Wholesales Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander : Kelas Abu – Abu Favorit Indeners

0  komentar

AutonetMagz.com – Dua segmen mobil yang bisa dikatakan paling berdarah – darah di Indonesia saat ini adalah segmen LMPV dan LSUV, dimana keduanya memang adalah dua segmen yang menjadi favorit para calon konsumen untuk dibidik. Nah, di dua segmen ini jugalah hadir dua produk beda merk yang menjadi kampiun, dan yang makin menarik adalah keduanya merupakan produk abu – abu yang sejatinya menggabungkan keunggulan di sisi LSUV dan di sisi LMPV untuk menjadi raja di segmennya masing – masing. Dan keduanya adalah All New Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander.

Nah, kedua produk ini memang punya segmen yang berbeda, Mitsubishi Xpander lebih memilih untuk masuk ke segmen LMPV dan berhadapan dengan Grand New Toyota Avanza, New Honda Mobilio dan All New Suzuki Ertiga. Sedangkan untuk All New Toyota Rush masuk ke kelas yang dihuni saudaranya sendiri yaitu All New Daihatsu Terios dan Honda BR-V. Walaupun keduanya berada di segmen yang berbeda, nyatanya keduanya punya kemiripan di beberapa bagian. Pertama, keduanya sama – sama digemari oleh konsumen, dan hal ini membuat SPK dari kedua mobil ini memang cukup banyak. Kedua, karena SPK yang melimpah, keduanya sama – sama membutuhkan inden berbulan – bulan hingga unitnya siap dikirim ke garasi konsumennya. Dan ketiga, karena produknya laris manis, kedua produk ini tak harus menggunakan senjata utama untuk penjualan mobil di Indonesia, yaitu Diskon. Yap, keduanya minim diskon, atau malah tak ada diskon.

Lalu, bagaimana dengan peforma distribusi dari keduanya? Yuk kita pantau melalui data wholesales dari GAIKINDO. Melihat data dari wholesales GAIKINDO, selama bulan Januari hingga Juli 2018 kemarin keduanya bisa dikatakan bersaing walau memang keunggulan di sisi LMPV Mitsubishi Harus diakui cukup jauh. Mitsubishi Xpander unggul dengan capaian 47.518 unit selama 7 bulan awal tahun 2018 ini, sedangkan untuk All New Toyota Rush ada di angka 26.873 unit. Nampaknya kali ini pihak Mitsubishi boleh tersenyum lebar karena capaian tersebut sukses menggulingkan Toyota Avanza yang menjadi raja di segmen LMPV selama bertahun – tahun dan upaya pihak Toyota untuk menghadirkan All New Toyota Rush untuk mengganggu pasar dari Mitsubsihi Xpander nampaknya belum terlalu berhasil. Eh?? Serius belum terlalu berhasil? Tunggu dulu, nampaknya pihak Toyota bermain dengan strategi unik.

Unik disini karena menurut kami pihak Toyota memainkan dua pemain untuk mengepung Mitsubishi Xpander. Grand New Toyota Avanza tetap steady di posisi kedua dibawah Mitsubishi Xpander, dikhususkan untuk mereka yang memang butuh kemampuan LMPV konvensional secara murni. Sedangkan All New Toyota Rush membuka ruang bagi mereka yang ingin memiliki sebuah MPV dengan kemampuan dan bentuk sebuah SUV, sama dengan sosok Mitsubishi Xpander. Nah, kita lihat saja sejauh mana All New Toyota Rush bisa mengejar ketertinggalannya dengan rivalnya di segmen abu – abu antara LMPV dan LSUV ini. Namun yang jelas, dari kasak – kusuk yang beredar pihak TAM dan ADM memang tengah menggodok sosok terbaru dari All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia untuk bisa berbicara lebih lagi di segmen ini. Akankah masuk ke zona abu – abu seperti dua produk yang kita bahas hari ini? Who knows?

Nah, jadi bisa dikatakan bahwa capaian dari Mitsubishi Xpander hingga saat ini masih menjadi fenomena yang menarik untuk selalu dibahas. Namun bukan berarti di tengah kesuksesan dari LMPV-nya pihak Mitsubishi bisa tenang – tenang saja, karena ada kompetitor yang tengah bersiap menghadapi produknya. Sayang seribu sayang sosok All New Suzuki Ertiga yang sebenarnya masuk dalam jajaran Anti Inden Inden Club dan punya diskon hingga diatas 20 juta masih bertengger di angka 8.582 unit sejak diproduksi bulan Mei silam, padahal kami berharap mobil ini bisa memberikan perlawanan serius pada Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: