All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower Diesel Diuji Jalan di Indonesia!

by  in Berita&Isuzu&Merek Mobil
All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower Diesel Diuji Jalan di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar SUV Ladder frame di Indonesia memang cukup menggiurkan, apalagi karena kondisi geografis dan jalanan di Tanah Air yang cocok untuk mobil semacam itu. Alhasil, banyak brand mencoba peruntungan di segmen ini, dan nyatanya hanya 2 pabrikan yang menuai hasil manis. Yap, Mitsubishi dan Toyota. Padahal, dahulu sempat ada Ford, Chevrolet, Nissan, dan Isuzu yang menjual produk di segmen tersebut. Malahan, brand terakhir yang kami sebutkan masih menjual MU-X di segmen ini. Namun, MU-X yang dipasarkan di Indonesia masih versi lawas. Lalu, kapan versi terbaru dari Isuzu MU-X masuk ke Indonesia? Nampaknya dalam waktu dekat ini.

Dipastikan Pakai Mesin 1.900cc BluePower Diesel

Baru – baru ini, kami mendapatkan sebuah video spyshot All New Isuzu MU-X sedang diuji jalan di salah satu jalan tol di Indonesia. Dalam video yang dikirimkan oleh akun instagram @jiihhass tersebut terlihat sosok SUV bongsor yang 100% merupakan All New Isuzu MU-X. Mengapa kami yakin 100%? Mudah saja, karena lampu belakang dan lampu depan mobil tersebut tidak ditutup sama sekali. Dan kedua komponen tersebut sangat identik dengan All New Isuzu MU-X. Belum selesai sampai disana kejutannya, karena di sisi samping dari mobil berkamuflase tersebut terdapat tulisan 1.9 dengan ukuran yang sangat besar. Yap, kami agak bingung mengapa pihak Isuzu memberi tulisan tersebut dengan sangat gamblang. Mungkin memang supaya mobil ini dapat perhatian dari publik di Indonesia. Btw, bagi kalian yang mungkin tidak terlalu mengikuti perkembangan Isuzu, angka 1.9 sendiri merujuk pada mesin 1.900cc BluePower Diesel yang sangat dibanggakan oleh pabrikan asal Jepang ini. Mesin tersebut merupakan salah satu mesin modern milik Isuzu yang yang hadir untuk menggantikan mesin 2.500cc 4JK1-TCX yang digunakan oleh IsuzuMU-X di Indonesia sekarang.

FYI, mesin RZ4E-TC sendiri pertama kali digunakan di Isuzu D-Max, dan diturunkan ke Isuzu MU-X. Mesin ini memiliki kubikasi 1.898cc direct injection turbo intercooled diesel dengan keluaran tenaga maksimal 150 hp pada 3.600 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada rentang 1.800 hongga 2.600 rpm. Bukang angka yang wah memang, apalagi kalau kita bandingkan dengan mesin milik Mitsubishi Pajero Sport ataupun Hyundai Santa Fe Diesel. Namun, setidaknya figur tenaganya naik 16 hp dan juga 30 Nm dibandingkan mesin 2.500cc lawasnya. Oiya, garis bawahi juga fakta bahwa tenaga dan torsi tersebut dihasilkan oleh mesin dengan kubikasi di bawah 2.000cc. Bisa jadi, kalau kubikasinya naik menjadi 2.200cc atau 2.500cc, maka tenaganya akan lebih gahar. Lalu, mengapa Isuzu hanya memberi mesin RZ4E-TC 1.900cc saja? Efisiensi. Alasan itulah yang memang dikejar oleh Isuzu, karena nyatanya mesin ini lebih efisien 19% dibandingkan versi 2.500cc lawas, namun dengan tenaga dan torsi yang lebih besar. Menarik kan?

Kapan Diluncurkan?

Berhubung All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower sudah diuji jalan, maka kita bisa berharap versi produksinya akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Kami belum terlalu yakin mobil ini akan dirilis di GIIAS 2021, namun setidaknya tak lama lagi. All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower Diesel sendiri pertama kali diluncurkan akhir tahun 2020 silam di Thailand. All New Isuzu MU-X dibangun dengan platform baru yang sebelumnya juga digunakan oleh Isuzu D-Max, dan kemudian digunakan juga oleh Mazda BT-50 versi terbaru. Mobil ini kini dirakit di pabrik Isuzu di Samut Prakan, Thailand. Artinya, All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower versi Indonesia juga akan didatangkan secara CBU dari sana. Selain All New Isuzu MU-X 1.9 BluePower, sebenarnya All New Isuzu MU-X juga punya varian bermesin 3.000cc Ddi VGS bertenaga 190 PS dan torsi 450 Nm. Namun nampaknya varian 1.900cc lebih menarik konsumen Indonesia. Oiya, transmisi yang ditawarkan adalah 6 percepatan, baik otomatis maupun manual.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: