Mazda CX-60 3.300cc Turbo Rilis di Australia, Indonesia Kebagian Juga?

by  in  Berita & International & Mazda
Mazda CX-60 3.300cc Turbo Rilis di Australia, Indonesia Kebagian Juga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini, bisa dikatakan baru sedikit generasi Mazda 7G yang sudah dipasarkan di Indonesia. Hanya Mazda3 Sedan dan Hatchback serta Mazda CX-30 saja. Nah, salah satu kandidat mobil generasi 7G berikutnya dari Mazda yang berpeluang masuk ke Indonesia adalah Mazda CX-60. SUV ini memang dikembangkan untuk pasar Asia dan Eropa. Dan kabar terbaru, Mazda CX-60 telah sampai di negeri tetangga, Australia. Uniknya, ada opsi mesin baru yang ditawarkan di sana.

Baca Juga :Mazda CX-60 Raih Bintang 5 di EURO NCAP, Nyaris Sempurna!

Mesin 3.300cc Turbo, Tapi kok….

Sesuai judul di atas, Mazda CX-60 versi Australia mendapatkan opsi mesin 3.300cc Skyactiv-G Turbo. Opsi mesin ini tentunya berbeda dengan versi Eropa yang sebelumnya menggunakan mesin Skyactiv-G 2.500cc dengan teknologi PHEV. Lantas, berapa figur tenaga dan torsi dari mobil ini? Lumayan besar. Mazda CX-60 3.3 Turbo menghasilkan luapan tenaga maksimal sebesar 284 PS pada rentang 5.000 hingga 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 450 Nm pada 2.000 hingga 3.500 rpm. Kalau kita lihat angka tenaga dan torsinya, memang bisa dikatakan tidak kecil. Hanya saja, untuk sebuah mesin 3.300cc Turbo, angka tersebut tidak terlalu istimewa.

Baca Juga : Produksi Mazda CX-60 Dimulai, Mazda Masuki Era Baru Dengan SUV RWD!

Honda Civic Type-R saja bisa menghasilkan tenaga di atas 300 PS menggunakan mesin 2.000cc turbo. Lantas, mengapa Mazda tidak memaksimalkan mesin tersebut? nampaknya memang ada sejumlah alasan mengapa mesin inline 6 silinder 3.300cc di Mazda CX-60 ini tenaganya tidak spektakuler. Kemungkinan besar tenaga Mazda CX-60 disunat karena faktor regulasi emisi. Dimana mesin tersebut tak dimaksimalkan peformanya untuk mengejar konsumsi BBM yang lebih efisien dan juga durability yang lebih lama. Dan sejauh ini, Mazda memang cukup konsisten dengan efisiensi dari mesin – mesin ICE-nya, walaupun memiliki kubikasi yang besar.

Baca Juga : Mazda CX-60 – PHEV Pertama Mazda Resmi Dirilis

Indonesia Bakal Kebagian?

Tim AutonetMagz juga sempat membuktikannya di mesin 2.500cc pada Mazda CX-5 dan Mazda6. Ngomong – ngomong Mazda CX-60, apakah pasar Indonesia akan kebagian SUV 7G ini? Dari selentingan yang kami dengar, kemungkinan besar hal tersebut akan terwujud dalam waktu dekat. Lantas, apakah Mazda CX-60 yang dipasarkan di Indonesia akan menggunakan mesin 3.300cc tersebut? Bisa saja, namun kami menduga mesin 2.500cc Skyactiv-G yang akan menjadi senjata utama Mazda CX-60 di Indonesia kelak. Yang jelas, Mazda memang cukup serius menggarap jajaran mobil 7G mereka, dan tentunya Indonesia sebagai salah satu pasar yang penting juga tak akan ketinggalan.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: