Ford Patenkan Pengisian Hands-Free Untuk Kendaraan Listrik

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford Patenkan Pengisian Hands-Free Untuk Kendaraan Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah paten yang diajukan oleh Ford pada Agustus 2020 baru saja muncul, dan hal tersebut bisa membuat pengisian kendaraan listrik bisa dilakukan secara hands-free. Diterbitkan oleh Kantor Paten Amerika Serikat pada 3 Maret kemarin, paten tersebut tampaknya berlaku untuk mobil berjrnis plug-in hybrid dan full electric.

Wireless Charging Versi Mobil?

Perlu dicatat bahwa ini tidak seperti drive-over charging pad yang telah kita lihat di aspek lain industri otomotif. Jenis pengisi daya tersebut tidak terlalu berbeda dari wireless charging yang kita gunakan di ponsel. Masalahnya, wireless charging pada ponsel saja mengisi dayanya jauh lebih lambat daripada saat tersambung ke kabel fisik. Mungkin itu sebabnya paten ini difokuskan pada perangkat yang masih menggunakan port pengisian daya pabrik yang cukup konvensional.

Ini sangat mirip dengan Autonomus robotic charging snake yang pernah diperkenalkan Tesla beberapa tahun yang lalu. Tentu saja, itu tidak pernah menjadi produk nyata sehingga kami tidak memiliki gambaran yang jelas tentang seperti apa versi produksi dari teknologi ini. Yang pasti, perangkat ini akan membuat pengisian daya sedikit lebih mudah bagi pengemudi jika mobil diparkir di garasi atau di stasiun pengisianan tanpa perlu menyambungkan kabel ke port.

Bagaimana dengan Pabrikan Lain?

Ketika kendaraan listrik menjadi lebih populer, produsen dan mereka yang bergerak dalam bisnis infrastruktur sedang mengerjakan solusi untuk fasilitas dari mobil listrik tersebut. Michigan misalnya telah menyalakan program Percontohan Pengisian Kendaraan Induktif baru yang akan mengetes jalan satu mil penuh dengan kemampuan pengisian built-in wireless. Indiana juga sedang mengerjakan program serupa, sementara Volvo sedang menguji pengisian EV nirkabel di Swedia.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: