Collab lagi, Mobil Listrik Suzuki & Toyota Bakal Rilis Tahun 2025 di India

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Collab lagi, Mobil Listrik Suzuki & Toyota Bakal Rilis Tahun 2025 di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Banyak orang yang mengatakan tahun 2022 ini adalah tahunnya kolaborasi, tapi kalau kita lihat dari perspektif otomotif, sebenarnya kolaborasi antar brand sudah berlangsung jauh sebelum tahun ini. Salah satunya adalah kolaborasi antara Suzuki dan Toyota di Negeri Bollywood, India. Kolaborasi keduanya telah menelurkan sejumlah model, bahkan yang terbaru, mereka juga akan membuat mobil listrik bersama untuk pasar India. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Kolaborasi Bersama Toyota (lagi)

Saat ini, Maruti Suzuki India dikabarkan tengah mempersiapkan mobil listrik baru yang akan diperkenalkan di Negeri Anak Benua itu tahun 2025 mendatang. Uniknya, Suzuki kembali menggandeng Toyota untuk merealisasikan proyek BEV pertama mereka ini. Lantas, apakah mobil ini akan menggunakan platform eTNGA seperti halnya mobil – mobil listrik Toyota? Kami meragukan hal itu. Kenapa? Karena eTNGA nampaknya terlalu mahal secara biaya. Jadi, kemungkinan besar kedua pabrikan ini akan membuat sebuah platform atau arsitektur baru yang akan digunakan bersama dan secara biaya masih masuk dengan pasar India.

Secara detail, belum banyak informasi yang bisa kami bagikan atau kami gali terkait mobil listrik ini. Hanya saja, nampaknya platform ini akan bersifat fleksibel dan bisa diterapkan pada sejumlah bodystyle. Informasi yang kami dapatkan, model BEV pertama hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota akan memiliki bentuk ala SUV. Yap, ini merupakan hal yang sangat wajar karena SUV memang sedang jadi hot item baik secara global maupun di India, termasuk juga di Indonesia. Tentunya, mobil ini akan disulap menjadi 2 model, baik sebagai Suzuki maupun sebagai Toyota. Keduanya akan dijual bersamaan seperti kolaborasi sebelumnya.

Gelontorkan Dana Yang Tidak Kecil

Suzuki sendiri sudah melakukan investasi yang tidak main – main untuk produksi mobil listrik di India. Total dana sebesar 1,37 Milyar USD atau setara 20,3 triliun telah digelontorkan untuk mewujudkan produksi BEV di Gujarat, India. Saat ini, Maruti Suzuki sebenarnya masih berasa di posisi pucuk dalam hal penjualan mobil secara umum di India, tapi beda ceritanya jikalau kita singgung segmen BEV. Di segmen BEV, Tata Motor adalah pemimpin pasarnya, bukan Maruti Suzuki. Namun, kondisi ini terjadi karena Suzuki hingga detik ini belum menjual BEV di India sama sekali. Sejumlah pengamat menyatakan bahwa pangsa pasar BEV di India akan terus tumbuh, dan inilah alasan kuat mengapa setiap brand beralih ke BEV.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: