First Ride Yamaha E01 2022, Ini Baru Motor Listrik!

by  in  Berita & Hi-Tech & Nasional
First Ride Yamaha E01 2022, Ini Baru Motor Listrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah diperkenalkan dalam gelaran IIMS 2022, akhirnya kami dapat merasakan langsung motor listrik Yamaha E01 pada Selasa (25/10) lalu dalam acara media test ride. Digelar di Pelangi Park, Sentul, Bogor, Yamaha E01 pun kami bawa mengitari jalan perbukitan yang berkelok-kelok dan menanjak. Simak impresi kami berkendara dengan motor listrik Maxi Yamaha E01.

Gambaran Motor Maxi Yamaha Di Masa Depan

Pertama kali menduduki motor listrik Maxi Yamaha, ergonomi segitiga riding Yamaha E01 terasa persis dengan Yamaha NMax. Mulai dari posisi dan lebar stang, jok empuk, serta dek kaki ala Maxi membuat posisi riding motor listrik Yamaha E01 terasa sangat rileks dan santai, ala motor berjenis cruiser. Terlebih tinggi kursinya hanya 755 mm, test rider kami yang tingginya 167 cm pun dapat menapak sempurna.

Jika dibandingkan dengan NMax yang memiliki berat isi 132 kg, Yamaha E01 ini memiliki berat 158 kg. Namun menggerakan motor listrik Yamaha tersebut dalam keadaan diam pun tidak terasa sulit, bahkan perbedaan 26 kg tidak terasa signifikan. Mungkin ini berkat penempatan baterai 4,9 kWh yang diapit oleh kaki sehingga center of gravity-nya berpusat di tengah bawah, hingga kapasitas bagasi 23 L pun tidak terganggu.

Menyalakan Yamaha E01 ini terasa seperti deja vu berkat kunci keyless dan rumah kuncinya yang persis layaknya all new Yamaha NMax. Ketika dinyalakan, instrumen panel pada Yamaha E01 ini selayaknya motor Maxi Yamaha dengan tampilan LCD digital yang inverted. Namun panel instrumen E01 ini jauh lebih informatif berkat statusnya sebagai motor listrik dan telah disematkan Y-Connect generasi terbaru dengan built-in GPS.

Rasa Berkendara Selayaknya Motor Konvensional

Kesan pertama kami berkendara dengan motor listrik ala Maxi Yamaha ini adalah bukaan gas-nya yang tidak mengagetkan, bisa diurut layaknya motor konvensional. Tenaga maksimal sebesar 10,8 hp dengan torsi 30,2 Nm tidak serta merta langsung keluar secara mendadak. Ini membuat rasa berkendara Yamaha E01 bisa dibuat nyaman, namun ketika dibutuhkan gaya berkendara agresif tetap dapat diandalkan.

Mode berkendara yang terdiri dari Eco, Standard, dan Power pun menentukan output dari motor listrik Yamaha E01 ini. Tenaga maksimal yang telah disebutkan di atas tersedia dalam mode Power, sementara mode Standard torsinya turun menjadi 24,5 Nm, dan mode Eco yang paling hemat daya membatasi keluaran tenaga hanya sebesar 7,2 hp dengan torsi 21,4 Nm.

Soal bantingan suspensinya pun persis selayaknya motor Maxi dari Yamaha, empuk namun rebound yang cepat membuat handling Yamaha E01 jadi presisi dan stabil. Sektor pengereman juga tidak terasa jauh berbeda dengan motor konvensional, terlebih sudah dual disc brake, dual channel ABS, traction control, ditambah hadirnya regenrative braking yang jujur masih agak sulit untuk dirasakan.

Ini Baru Motor Listrik, Bukan “Sepeda” Listrik

Kesimpulannya motor listrik dari Yamaha ini memiliki riding quality yang sangat solid serta nyaman selayakanya motor konvensional, jadi beradaptasi dengan Yamaha E01 hanya butuh waktu yang amat singkat. Terlebih dengan kecepatan maksimal 100 km/h dan jarak tempuh maksimal 104 km (konstan 60 km/h), Yamaha E01 terasa cocok menjadi pengganti motor Maxi Yamaha harianmu.

Walau sayang mode pengecasan portable-nya masih kurang cepat, dari 0-100% butuh waktu sekitar 14 jam dengan arus 4,7 A. Namun pihak Yamaha sudah memikirkan hal tersebut dengan menyediakan stasiun pengecasan mode Normal dengan arus 6 A yang membuat durasi pengecasan 0-100% hanya butuh 5 jam saja.

Masih terasa kurang cepat? Kedepannya ada stasiun fast charging dengan arus 130 A yang mampu mengisi daya motor listrik Yamaha E01 dari 0-90% hanya dalam 1 jam saja. Overall Yamaha E01 adalah bukti nyata perbedaan motor listrik buatan pabrikan motor dengan pabrikan gadget/teknologi. Rasa berkendara persis selayaknya motor, bukan sepeda yang diberikan motor listrik.

Untuk review lengkap mengenai luas kompartemen penyimpanan, isi instrumen panel, dan tes menanjak, nantikan review motor listrik Yamaha E01 di channel YouTube kami.

Read Prev:
Read Next: