Bingung Memilih Helm yang Tepat? Simak Tips dari Yamaha STSJ Berikut Ini!

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Bingung Memilih Helm yang Tepat? Simak Tips dari Yamaha STSJ Berikut Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Helm merupakan salah satu perlengkapan yang penting dalam berkendara. Peranannya sendiri cukup krusial, karena helm melindungi kepala dari benturan keras bila amit-amitnya terjadi kecelakaan. Tidak hanya itu saja, helm juga merupakan bagian dari lifestyle dan fashion yang bagi sebagian orang merasa kurang dengan desain bawaan dari helm standar. Namun, jenis desain itulah yang perlu dicermati agar penggunaan helm memberikan rasa aman dan nyaman.

Harus Berstandar SNI

Pengendara juga perlu memperhatikan kualitas helm yang hendak digunakan agar sesuai dengan standar yang telah diterapkan di Indonesia. Kriteria paling mendasar adalah gunakan helm yang sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Selain itu, periksa juga kualitas dari tali pengikat pada helm. Hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa helm telah terpasang dengan kuat dan nyaman. Sehingga tidak mengganggu keitka anda berkendara.

Tidak harus mahal dalam memilih helm, yang penting sudah memenuhi standar sesuai dengan anjuran dari pemerintah yaitu SNI. Saat ini juga tidak sulit untuk mencari helm yang sesuai dengan standarnya, bisa ditemui di toko online maupun offline. Pilihannya juga beragam, jadi sudah tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak mengenakan helm ketika berkendara,” ungkap William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Pastikan Nyaman

Hal yang harus diperhatikan adalah sesuaikan helm dengan bentuk kepala dan style pengendara. Pastikan lingkar dalam helm lebih dari 1 cm agar penggunaan lebih nyaman. Ukuran helm yang terlalu sempit tentunya tidak nyaman ketika dikenakan, begitu juga jika terlalu besar yang berpotensi ‘terbang’ ketika dikenakan. Hal itu juga dapat berpengaruh pada fokus pengendara selama dijalan raya. Pastikan agar helm yang dipilih nyaman ketiga digunakan dan sirkulasi udara tetap terjaga. 

Pilihlah helm yang bisa melindungi seluruh kepala pengendara. Bagi pengendara dengan hobi touring jarak jauh, penggunaan helm full face menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi selama berada dijalan. Selain itu, pengendara juga bisa mempertimbangkan penggunaan helm half face apabila digunakan untuk sehari-hari. Untuk menjaga penglihatan selama berkendara, pilihlah yang berkaca bening untuk. Bisa juga yang menggunakan double visor untuk menghalau sinar matahari.

Read Prev:
Read Next: