Honda Civic Turbo Siap Pakai Girboks Kopling Ganda?

Honda Civic Turbo Siap Pakai Girboks Kopling Ganda?
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda Civic Turbo atau Civic generasi kesepuluh mendapat sanjungan sebagai kembalinya Honda ke cara membuat mobil yang benar, asik dan menggugah. Memang mobil bagus, tapi ia juga tak sempurna, di mana kombinasi mesin turbo dan CVT adalah hal yang sering disinggung. Meski tujuan dipakainya CVT adalah untuk efisiensi dan karakter CVT-nya lumayan bagus, CVT tetaplah CVT, rasanya tidak akan menyamai girboks torque converter atau kopling ganda.

Sepertinya Honda menanggapi serius soal ini. Pada Honda Meeting 2017, Honda menyiapkan sebuah prototipe Honda Civic yang dinamai “Dynamic Study”. Sosoknya memang Civic, tapi ada yang beda di jeroannya. Pada versi tes ini, girboks CVT minggat dan digantikan girboks kopling ganda 8 percepatan, lengkap dengan wet clutch dan torque converter. Yes, akhirnya dicoba juga Civic pakai girboks kopling ganda!

Honda Civic Prototype ini diberikan mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo standar, sementara girboksnya diklaim dari Acura CDX. Sayang, belum ada hasil tes resminya, namun media Jepang bernama Car Watch melaporkan kalau girboks ini ukurannya mirip girboks otomatis 5 percepatan biasa, dengan power delivery membaik 15% dan efisiensi membaik 8%. Bagus, namun biasanya girboks kopling ganda lebih berat daripada CVT dan torque converter biasa.

Selain girboks, ada lagi yang berubah namun tak kelihatan. Sasis Civic Turbo FC Prototype baru ini disetel ulang dari standarnya, yakni dengan penggantian lantai dan subframe belakang yang lebih rigid, supaya nilai bending stiffness-nya membaik 57%, serta torsional rigidity meningkat 25%. Tujuannya supaya sasinya lebih stabil dan responsif. Suspensi, setir dan rem pun turut diubah dari basis Honda Civic Turbo biasa.

Untuk ukuran prototype, ubahannya banyak juga kalau boleh jujur. Apa kami ingin melihat versi prototype ini mendapat lampu hijau setelah dites dan dijual segera? Ya, kami ingin. Meski belum pernah mencoba girboks kopling ganda Honda, kami harap ia tidak se-ngeden DCT-nya Ford EcoSport yang pakai kopling kering. Jika versi ini dijual, ia akan jadi lawan sempurna buat VW Golf dan Ford Focus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: