Antisipasi 7 Mobil Ini Saat GIIAS 2021! (Part 1)

Antisipasi 7 Mobil Ini Saat GIIAS 2021! (Part 1)
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya salah satu pameran akbar untuk para pecinta kendaraan bermotor di Indonesia dihelat kembali minggu ini! Setelah vakum selama setahun penuh pada 2020 lalu, 11 – 21 November 2021 menjadi tanggal resmi pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pasca gelombang kedua pandemi COVID-19. Tentunya event yang terdiri dari ratusan tenant ini juga siap menumpaskan rasa kangen kalian akan pameran berbau otomotif, termasuk 20 manufaktur mobil yang hadir dalam GIIAS 2021. Namun di antara 20 manufaktur tersebut ada tujuh mobil yang patut diantisipasi oleh kalian para pengunjung GIIAS, mobil apa sajakah itu?

1. Mitsubishi Xpander MY2021

Pertengahan Oktober lalu jagat media sosial dihebohkan oleh kehadiran sosok LMPV yang hadir dengan rupa ‘facelift‘. Tak lain dan tak bukan adalah LMPV Mitsubishi Xpandermodel year (MY) 2021 dengan berbagai ubahan eksterior yang tertangkap kamera smartphone sedang melakukan syuting iklan. Ubahan yang paling mencolok dari Xpander facelift ini ada pada bagian fascia depan, velg dual-tone, detail LED taillights, serta bemper belakang yang semuanya memiliki bentuk baru. Lalu pada bagian interior, rupa dasbor ternyata mengalami perombakan yang signifikan. Terlebih kini Xpander sudah dilengkap berbagai fitur baru seperti electric parking brake lengkap dengan auto hold. Mesin 4A91-nya juga kini dikawinkan dengan transmisi CVT agar perpindahan gigi jadi lebih halus. Namun apakah ubahan pada Mitsubishi Xpander kali ini bisa menahan gempuran dari sang rival yang memasuki generasi terbaru?

2. Honda ZR-V Concept (Honda N5X)

Banyaknya kontender subcompact crossover di Indonesia dari mulai Kia Sonet, Nissan Magnite, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Renault Kiger, sepertinya membuat Honda ikut terpancing untuk meramaikan segmen ini. Pasalnya setelah resmi merilis Honda BR-V (DG3), Civic (FE) RS dan City (GN), di akhir perilisan PT Honda Prospect Motor (HPM) selalu menghadirkan siluet sebuah mobil dengan detail lekukan eksterior bodi serta LED DRL. Berdasarkan pernyataan Public Relations & Digital Manager PT HPM, Yulian Karfili, mobil ini akan berstatus world premiere saat diluncurkan dalam GIIAS nanti. Apakah ini adalah bentuk konsep dari Honda ZR-V yang namanya telah didaftarkan sejak tahun lalu pada Organisasi Properti Intelektual Dunia (WIPO)? Apakah nama konsepnya Honda N5X mengikuti nomenklatur dari N7X? Lalu mesin apa yang akan dipakai di ZR-V ini, mesin 1.5 L n/a atau malah 1.0 L turbo? Semua akan terjawab pada gelaran GIIAS 2021.

3. All New Isuzu MU-X 2021

Akhirnya all new Isuzu MU-X akan menyambangi Indonesia pada GIIAS 2021 nanti. MU-X generasi kedua ini terlihat segar dengan rupa eksterior yang lebih dinamis karena semakin memudarnya garis desain kaku. Interior yang lebih mewah dengan kombinasi hitam dan coklat hingga beragam fitur yang sanggup menyaingi rivalnya seperti adaptive cruise control dan pedal missaplication mitigation, membuat mobil ini layak diantisipasi. Namun apakah semua fitur serta kemewahannya akan diboyong semua untuk pasar Indonesia? Satu hal yang pasti, mengacu pada motif camo mobil tes Isuzu MU-X yang terlihat di jalanan Indonesia, mesin BluePower 1.9 L turbo intercooled diesel (RZ4E-TC) dengan output 150 hp dan torsi 350 Nm akan menggantikan mesin diesel 2.5 L yang lama. Impresif untuk sebuah mesin diesel berkubikasi di bawah 2.000 cc.

4. All New Isuzu D-Max (RG) 2020

Selain Isuzu MU-X generasi kedua, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga akan memboyong Isuzu D-Max (RG) 2020 untuk hadir meramaikan gelaran GIIAS 2021. Walaupun memiliki bentuk grille hexagonal layaknya MU-X, kini D-Max memiliki desain eksterior keseluruhan yang lebih terkesan tangguh. Soal interiornya, di Thailand sendiri Isuzu D-Max hadir dengan kombinasi warna hitam serta mocca, dan dilengkapi beragam fitur seperti Android Auto dan Apple CarPlay. D-Max generasi ketiga ini juga hadir dengan beragam fitur Advanced Driver Assist System (ADAS) seperti forward collision warning, autonomous emergency braking, pedal missapliaction mitigation, hingga stop n go adaptive cruise control. Soal mesin sayang pihak PT IAMI belum membocorkan keterangan lebih lanjut, namun di Thailand sendiri terdapat pilihan mesin yang sama dengan MU-X yaitu BluePower 1.9 L turbo intercooled diesel.

5. Hyundai Creta (SU2) MY2021

Hati-hati teruntuk Honda HR-V, Kia Seltos, dan Mazda CX-3, karena pada gelaran GIIAS 2021 Hyundai Creta akan resmi mengaspal di Indonesia. Berada dalam segmen subcompact SUV, facelift Creta generasi kedua ini menghadirkan fascia depan ala all new Hyundai Tucson dan Hyundai Santa Cruz, namun tetap mempertahankan garis desain bodi samping maupun bentuk lampu belakang pre-facelift. Hadir membawa fitur mumpuni seperti panoramic sunroof, panel instrumen 10.25-inch full TFT, BOSE premium sound system, serta konektivitas aplikasi Hyundai Blue link untuk fitur remote engine start, cek kondisi mobil, hingga mencari lokasi mobil. Sayang perihal detail mesin serta interiornya baru akan dibeberkan saat peluncurannya nanti di GIIAS, namun yang pasti Creta MY2021 akan hadir dengan cat bodi dual-tone.

6. All New Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia 2022

Elephant in the room, setelah sepuluh tahun generasi keduanya malang melintang di jalanan Indonesia hingga melalui berbagai facelift di sana sini, generasi ketiga dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan hadir dalam GIIAS 2021. Sebagai generasi baru, LMPV favorit ini siap menampakan diri dengan ubahan total baik dari segi desain, fitur, hingga drivetrain. Pada pertengahan Oktober lalu media sosial juga sempat ramai dengan bocornya detail dari all new Toyota Veloz 2022. Selain desainnya yang benar-benar baru, all new Veloz juga dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS), electric park brake dengan brake hold, dan roof monitor. Terlebih dengan mengacu pada bocoran seminggu sebelum diresmikan, kini kasta duo Xenia Avanza semakin jelas berada di bawah Veloz. Namun walau rem belakang sudah cakram, baik all new Toyota Avanza, Toyota Veloz, juga Daihatsu Xenia 2022 dirumorkan tidak lagi berpenggerak roda belakang.

7. Toyota Fortuner (1GD-FTV) 2021

Mobil idaman mertua dan juga para penggemar cumi-cumi balap, Toyota Fortuner, ikut hadir di GIIAS 2021 dengan jantung yang lebih bertenaga. Yup, Toyota Fortuner 2021 bermesin diesel 2.8 L turbo (1GD-FTV) dengan output 204 hp dan torsi hingga 500 Nm akan segera mengaspal di Indonesia berdasarkan data NJKB Permendagri No. 40 2021. Tentunya tenaga mesin tersebut jadi lebih buas dibandingkan dengan sang rival, Mitsubishi Pajero Sport, dengan mesin diesel 2.4 L turbo yang memiliki output sebesar 181 hp dan torsi 430 Nm. Sayang perihal detail desain serta fitur belum ada update kembali. Apakah versi Indonesia akan mirip dengan Fortuner Legender yang ada di Thailand? Kita nantikan saja kemunculannya.

Siap Hadiri GIIAS 2021 Dengan Prokes Ketat

Itulah tujuh mobil yang patut diantisipasi dalam gelaran GIIAS 2021 yang akan dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. Tentunya selain tujuh mobil tersebut, masih banyak kendaraan lain yang patut diantisipasi dalam pameran otomotif bertaraf internasional yang pastinya sudah masuk ke dalam agenda OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) ini. Jadi, kendaraan apa yang ingin kalian lihat dalam pameran GIIAS 2021 ini sekaligus melepas rasa rindu terhadap pameran otomotif offline? Tapi ingat, tetap patuhi peraturan serta protokol kesehatan yang telah diterapkan penyelenggara ya.

Read Prev:
Read Next: