Ini Dia Sosok All New Toyota Avanza 2022!

Ini Dia Sosok All New Toyota Avanza 2022!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setiap kali Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia baru berbenah, semua orang akan selalu mencari tahu apa saja perubahannya. Perubahan besar terakhir keduanya terjadi tahun 2019 di mana keduanya memakai muka baru yang mirip Toyota Voxy. Pada tahun 2021 ini pun Toyota Veloz, varian lain Avanza mendapat trim khusus bernama Toyota Veloz GR Limited, dan konon itu merupakan penghabisan unit sebelum Avanza dan Xenia baru keluar.

Sempat muncul rumor bahwa Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru akan berubah jadi FWD, tapi kini sosok aslinya sudah bocor ke publik. Sebuah Toyota Veloz berwarna hitam nampak sedang duduk manis di dalam diler Toyota dan menampilkan perubahan luar-dalam. Kesan awal terlihat sangat berbeda dari apa yang sudah beredar selama ini, jadi ayo kita teliti lebih dalam apa saja ubahan Toyota Veloz 2022 ini.

Muka Toyota Veloz Baru Jauh Lebih Dramatis

Sebagai mobil keluarga sejuta umat, Toyota Veloz generasi terbaru ini bisa dibilang punya muka yang galak. Gril depannya kini besar dan lebar, mirip Toyota RAV4 dan ditemani lampu depan LED yang juga lebih dominan. Lampu kabutnya kini diimbuhi hiasan chrome. Varian yang dipajang ini kemungkinan adalah varian Toyota Veloz Q TSS alias pakai Toyota Safety Sense, terlihat dari emblem “Q” di pintu bagasi dan adanya sensor di balik spion tengah.

Pada bagian samping kita bisa melihat model pelek baru yang lebih besar, mungkin sekitar 17 inci. Perubahan besar lainnya ada pada rem belakangnya, sebelumnya rem tromol kini jadi rem cakram. Kegemaran Toyota dalam memakai chrome pun berlanjut, terlihat dari lis chrome yang panjang dari kap mesin sampai pilar D mobil. Fender Toyota Veloz baru ini pun punya aksen pahatan di sekelilingnya tanpa cladding plastik hitam, seperti pahatan fender Hyundai Palisade.

Bagian belakang All New Toyota Veloz 2022 ini juga mengalami kemajuan desain yang jauh untuk sebuah mobil keluarga. Lampu remnya kini terhubung membentuk sebuah garis merah yang lebar, mungkin sudah LED juga. Tulisan “VELOZ” pun terpampang jelas di dekat dudukan plat nomor, menggunakan font yang mirip dengan Toyota Corolla Cross. Ada wiper belakang berikut defogger, dan atapnya sudah dihiasi roof rail.

Interior Toyota Veloz 2022 Berubah Total

Selama hampir 10 tahun, baru kali ini kami melihat transformasi besar-besaran di mobil keluarga sejuta umat macam Toyota Veloz baru ini. Bagian dalamnya kini memakai desain setir yang agak ke-Fortuner-Fortuner-an. Bagian tengah dashboard Toyota Veloz ini pun jadi sedikit lebih landai daripada sebelumnya, lengkap dengan head unit OEM Toyota, kisi AC baru, putar-putaran untuk AC digital dan tuas transmisi baru di konsol tengahnya. Pakai CVT? Bisa saja…

Oh ya, lihat ada 2 tombol baru di dekat tuas transmisinya? Nampaknya kini Toyota Veloz 2022 sudah dilengkapi dengan rem parkir elektronik dan brake hold, sebuah perkembangan yang menarik untuk seekor mobil keluarga Daihatsu… Eh, Toyota. Bahan interior pun baru, lengkap dengan emblem “VELOZ” di bagian kiri dashboard dan setirnya kini lebih penuh dengan tombol-tombol untuk kepuasan jempol supir.

Berlanjut ke jok baris kedua, kita dapat roof monitor untuk hiburan penumpang tengah dan jok yang terpisah 60:40, bisa digeser maju-mundur dan diatur rebah-tegaknya. Model blower AC belakang mirip duet LCGC Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, dan kini kantong joknya lebih banyak, plus ada satu kantong kecil di balik jok depan yang pas untuk menyimpan HP. Tunggu update lebih banyak soal Toyota Avanza baru di sini ya!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio