Duet Agya-Ayla 1.200 cc Bakal Hadir di IIMS 2017?

by  in Berita&Daihatsu&Mobil Baru
Duet Agya-Ayla 1.200 cc Bakal Hadir di IIMS 2017?
0  komentar

Autonetmagz.com – Per September 2017 nanti, mobil LCGC garapan Astra Toyota dan Daihatsu, yaitu Agya dan Ayla akan genap berusia empat tahun. Tentu berdasarkan usia tersebut, sudah cukup rasanya kita menikmati generasi duo LCGC yang ada sekarang, alias waktunya facelift. Dan gayung bersambut, ternyata pihak Astra tengah mempersiapkan perubahan pada sang city car. Dan perubahan tersebut disinlayir pada sektor mesin.

Dalam persaingan di skema LCGC, memang Agya dan Ayla memiliki mesin yang lebih kecil, yaitu 998cc bersanding dengan Karimun Wagon R. Sisanya menggunakan mesin dengan kubikasi 1,2 liter seperti saudara dekat mereka Calya dan Sigra, lalu rival macam Datsun Go Panca dan Go+ Panca, serta Honda Brio Satya. Tentunya Agya dan Ayla bisa dong memakai mesin setara Calya dan Sigra yang berkode 3NR-VE berkapasitas 1.200cc Dual VVT-i dengan daya maksimum 88 PS pada 6.000 rpm, sementara torsi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Grup Astra sendiri mengamini peningkatan kubikasi mesin ke 1200cc. Mengutip dari laman Otomotif Kompas.com, Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan bahwa tahun ini akan ada perubahan pada duet LCGC mereka tersebut. Pengenalan ke publik sendiri diperkirakan akan memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show yang dihelat pada bulan april mendatang.

Dan jika menilik kalimat Bapak Sudirman Maman Rusdi, versi yang akan dibawa sebatas unit perkenalan saja, belum merupakan unit yang bisa diboyong ke rumah. Nah, jika memang Agya dan Ayla akan segera menggendong mesin baru, bagaimana nasib dan eksistensi dari mesin 998cc tiga silindernya yang sudah beredar saat ini? Tenang, jika anda termasuk yang masih menyukai versi mesin 998cc-nya, anda masih bisa mendapatkannya bahkan setelah ada penambahan mesin 1.200cc pada Agya dan Ayla. Jadi kedua mesin ini akan dipasarkan bersamaan guna memberikan pilihan lebih bagi para konsumen, seperti yang dikatakan Bapak Sudirman.

Nah, dengan penambahan kubikasi sebesar 200cc ini, tentu juga berpengaruh pada harga dong, naik? pasti, namun perlu dinantikan berapa selisihnya dengan versi 998cc yang sudah ada duluan. Dan konsekuensinya tentu tenaga akan meningkat dong, mungkin tenaga mesin yang sebelumnya kurang terasa menggigit di Calya dan Sigra, akan lebih menemukan peformanya di Agya dan Ayla yang notabene lebih enteng. Jika anda sedang memikirkan akan mengambil salah satu unit dari duet LCGC ini, coba tunggu dan pikir kembali, mungkin tawaran mesin 1200cc-nya lebih menarik bagi anda, namun tentu anda perlu sedikit bersabar hingga unitnya bisa dibeli. Sampaikan komentar anda ya.

Read Prev:
Read Next: