Mengenal Hyundai Ioniq 5 N Lebih Dalam, Perubahannya Gak Cuma Visual Doang! (Part 2)

by  in  Berita & Hyundai & International
0  komentar

AutonetMagz.com – Saking banyaknya ubahan yang dilakukan pada Hyundai Ioniq 5 N, kami sampai menulis lebih dari satu artikel. Untuk maksimalkan performanya, berbagai peningkatan teknis dilakukan untuk Hyundai Ioniq 5 N. Dengan N Grin Boost, motor tersebut mampu menghasilkan tenaga 478 kW/650 PS dan dapat dipacu hingga 21.000 RPM. Output tersebut dihasilkan dari inverter two-stage dengan peningkatan efisiensi daya untuk output daya yang lebih kuat.

Fokus ke Kebutuhan Track

N Grin Boost dapat meningkatkan akselerasi hingga 10 detik. Sementara N Launch Control menyediakan tiga traction level untuk starter yang lebih cepat. Track state-of-charge (SOC) akan secara otomatis menghitung konsumsi daya per lap. Sistem manajemen termalnya disempurnakan ditambah cooling system yang lebih luas untuk motor oil cooler dan battery chiller IONIQ 5 N. Radiator independen pada baterai dan motor listrik akan memaksimalkan ketahanan Ioniq 5 N terhadap penurunan performa sebelum maupun sesudah berpacu secara intens.

Pengemudi bisa menggunakan N Battery Pre-Conditioning untuk mengoptimalkan temperatur sel baterai yang efisien. Tersedia dalam dua mode, ‘Drag’ untuk letupan daya penuh yang singkat dan ‘Track’ untuk mengoptimalkan temperatur paling rendah untuk lebih banyak lap. Fitur N Race meningkatkan daya tahan, sehingga memberikan kendali langsung terhadap konsumsi energinya. Fitur ini juga menerapkan pendekatan motorsport untuk mencatat waktu tercepat dari berbagai tombol saja.

Race Mode dan Pengereman

Dengan N Race, pengemudi memiliki pilihan strategis dengan mode “Endurance” atau “Sprint”. Mode “Endurance” mengutamakan jangkauan jarak di lintasan dengan membatasi peak power untuk menghambat kenaikan temperatur mesin. Lalu, mode “Sprint” mengutamakan daya dan memberikan letupan daya penuh yang lebih singkat. Sehingga pengemudi bisa mengelola daya lebih akurat serta menciptakan performa ideal untuk mencapai target performa yang diinginkan.

IONIQ 5 N juga mengandalkan rem yang di-tuning Hyundai N berupa cakram depan berdiameter 400 mm dan cakram belakang 360mm. Keduanya dilengkapi dengan monobloc caliper empat piston. Rem ini diproduksi dengan material ringan dan aliran udara yang dioptimalkan untuk pendinginan dengan gaya deselerasi maksimal 0,6 G dan terus aktif dengan aktivasi ABS dengan daya maksimal 0,2 G. Perpaduan N Brake Regen dan rem hidrolik menciptakan transisi mulus yang tak terasa. Adapun left-foot braking memampukan rem dan pedal gas bekerja di waktu yang sama saat berkendara di lintasan.

Read Prev:
Read Next: