Shell LiveWIRE Energy Solution Gali Wirausaha Muda Yang Kreatif

by  in Berita&Nasional
Shell LiveWIRE Energy Solution Gali Wirausaha Muda Yang Kreatif
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring dengan berjalannya waktu, Perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang energi dan bahan bakar mulai menggiatkan aktivitas untuk mencari solusi – solusi lain demi menghadirkan sebuah sumber energi baru yang bisa terbarukan. Nah, Shell Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tersebut pun juga tergerak untuk menemukan energi baru ataupun energi terbarukan. Oleh karenanya, pihak Shell Indonesia mengadakan ajang Shell LiveWIRE Energy Solution.

Shell LiveWIRE Energy Solutions merupakan program yang mendorong perkembangan kewirausahaan di Indonesia dengan memberikan dukungan kepada anak-anak muda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis di bidang energi baru dan terbarukan. Kategorisasi ide dan/atau bisnis energi yang dilombakan adalah Bahan bakar/sumber energi yang dapat mencakup biodiesel, bioetanol, budidaya bahan baku biomassa, pemanfaatan biogas; Listrik yang mencakup pengembangan/pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan (EBT), jasa konsultasi, jasa maintenance; Efisiensi energi yang mencakup perangkat listrik hemat energi, aplikasi efisiensi energi (Internet of Things), dan lainnya seperti jasa riset dan pengembangan.

Darwin Silalahi, Presiden Direktur Shell Indonesia mengatakan, “Kami percaya bahwa kami memiliki peran yang konstruktif dalam mendukung upaya meningkatkan akses terhadap energi, terutama di wilayah Indonesia. Hal ini kami lakukan salah satunya melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions. Kami berharap partisipasi para wirausaha muda Indonesia di program ini dapat turut mendorong lahirnya ide dan inovasi teknologi untuk mengembangkan energi alternatif, sekaligus mengembangkan kewirausahaan di bidang energi di Indonesia.

Nah, Kompetisi Shell LiveWIRE Energy Solutions yang dimulai sejak Agustus tahun lalu melalui serangkaian bootcamp/pelatihan bagi para wirausaha muda terpilih, akhirnya berhasil menentukan tiga wirausaha bidang energi terbaik yaitu Resikel Global Premier sebagai wirausaha muda terbaik pertama dengan inovasinya berupa mesin pyrolizer yang dapat mengubah plastik menjadi bahan bakar konversi 70%. Lalu disusul oleh Biope yang berhasil mengembangkan reaktor biogas dengan harga terjangkau. Dan Ecobiogas dengan inovasi berupa pengolahan sampah organik semi otomatisnya berhasil terpilih sebagai wirausaha muda bidang energi terbaik ketiga.

Nah, jadi sejatinya jika digalakkan, para wirausaha muda di negeri kita tercinta ini punya berjuta ide dan juga solusi untuk sumber energi baru ataupun yang terbarukan. Jadi, bagaimana tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: