Toyota Yaris Cross Makin Dekat ke ASEAN, Bakal Dirakit Dimana?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Yaris Cross Makin Dekat ke ASEAN, Bakal Dirakit Dimana?
0  komentar

AutonetMagz.com – Selamat Tahun Baru 2023, dan di awal tahun ini, kami punya sebuah bahasan yang menarik yang layak kalian perhatikan jikalau kalian ingin membeli sebuah sub compact SUV di tahun ini. Kalau kita flashback ke tahun lalu, terlihat jelas bahwa segmen pasar SUV di Indonesia tumbuh dengan positif. Terbukti dengan banyaknya model SUV baru yang diperkenalkan, baik versi facelift semata ataupun all new model. Nah, uniknya, Toyota sebagai market leader nampak santai saja dan tidak ambil bagian di segmen ini. Padahal, segmen ini cukup menggiurkan. Tak percaya? Tanya saja pada Honda.

baca juga : Nama Yaris Cross Muncul di Indonesia, Toyota Mau Jual?

Isu Toyota Yaris Cross ke Filipina

Nah, dari informasi terbaru yang kami dapatkan, terlihat gerak gerik Toyota yang sebenarnya juga tertarik dengan segmen ini. FYI, segmen sub compact SUV di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN memang terlihat sebagai sweet spot. Bukan segmen yang paling laris, namun penjualannya terus bertumbuh. Sebagai gambaran, ada banyak model di segmen ini yang dipasarkan di ASEAN, termasuk di Indonesia. Mulai dari Honda HR-V, Hyundai Creta, KIA Seltos, Nissan Kicks, Mazda CX-3, hingga MG ZS. Tentunya, Toyota tidak diam saja melihat kondisi ini, apalagi mereka sebenarnya juga punya model global di segmen ini yaitu Toyota Yaris Cross.

baca juga : Yaris Cross Versi Gazoo Racing? Belum Kepikiran

Well, isu mengenai Toyota Yaris Cross yang akan dijual di ASEAN, termasuk Indonesia, memang sudah merebak. Yang terbaru, isu serupa juga muncul di Negeri Tetangga yaitu Filipina. Mengutip informasi via AutoIndustriya, Toyota Motor Philippines (TMP) kabarnya akan memboyong Toyota Yaris Cross ke Negeri Lumbung Padi tersebut di kuartal pertama tahun 2023 ini. Prediksinya adalah di bulan Februari atau Maret 2023. Tentunya ini menarik, karena momen tersebut sudah tidak terlalu lama lagi. Sedangkan isu mengenai kehadiran Toyota Yaris Cross di Indonesia yang berkembang adalah di penghujung tahun 2023 ini. Hadirnya Toyota Yaris Cross sebenarnya cukup masuk akal untuk mengisi segmen pasar sub-compact SUV. Namun, ada 1 hal yang cukup mengganjal kami.

baca juga : Toyota Yaris Cross Rilis Di Australia : Mulai Dari 280 Juta Rupiah!

Rakit di Jepang? Atau Rakit di ASEAN?

Toyota Yaris Cross yang diboyong merupakan unit produksi mana? Kalau mengacu pada data pabrik Toyota, hanya ada 2 pabrik yang memproduksi Toyota Yaris Cross. Pertama, di Iwate Jepang dan kedua di Onnaing Perancis. Opsi kedua jelas tidak masuk akal, sedangkan opsi pertama sebenarnya masih make sense. Namun, apakah Toyota Yaris Cross rakitan Jepang bisa bersaing secara harga? Apalagi rivalnya di segmen ini kebanyakan sudah diproduksi massal di ASEAN, kecuali KIA Seltos yang masih dirakit di India. Kami pun masih menduga bahwa sosok Toyota Yaris Cross yang akan dijual di ASEAN harusnya dirakit lokal di kawasan ini pula. Baik di Thailand, ataupun di Indonesia.

baca juga : Toyota Yaris Cross Dapatkan Varian TRD & Modellista di Jepang

Nah, berkaca pada informasi yang sempat beredar di akhir tahun 2022 silam, kami menduga sosok Toyota Yaris Cross yang dijual di ASEAN akan sedikit beda dengan versi global. Gambarannya, seperti sosok Toyota Yaris XP150 dan XP210 yang ada saat ini. Namanya sama, tapi beda model dan platform. Bisa jadi, Toyota Yaris Cross yang akan dipasarkan di ASEAN akan menggunakan basis dari platform DNGA-B yang juga digunakan Toyota Veloz, Toyota Avanza, dan Toyota Vios terbaru. Tapi, itu baru prediksi kami. Kita nikmati saja perkembangan informasinya. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: