Inilah Daftar 7 Mobil Baru di 2023 Yang Sayang Kalian Lewatkan!

by  in  Berita & Daihatsu & Hyundai
Inilah Daftar 7 Mobil Baru di 2023 Yang Sayang Kalian Lewatkan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak terasa kita sudah memasuki tahun 2023, dan Bumi Indonesia pun telah mengakhiri masa PPKM yang telah berlangsung berjilid-jilid itu. Industri otomotif di Indonesia pun perlahan mulai pulih, dan tahun ini akan menjadi harapan baru yang lebih baik. Oleh karenanya, setiap pabrikan mobil di Indonesia pastinya telah menyiapkan rencana produk baru sepanjang tahun 2022 ini. Dan kali ini, tim AutonetMagz telah memilih 7 mobil baru yang akan diluncurkan di tahun 2023 ini. Yuk kita bahas.

1. All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla

Kita akan mulai list kali ini dengan jagoan grup Astra di segmen LCGC, yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Tak terasa, umur kedua mobil ini telah mencapai 1 dekade di tahun ini, yaitu sejak dimulainya proyek KB2H atau lebih kita kenal dengan nama LCGC. Walaupun sempat mendapat ubahan beberapa tahun belakangan, namun duet Agya-Ayla sejatinya masih menggunakan basis generasi pertama. Nah, kabar baiknya, antara bulan Februari hingga Maret mendatang, Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) akan merilis generasi kedua dari duet LCGC mereka.

baca juga : New Astra Toyota Agya Dirilis, Makin Sporty & Lengkap

All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla dijadwalkan hadir dan mengisi pasar LCGC dalam waktu dekat. Kami menduga, kemunculannya All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla bisa saja terjadi di IIMS 2023, atau kalau meleset pun, bisa jadi di GJAW 2023. Kemungkinan, All New Toyota Agya & Daihatsu Ayla akan menggunakan platform DNGA-A yang juga digunakan oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Jika benar, maka transmisi D-CVT bisa menjadi opsi baru di duet LCGC ini, termasuk juga opsi mesin 1.200cc WA-VE yang juga diciptakan khusus untuk platform DNGA. Kita tunggu saja kejutannya.

baca juga : Wuling Xingchi Diuji Jalan di Indonesia, Jadi Adik Wuling Almaz?

2. Wuling Alvez

Selain Wuling Formo Max, Wuling Indonesia juga punya kejutan lain untuk pasar Indonesia tahun ini. Yap, apalagi kalau buka Wuling Alvez. Adik dari Wuling Almaz ini kabarnya akan hadir di kuartal pertama tahun 2023 ini, maksimal sebelum hari lebaran. Mobil ini akan menggunakan mesin 1.500cc naturally aspirated dan memiliki body yang kompak. Kemungkinan, kehadiran Wuling Alvez akan mengganggu beberapa segmen SUV mulai dari small SUV hingga sub compact SUV. Secara dimensi, Wuling Alvez akan mendekati dimensi dari Hyundai Creta ataupun Honda HR-V. Namun, secara harga, Wuling Alvez akan masuk di range harga small SUV seperti Honda WR-V, Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet.

baca juga : Toyota Yaris Cross Makin Dekat ke ASEAN, Bakal Dirakit Dimana?

3. Toyota Yaris Cross

Yap, kalian tidak salah baca. Isu mengenai Toyota Yaris Cross memang terus berhembus dan makin ke sini makin kencang. Banyak informasi yang mengarah pada kehadiran Toyota Yaris Cross di pasar ASEAN, termasuk Indonesia. Hanya saja, peluang sosok Toyota Yaris Cross yang dimaksud masih 50:50 menurut kami. Bisa saja Toyota Yaris Cross yang dimaksud adalah Toyota Yaris Cross yang dijual di pasar global dengan basis TNGA-B. Atau malah Toyota Yaris Cross yang dimaksud adalah Toyota Yaris Cross versi ASEAN yang akan menggunakan basis DNGA-B seperti halnya Toyota Vios dan Toyota Veloz. Kita nantikan saja perkembangannya. Bisa jadi, Toyota Yaris Cross akan hadir di akhir tahun ini.

baca juga : Mitsubishi XFC Concept : Compact SUV Baru dari Mitsubishi

4. Mitsubishi XFC (Versi Produksi)

Segmen SUV masih belum akan berhenti memberikan kejutan pada kita, dan kali ini kejutan datang dari Mitsubishi. Seperti yang kita ketahui bersama, Mitsubishi telah memperkenalkan versi konsep dari SUV kompak mereka untuk pasar ASEAN yaitu Mitsubishi XFC. Mobil yang kami duga berbagi platform dengan Nissan Magnite ini dijadwalkan masuk jalur produksi di tahun ini. Walaupun tak akan melakukan world premiere di Indonesia, namun kami yakin Mitsubishi XFC juga akan mengaspal di Indonesia. Mitsubishi XFC akan masuk ke segmen small SUV yang sudah cukup padat oleh banyaknya pemain. Opsi mesin 1.000cc Turbo ataupun 1.500cc MIVEC bisa saja jadi dapur pacu dari SUV ini.

baca juga : Hyundai Stargazer Versi LSUV? Tunggu Tanggal Mainnya

5. Hyundai Stargazer Cross

Hyundai belum usai bung. Walaupun gaung dari Hyundai Stargazer tidak bertahan terlalu lama, namun nampaknya Hyundai Indonesia masih belum mau menyerah. Tahun ini, Hyundai akan menyiapkan satu senjata baru yang layak kalian perhatikan. Versi crossover dari Hyundai Stargazer kabarnya akan diperkenalkan tahun ini dan akan menggunakan nama Hyundai Stargazer Cross. Belum jelas ubahan apa saja yang akan diberikan Hyundai, namun kita bisa mengira-ngira bahwa sepaket aksesoris ala SUV dengan body cladding dan roof rail biasanya akan diberikan. Kita tunggu saja kejutan dari Hyundai kali ini.

baca juga : Mazda CX-60 3.300cc Turbo Rilis di Australia, Indonesia Kebagian Juga?

6. Mazda CX-60

Inilah mobil yang menurut kami paling menarik di dalam list kali ini, yaitu Mazda CX-60. Yap, SUV Mazda kedua yang menggunakan nomenklatur 2 digit dan telah menggunakan generasi Mazda 7G. Mazda CX-60 akan masuk ke Indonesia menggunakan 2 opsi mesin yaitu mesin 2.500cc SkyActiv-G dan 3.300cc e-SkyActiv G Turbo dengan teknologi Mild Hybrid. Tentunya, mobil ini akan didatangkan secara utuh dari Jepang dan akan mengukuhkan posisi Mazda sebagai pabrikan yang memang layak untuk naik ke segmen premium. Mazda CX-60 bukanlah suksesor dari Mazda CX-5, namun menjadi versi premium untuk SUV Mazda dengan 5 penumpang.

baca juga : Nissan Terra Akan Kembali Ke Indonesia Dalam Waktu Dekat?

7. Nissan Terra

Kami menutup list kali ini dengan SUV ladder frame yang akan segera comeback ke Indonesia yaitu Nissan Terra. Yap, mobil ini sudah dipajang di gelaran GIIAS 2022 kemarin dan memang menarik minat dari banyak pengunjung, terutama fans Nissan. Harus kita akui, pecinta Nissan di Indonesia tidaklah sedikit. Kembalinya Nissan Terra ke Indonesia nantinya akan menjadi langkah penting Nissan di Tanah Air. Kabarnya, Nissan Terra hanya akan dijual dengan opsi penggerak 4 roda saja, sebuah segmen yang cukup niche di Indonesia. Kami pun berharap Nissan akan menggunakan mesin 2.300cc Diesel generasi terbaru ketimbang mesin 2.500cc lawasnya.

Jadi, itulah 7 mobil yang sangat layak kalian nantikan dan kalian pertimbangkan di tahun 2023 ini. Masih ada list berikutnya yang berisikan 7 mobil baru lainnya dan akan kami bahas di artikel terpisah. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: