Toyota Wigo Facelift, Agya KTP Filipina Punya Apple CarPlay!

Toyota Wigo Facelift, Agya KTP Filipina Punya Apple CarPlay!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia kalau duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah mobil yang didesain dan dirancang untuk pasar Indonesia, namun negara tetangga juga tertarik dengan hasil racikan mobil yang lahir di Indonesia. Makanya Agya dan Ayla juga hadir di luar negeri, misalnya di Malaysia di mana ia dijual sebagai Perodua Axia dan di Filipina ia dikenal sebagai Toyota Wigo. Nah, Toyota Wigo yang jadi Agya-nya orang Filipina belum lama ini mendapatkan facelift.

Jika diingat-ingat, baru 2 bulan lalu Toyota Astra Motor (TAM) merilis Toyota Agya facelift 2020 untuk pasar Indonesia melalui peluncuran secara digital, tentu saja bersamaan dengan Daihatsu Ayla. Desain body kit Agya TRD S dan Wigo TRD S bisa dibilang sama, contohnya di bagian housing lampu kabut. Perbedaan desain ada pada add-on kit bumper depan Wigo TRD S yang aksen hitamnya dilebihkan daripada punya Agya TRD S. Punya Agya lebih kalem, sementara Wigo lebih kontras.

Bedanya lagi, jika Toyota Agya TRD S punya aksen merah seperti taring di bumper depan, Wigo TRD S tidak ada aksen tersebut atas nama diferensiasi pasar masing-masing negara. Bumper belakangnya juga setali tiga uang dengan bumper depan, di mana Wigo TRD S lebih mencolok aksen hitamnya sementara Agya TRD S lebih simpel. Sedikit perbedaan adalah Agya TRD S punya aksen mirip diffuser, sementara Wigo hanya panel sewarna bodi biasa.

Toyota Wigo TRD S juga sudah dilengkapi sensor parkir di belakang, namun ditambah juga dengan kamera parkir. Sebagai info, Toyota Agya TRD S 2020 hanya dapat sensor parkir dan tidak ada kamera parkir. Perbedaan lainnya adalah jika Toyota Agya TRD S Indonesia punya stiker “TRD S” di dekat spion dan penempatannya kami rasa aneh, Wigo TRD S pakai stiker TRD di pintu depan bagian bawah, lebih normal dan tidak norak. Oh ya, jika Toyota Agya ada side body moulding, Toyota Wigo tidak.

Selain posisi setir yang ada di kiri, bisa dibilang interior Toyota Agya TRD S dan Toyota Wigo TRD S sama saja. Setir mirip, spidometer mirip, MID mirip, AC digitalnya pun mirip. Fitur yang menarik seperti keyless entry, tombol start-stop engine dan pelipat spion elektrik pun sama saja antara Agya dan Wigo. Pembeda yang bisa dilihat ada di head unit Toyota Wigo TRD S, di mana ia sudah siap dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Ada dashcam, tapi itu aksesoris terpisah.

Tentu saja mengganti head unit dan memasang kamera parkir bukanlah pekerjaan yang sulit dilakukan di aftermarket, namun bukankah menyenangkan jika langsung menyediakan head unit yang oke punya dan kamera parkir dari standarnya untuk pasar Indonesia? Nah, sekarang masuk ke keunggulan Toyota Agya TRD S dibandingkan dengan Toyota Wigo TRD S, yakni mesinnya. Ada apa dengan mesinnya?

Toyota Wigo hanya disediakan dalam pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder 65 hp dan 89 Nm sebagai satu-satunya pilihan. Perlu diingat, selain mesin 1.000 cc 3 silinder, Toyota Agya di Indonesia juga dipasarkan dengan pilihan mesin 1.200 cc 4 silinder bertenaga 88 hp dan torsi 108 Nm. Sekali lagi, ini bisa jadi sesuai kondisi masing-masing negara, di mana mungkin konsumen Filipina tidak terlalu masalah dengan mesin 1.000 cc 3 silinder.

Konsumen Indonesia lain, kebanyakan lebih menggandrungi mesin 1.200 cc 4 silinder karena dinilai lebih pas. Meski konsumen mobil murah di sini biasanya senang mesin kecil karena irit, konsumen Indonesia biasanya agak ragu dengan mesin yang terlalu kecil dan silindernya kurang dari 4 jika belum test drive. Makanya begitu dengar mesin yang lebih kecil dan hanya 3 silinder, konsumen biasanya akan mulai rajin bertanya karena citra 3 silinder mobil murah biasanya bergetar dan berisik, apalagi kalau mesinnya terlalu kecil, biasanya tenaganya di bawah rata-rata.

Kembali ke Toyota Wigo, di Filipina Toyota Wigo sudah mulai dijual dengan harga kisaran 160,5 juta Rupiah hingga 197,9 juta Rupiah jika dikurskan. Ada selisih harga yang lumayan memang, sebab harga Toyota Agya di Indonesia kini berkisar 143,8 juta Rupiah hingga 169,3 juta Rupiah. Dengan segala diferensiasi yang dibuat masing-masing negara, apa opinimu mengenai Toyota Wigo facelift jika dibandingkan dengan Toyota Agya facelift? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: