Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross 2021 Resmi Dirilis!

by  in Mitsubishi&Mobil Baru
Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross 2021 Resmi Dirilis!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan di awal maupun pertengahan tahun, justru segmen low multi-purpose vehicle (LMPV) kembali memanas seakan menjadi kudapan terakhir untuk menutup 2021. Adapun yang membuat segmen ini kembali memanas berasal dari duo Toyota serta Daihatsu yang akan mengeluarkan Toyota Avanza, Toyota Veloz, serta Daihatsu Xenia generasi terbaru. Menghadapi hal tersebut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) tak bisa tinggal diam, maka pada Senin (08/11) ini Mitsubishi Xpander model year (MY) 2021 dan Mitsubishi Xpander Cross 2021 secara resmi diluncurkan. Xpander kali ini bukan hanya sekadar facelift, namun dari sisi interior hingga ruang mesin pun turut mengalami rombakan. Apa saja rombakan tersebut?

Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross 2021, Agresif Nan Elegan

Dibandingkan dengan facelift pertamanya, ubahan pada Mitsubishi Xpander kali ini bisa dibilang cukup banyak dan juga signifikan. Pertama dari segi eksterior, ubahan pada fascia depan meliputi bentuk dynamic shield yang lebih kalem dan simpel. Perlampuan di bagian depan sudah full LED pada DRL dan headlights yang berbentuk T tiduran, terkecuali foglamp yang masih halogen. Pada bagian samping, velgnya sudah berukuran 17-inci dengan desain dual-tone yang baru. Kini ground clearance Xpander juga naik 15 mm menjadi 220 mm membuat LMPV ini jadi yang paling tinggi soal ground clearance di kelasnya. Bisa jadi andalan kala banjir ringan melanda nih.

Lalu pada bagian buritan, bentuk T tidur juga diaplikasikan pada detail LED lampu belakang. Garis bodi dengan lekuk tajam juga semakin ditonjolkan pada bagian buritan, terlebih tidak ada aksen knalpot palsu, kudos! Masuk ke dalam interior, kita disambut dengan desain dasbor yang terlihat lebih monoton namun terkesan rugged berkat tarikan garis yang ‘mengotak’. Ubahan signifikan juga terjadi pada desain stir dan kini bahan soft touch berupa kulit beige dengan jahitan asli serta aksen kayu turut menghiasi bagian dasbor dan juga door trim. Untuk Xpander Cross baru yang juga dirilis berbarengan, segi eksterior memang minim ubahan namun dari segi interiornya jadi persis dengan Xpander facelift. Perbedaannya hanya ada pada head unit 9-inci, kombinasi warna hitam-navy blue, serta bahan holstery kursi.

Update Sektor Fitur Dan Transmisi

Soal fitur, Xpander akhirnya dilengkapi dengan head unit berukuran 8-inci, pengaturan ac full digital, electric park brake dengan auto hold, idling start stop, charging slot tipe-A dan tipe-C di kursi baris kedua, dan akhirnya ada speed sensing door lock. Masuk ke sektor dapur pacunya, mesin dari Xpander 2021 ini masih tetap menggunakan mesin 1.5 L inline-4 berkode 4A91. Namun kini transmisinya sudah memakai CVT, artinya pergantian gigi bisa lebih halus walau tentu mengorbankan sektor performa. Transmisi serta fitur yang telah disebutkan juga hadir pada Mitsubishi Xpander Cross 2021.

Interior Xpander

Overall soal desain eksterior dari Xpander facelift, bagian depan jadi lebih ramai dan kompleks walau hanya di sisi samping saja. Kontras dengan bagian belakang yang lebih kalem tapi justru tetap menonjolkan sisi agresif lewat garis bodi tajam yang dipertegas. Kalau Xpander Cross 2021? Ya luarnya sama dengan Xpander Cross Black Edition, hanya wheelarches cladding saja yang lebih polos. Lalu di bagian interior, Mitsubishi berhasil menunjukkan bahwa desain dasbor yang rugged namun monoton masih bisa dibuat elegan dengan kombinasi soft touch, aksen kayu, serta permainan kombinasi warna yang menarik.

Jadi untuk segmen LMPV, Xpander 2021 mengalami rombakan yang sangat signifikan seperti siap untuk menghadapi gempuran Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Toyota Veloz. Namun saudaranya yang berada pada segmen LSUV yaitu Xpander Cross, juga tak ketinggalan mengalami update walau hanya sekadar interior serta fitur saja. Untuk harganya sendiri akan diumumkan nanti saat gelaran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021. Apakah bisa menandingi Toyota Avanza, Toyota Veloz, dan Daihatsu Xenia generasi terbaru? Berikan komentarmu pada kolom di bawah dan cek galeri untuk melihat detail dari Xpander terbaru.

Read Prev:
Read Next: