Toyota Corolla Cross HEV VS Nissan Kicks e-Power : Mana Lebih laris?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Toyota Corolla Cross HEV VS Nissan Kicks e-Power : Mana Lebih laris?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita kembali ke tahun 2020 kemarin, sebenarnya gambaran industri otomotif tidaklah sepenuhnya suram. Walaupun angka penjualan otomotif turun cukup drastis karena pandemi, namun di sisi lain ada hal positif yang bisa kita ambil selama 2020. Sepanjang 2020, beberapa pabrikan otomotif di Indonesia nampak serius untuk menggarap pasar elektrifikasi. Sejumlah mobil elektrifikasi mulai dari Hybrid, PHEV hingga BEV pun diluncurkan di Indonesia. Nah, kali ini kami akan membahas segmen hybrid, yang mana secara teknologi paling memungkinkan untuk digunakan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Dan ngomong – ngomong hybrid di 2020, kami akan bahas 2 SUV hybrid yang paling menarik perhatian, yaitu Toyota Corolla Cross HEV dan Nissan Kicks e-Power. Cekidot.

Wholesales 2021 : Kicks Lumayan, Corolla Cross Laris

Mengapa kami memilih 2 SUV ini? Jawabannya mudah, karena keduanya sama – sama berteknologi hybrid walaupun komposisinya berbeda, ada di range harga yang tidak berbeda jauh, dan peluncurannya juga tidak terpaut jauh. Toyota Corolla Cross HEV meluncur terlebih dahulu di bulan Agustus 2020 silam, dan Nissan Kicks e-Power menyusul sebulan setelahnya. Yang menarik, keduanya juga berstatus CBU dari negara yang sama, yaitu Thailand. Namun, terlepas dari banyaknya aspek yang mirip atau mendekati diantara keduanya, faktanya Nissan Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross HEV ada di kelas yang berbeda. Kalau Nissan Kicks e-Power setara dengan Honda HR-V di kelas Sub-compact SUV, maka Toyota Corolla Cross ada di segmen compact SUV yang juga dihuni oleh Mitsubishi Eclipse Cross dan kawan kawannya. Kali ini, kami akan melihat data wholesales dari kedua SUV hybrid ini, dan nyatanya, Toyota Corolla Cross HEV memimpin penjualan wholesales secara telak kalau dibandingkan dengan Nissan Kicks e-Power.

Toyota Corolla Cross HEV berhasil mencatatkan wholesales sebesar 770 unit selama 4 bulan pertama tahun 2021 ini, dan menjadikan mobil ini sebagai mobil hybrid terlaris baik dari sisi Toyota maupun secara nasional. Secara rinci, wholesales Toyota Corolla Cross HEV ada di angka 109 unit pada Januari, 264 unit pada Februari, 235 unit pada Maret, dan 162 unit pada bulan April kemarin. Sebagai catatan, saudara dari Toyota Corolla Cross HEV yaitu Toyota C-HR HEV dan Toyota Corolla Altis HEV hanya mencatatkan wholesales sebesar 68 unit dan 32 unit saja pada periode yang sama. Lantas, bagaimana dengan Nissan Kicks? Wholesales Nissan Kicks e-Power di Indonesia pada 4 bulan pertama 2021 ini mencapai 207 unit, dengan rincia 100 unit di bulan Januari, 17 unit di bulan Februari, 20 unit di bulan Maret, dan 70 unit di bulan April. Walaupun selisih angkanya lebih dari 500 unit dengan Toyota Corolla Cross HEV, namun Nissan Kicks e-Power masih mampu mengukuhkan diri sebagai runner up di segmen hybrid Nasional.

Harga Sama – Sama Naik 20 Jutaan

Salah satu aspek lain yang menarik untuk dibahas saat ini adalah harga jual. Seperti yang kita ketahui bersama, Nissan Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross HEV adalah opsi termurah untuk memiliki sebuah kendaraan hybrid di Indonesia. Saat diluncurkan, Toyota Corolla Cross HEV dibanderol 497,8 jutaan Rupiah dan Nissan Kicks e-Power dibanderol 449 jutaan Rupiah. Apa kabar harga keduanya hari ini? Kini harga Toyota Corolla Cross HEV sudah tembus 500 jutaan, dan ini wajar karena harga awalnya saja sudah mepet dengan 500 jutaan. SUV ini dibanderol 518,4 jutaan Rupiah, OTR Jakarta. Sedangkan Nissan Kicks e-Power kini dibanderol 471 jutaan Rupiah, OTR Jakarta. Yang menarik adalah kenaikan harga masing – masing. Nissan Kicks e-Power naik 22 jutaan Rupiah, sedangkan Toyota Corolla Cross HEV mendapatkan kenaikan harga 20,6 jutaan Rupiah. Secara angka, kenaikan keduanya juga bisa dikatakan cukup identik, ciee. Entah memang kebetulan atau memang ada perubahan regulasi yang sifatnya sama di sisi Pemerintah.

Jadi, apa tanggapan kalian terhadap capaian Toyota Corolla Cross HEV VS Nissan Kicks e-Power di 2021 ini? Kalian #TeamCorolla atau #TeamKicks?

Read Prev:
Read Next: