Curah Hujan Tinggi, Yamaha Bagikan Tips Berkendara Aman

by  in  Tips & Yamaha
Curah Hujan Tinggi, Yamaha Bagikan Tips Berkendara Aman
0  komentar

AutonetMagz.com – Cuaca pada akhir tahun identik dengan curah hujan yang tinggi, hingga mobilitas para pengguna mobil maupun motor seringkali terhambat. Banyak permasalahan yang ditemui saat berkendara di tengah hujan terutama untuk para pengguna motor yang tidak terlindungi. Untuk itu Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah membagikan tips berkendara aman melewati hujan.

6 Tips Dari Yamaha Hadapi Hujan Dadakan

Tentunya beragam faktor yang bisa menyebabkan hal yang tak diinginkan terjadi di jalan ketika hujan sangat banyak. Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan lagi mengingat kondisi jalan yang licin, visual yang terganggu karena air hujan, lubang jalanan yang tak terlihat, aqua-planning, serta faktor lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan oleh pengguna sepeda motor sebagai berikut :

  1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana).
    • Hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain
  2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor.
    • Kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.
  3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain.
    • Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.
  4. Gunakan kecepatan yang aman.
    • Hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.
  5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman.
    • Penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.
  6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

Jangan Lupa, Cek Juga Kondisi Motor Secara Berkala

Tentunya selain beberapa tips di atas, jangan lupa untuk mengecek kondisi motor kalian agar bisa menghadapi hujan secara prima. Kondisi kesehatan motor bisa dicek mulai dari sektor mesin, tapak ban yang masih ber-alur, sistem pengereman, kelayakan foot deck/step, hingga sistem kelistrikan seperti aki hingga soket listrik yang sudah tersedia di berbagai motor matic masa kini.

Lalu pastikan kalian tetap rutin melakukan servis motor kesayangan di bengkel resmi Yamaha guna menjaga performa kendaraan tetap aman dan nyaman selama berkendara dalam kondisi apapun. Jadi sebelum memulai aktifitas saat weekday, baiknya waktu weekend dimanfaatkan untuk memanjakan motor Yamaha kalian.

Motor sudah sehat, badan juga mesti prima agar bisa menghadapi perubahan cuaca yang mendadak seperti sekarang ini. Maka dari itu kami sarankan untuk menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang banyak serta meminum suplemen untuk proteksi imun tambahan. Stay safe para rider pejuang cuan!

Read Prev:
Read Next: