Nissan Terra : Stok Ludes, Tak Dijual Lagi?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Nissan Terra : Stok Ludes, Tak Dijual Lagi?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan sosok Nissan Terra? Mobil ini adalah penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport di segmen SUV ladder frame. Kehadiran Nissan Terra di segmen pasar ini bisa dikatakan sangat telat, bahkan lebih telat dibandingkan Isuzu MU-X dan Chevy Trailblazer di masanya. Sayangnya, walaupun paling terakhir muncul, Nissan nampak kurang memaksimalkan SUV ini. Alhasil, penjualannya bisa dikatakan kurang moncer, dan nyatanya, saat ini stok mobil ini sudah tak ada lagi di Indonesia.

Stok Habis dari 2020

Mobil yang diproduksi di Thailand ini sejatinya sudah tidak ada unitnya sejak bulan September 2020 silam. Malahan, di bulan Agustus 2020 hanya ada wholesales (pengiriman unit dari APM ke diler) sebanyak 19 unit dengan trim E Manual, alias trim terendah. Setelah itu, wholesales Nissan Terra mencatatkan angka kosong hingga akhir tahun. Kami pun sempat berkomunikasi dengan diler lokal Nissan di Surabaya, dan pihak diler pun mengamini hal tersebut (bahwa stok habis). Malahan, unit test drive Nissan Terra pun sudah dilepas ke pasar. Sepanjang tahun 2020 silam, Nissan Terra mencatatkan penjualan wholesales di angka 770 unit saja, dengan unit yang dominan adalah trim VL alias trim tertinggi.

Mobil ini sejatinya sudah mendapatkan versi update di pasar global dengan nama Nissan X-Terra. Sayangnya, ubahan di mobil ini masih belum semasif para rivalnya. Nampaknya, Nissan Indonesia masih ragu untuk memboyong mobil ini ke pasar Indonesia. Dikutip dari Detik, Head of Marketing-Communication Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon menyatakan bahwa pihaknya sudah menarik nama Nissan Terra dari situs resmi mereka. Beliau juga menyatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari mengenai kemungkinan Nissan Terra untuk kembali ke pasar Indonesia. Nampaknya, kepastian mengenai kehadiran Nissan Terra facelift di Indonesia bisa dilihat dari pasar Thailand.

Tergantung Pasar Thailand

Ada beberapa alasan mengapa kami menyatakan hal tersebut. Pertama, Nissan Terra yang dijual di Indonesia dahulu adalah unit rakitan Thailand. Maka, agak mustahil berharap Nissan Terra facelift hadir ke Indonesia kalau unitnya belum dirilis di Thailand. Dan faktanya, hingga detik ini, unit Nissan Terra yang dipasarkan di Thailand masih model yang kita kenal. Jadi, kita harus ekstra bersabar. Selain itu, pasar SUV ladder frame atau dikenal dengan PPV di Thailand juga sangat subur. Jadi, kalau pasar Thailand saja belum mendapatkan unit facelift, maka jangan berharap banyak unitnya akan menuju Indonesia.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: