Mobil Listrik Nissan Leaf Segera Sapa Indonesia!

Mobil Listrik Nissan Leaf Segera Sapa Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Nissan berkali-kali memperkenalkan teknologi listrik dan e-Power andalannya pada acara pameran mobil di Indonesia. Pernah membawa Nissan Note e-Power, menunjukkan teknologi Nissan Leaf yang merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia, dan masih banyak lagi. Dulu, kami sempat kira Nissan hanya pamer ini-itu dan tidak akan pernah memperkenalkannya di Indonesia, padahal teknologi e-Power itu sangat menarik untuk pasar tanah air.

Pada akhirnya, Nissan mulai berani bergerak dan merilis Nissan Kicks e-Power. Ini adalah mobil hybrid Nissan pertama yang menawarkan sensasi mobil listrik tanpa harus pusing soal charging karena ia cukup isi bensin seperti mobil biasa. Penjualan Nissan Kicks mungkin belum spektakuler, tapi sudah lumayan baik. Gerakan kedua, Nissan Indonesia akan segera memperkenalkan mobil listrik murni mereka di sini. Ya, Nissan Leaf akan segera meluncur di Indonesia.

Nissan Leaf Sudah Sampai Indonesia

Sebenarnya bukan pertama kali Nissan Leaf muncul di Indonesia. Beberapa kali Nissan Motor Indonesia memamerkannya dalam beberapa acara, termasuk pameran khusus mobil listrik dan acara test drive bagi awak media. Nissan juga sempat mengirim mobil ini ke beberapa dealer, contohnya kami pernah bertemu Nissan Leaf sedang wara-wiri di sekitar area Danau Sunter, Jakarta Utara. Hari ini, akun Instagram Nissan Indonesia sudah mengunggah teaser Nissan Leaf.

Nissan Leaf sendiri memakai baterai berkapasitas 40 kWh dengan jarak tempuh total diperkirakan mencapai 400 km. Jenis motor listriknya adalah motor listrik PSM dengan tenaga 147 hp dan torsi 350 Nm. Nissan Leaf adalah mobil listrik yang ukurannya kurang lebih sama dengan Honda Civic Turbo Hatchback atau Mazda 3 hatchback, jadi ia muat 5 orang. Prediksi kami, ia akan meluncur pada bulan Agustus 2021, alias sebentar lagi.

Berapa Harga Nissan Leaf di Indonesia?

Saat ini, belum ada mobil listrik murni dari merek Jepang yang dijual bebas ke konsumen di Indonesia. Mobil listrik normal di Indonesia baru diwakili oleh Hyundai Ioniq EV, Hyundai Kona EV dan MG ZS EV. Nissan Leaf nantinya akan lebih dekat ke Hyundai Ioniq EV karena sama-sama hatchback, bukan crossover. Harga Hyundai Ioniq sekarang sekitar 670 jutaan untuk tipe tertinggi, dan kita bisa memperkirakan harga Nissan Leaf berdasarkan patokan tersebut.

Jadi, anggaplah Nissan Leaf di Indonesia akan dijual dengan kisaran harga 670 jutaan hingga 700 jutaan. Oh ya, Nissan Leaf juga bisa diisi daya di rumah dengan listrik rumah biasa atau wall charger dari Nissan. Jika menggunakan wall charger, baterai Nissan Leaf bisa terisi penuh dalam waktu 11-12 jam. Nissan Leaf juga bisa menggunakaan fast charger dengan pengisian 0 ke 80 persen dalam waktu 40 menit. Menurutmu, apa yang harus dilakukan Nissan agar Nissan Leaf bisa sukses? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: