanan diberikan penutup kaca namun tidak diberikan lampu. Lah kok jadi kebalikannya gini?

 

Ford Ecosport Door TrimSama seperti Ford Fiesta, Ford EcoSport dibekali dengan door trim yang memiliki desain cukup dinamis, penggunaan bahannya tidak begitu bagus kecuali pada bagian gagang pintu dalam yang dilapisi oleh rubber finish yang nyaman disentuh. Door trim ini juga bisa menjadi penopang tangan (armrest) yang sangat nyaman karena dibekali dengan busa empuk yang dilapisi kulit sintetik yang nyaman.

 

Ford Ecosport Sunroof

Untuk tipe Titanium atau tipe tertingginya, Ford EcoSport mendapatkan electric sunroof yang cukup mengesankan, namun keberadaan sunroof ini mengurangi headroom penumpang belakang, sebenarnya sih tidak masalah karena kami sudah mencoba tidak akan membuat kepala penumpang belakang mentok meskipun headroomnya tereduksi untuk orang dengan tinggi 183 cm.

 

Ford Ecosport legroomKursi belakang mobil ini juga sudah dilengkapi dengan legroom yang sangat mumpuni, terutama karena jarak kursi yang tinggi membuat penumpang lebih terakomodir dengan baik. Uniknya pada sisi samping sebelah kanan kursi penumpang, Ford memberikan sebuah colokan listrik 12 V untuk mengecas HP ataupun gadget kesayangan, pada bagian kiri juga diberikan sebuah storage kecil yang cukup praktis.

 

Ford Ecosport LipetMetode pelipatan kursi tengah mobil ini cukup mudah meskipun sangat sederhana jika dibandingkan dengan mobil-mobil saat ini yang sudah dapat dilipat rata lantai. Namun yang menjadi perhatian kami, Ford memberikan detailing yang luar biasa rapi pada kursi-kursi mobil ini, tidak seperti mobil-mobil pada umumnya. Disini juga terlihat busa yang digunakan kursi mobil ini sangat tebal.

Kesimpulannya, Ford EcoSport sudah mampu memberikan impresi yang sangat baik ketika pertama kali kami melihat dan merasakan langsung duduk di dalam mobil ini. Ditunggu saja ya test drive Ford EcoSport hanya di AutonetMagz!

 

Ford, Ford Ecosport Legroom: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Lipet: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Mirror: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Rear View: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Rims: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Side Visor: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Speedometer: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Sunroof: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Sunvisor: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Tail: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Tyre: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Gagang Pintu Ford Ecosport: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport AC Vent: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Bagasi: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Dashboard: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Door Trim: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Driving Position: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Engine: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Head Unit: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Headlamp: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Holder: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Keyless: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Review Ford Ecosport: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Front: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Ford Ecosport Test Drive: First Impression Review Ford EcoSport + Photo GalleryFord, Review Ford EcoSport Indonesia: First Impression Review Ford EcoSport + Photo Gallery

Tags : Ford Ecosport Head Unit, Ford Ecosport Tyre, review autonetmagz, ford ecosport review autonetmagz, Ford Ecosport Dashboard, mobil Ford tahun 2014,