Test Drive All New Toyota Avanza : Beda Dengan Veloz, Jauh Lebih Lincah!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Test Drive All New Toyota Avanza : Beda Dengan Veloz, Jauh Lebih Lincah!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, kami sudah membahas bagaimana impresi berkendara All New Toyota Veloz yang mana sejatinya sudah sangat berubah kalau dibandingkan dengan versi terdahulu. All New Toyota Veloz jadi jauh lebih nyaman, lebih lega, dan juga lebih asyik dikendarai daripada model terdahulu yang rasanya hanya sekedar mobil ‘pengangkut orang’ semata. Lantas, bagaimana dengan All New Toyota Avanza? Apakah impresi berkendaranya sama saja? Kalau kalian menganggap impresinya sama saja, maka kami pun sama. Tapi, ternyata ada perbedaan yang cukup terasa saat kami mengendarai All New Toyota Avanza. Apa bedanya? Mari kita kupas lebih dalam.

Avanza Lebih Enteng, Asyique Diajak Manuver

Awalnya, kami berpikir bahwa impresi berkendara All New Toyota Avanza dan Veloz akan sama saja, toh basisnya sama. Namun ternyata kami harus menjilat ludah sendiri karena nyatanya ada perbedaan yang sangat terasa di impresi berkendara maupun kenyamanannya. Saat kami berada di balik kemudi All New Toyota Avanza, kami merasakan mobil ini jadi jauh lebih mudah untuk diajak bermanuver. Kalau dibandingkan All New Toyota Veloz, sosok All New Toyota Avanza memang jadi jauh lebih ringan. Dengan setup suspensi yang sama, dan mesin serupa, alhasil All New Toyota Avanza jadi jauh lebih lincah. Setir mobil ini memang tergolong ringan, dan pedal gasnya pun khas mobil jaman now yang suka lompat saat diinjak sedikit. Namun, overall mobil ini bisa diajak selap selip dengan mudah, walaupun masih belum mendekati kelincahan sebuah Honda Mobilio. Dengan karakter tersebut, bagaimana rasa bantingannya? Apakah sama dengan All New Toyota Veloz?

Jujurly, rasa bantingannya juga berbeda. Dengan setup suspensi yang sama dan beban yang jauh lebih ringan, bantingan di All New Toyota Avanza malah terasa lebih kaku dibandingkan Veloz. Bagian ini juga yang berimbas pada sisi fun to drive-nya. Bisa jadi, kalau All New Toyota Avanza diberi beban penuh, maka bantingannya akan mirip dengan Veloz dengan beban normal. Dengan kondisi ini saja, kita sudah bisa merasakan rasa berkendara yang berbeda antara All New Toyota Avanza dan Veloz, dan dalam hal ini, Toyota sukses memberikan diferensiasi diantara keduanya, selain dalam hal fitur dan kelengkapan semata. Kami pun jauh lebih menikmati berkendara di balik kemudi All New Toyota Avanza dibandingkan sang kakak. Hanya saja, fitur yang ditawarkan di All New Toyota Avanza tipe 1.5 G CVT yang kami kendarai tergolong standar saja. Tak ada fitur yang wow seperti di Toyota Veloz, kecuali kalian mengambil varian G CVT TSS yang lebih mahal. Oiya, selain TSS dan sejumlah fitur lain, wajah depan dan belakang di All New Toyota Avanza juga sedikit berbeda dibandingkan sang kakak.

Sofa Mode Masih Ada, Bantingan Avanza Lebih Kaku

Pindah ke baris kedua dan ketiga, lagi – lagi kami tidak ada issue masalah kelegaan dan akomodasi di mobil ini. Nampaknya, kali ini Toyota memang mendengar apa jeritan hati netijen di Indonesia. Baris keduanya sama leganya dengan Toyota Veloz, plus kantong dan cup holder juga melimpah ruah. Memang ada sejumlah downgrade dibandingkan sang kakak, namun setidaknya AC double blower ala Calya masih ada. Oiya, satu hal menarik lainnya, sofa mode juga masih ada di mobil ini. Kami pun sempat mencoba sofa mode ini di kawasan Ubud, Bali. Selama kalian tidak perlu membawa barang bawaan yang banyak, maka sofa mode bisa kalian maksimalkan untuk menambah kenyamanan selama menjadi penumpang di jalan. Hanya saja, jangan lupa untuk tetap menggunakan seatbelt tiga titik di bangku baris ketiga.

Untuk urusan kekedapan kabin, sebenarnya All New Toyota Avanza sudah lebih baik dibandingkan pendahulunya. Hanya saja suara mesin yang masuk ke kabin masih cukup terasa. Nampaknya, menambah peredam di area firewall bisa menjadi solusi yang pas di kemudian hari. Sisanya nampaknya tidak ada issue yang signifikan kalau dibandingkan dengan Veloz. Mobil ini masih tetap nyaman untuk diisi 6 hingga 7 orang, dan masih ada sisa bagasi walaupun hanya sedikit. Ruang kaki dan ruang kepala nampaknya menjadi prioritas Toyota dibandingkan memberi ruang bagasi yang lebih. Selain itu, kursi di All New Toyota Avanza juga masih cukup tebal kalau kita bandingkan dengan rivalnya dari Honda, walaupun masih belum setebal Suzuki maupun Mitsubishi. Oiya, khusus di All New Toyota Avanza masih ada opsi mesin 1.300cc di tipe E M/T. Kami cukup penasaran bagaimana peforma mobil ini dengan opsi 3 pedal. Semoga ada kesempatan lain untuk mencobanya.

Masih Avanza, Dengan Rasa Berbeda

Overall, All New Toyota Avanza hadir dengan format baru dan rasa berkendara yang memang sepenuhnya berbeda. Jikalau dibandingkan Veloz yang berorientasi pada kenyamanan dan fitur, kini All New Toyota Avanza memiliki impresi berkendara yang berbeda. All New Toyota Avanza jadi agile, lincah, dengan bantingan yang sedikit kaku. Mengendarai All New Toyota Avanza makin mirip dengan mengendarai Toyota Raize, hanya saja lebih kaku dan lebih panjang serta tanpa sensasi ciyus ciyus khas mesin Turbo. Nampaknya, impresi yang diberikan All New Toyota Avanza akan positif untuk digunakan sebagai mobil perkotaan, terutama di kota besar yang butuh mobil lincah. Peforma menanjaknya juga masih bisa diandalkan berkat transmisi D-CVT yang dibekali planetary gear. Namun, untuk tanjakan terjal dan curam, kalian perlu mempertimbangkan bobot dan juga harus menguasai medan. Diluar itu, All New Toyota Avanza adalah opsi LMPV yang menarik dengan mesin yang terbilang irit dan ruang yang lega.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Yang Kami Suka

+ Lincah dan Asyik Dikendarai

+ Ruang lega dan Akomodasi Banyak

+ Transmisi D-CVT yang responsif di awal

+ Sofa Mode

+ Konsumsi BBM

Yang Kami Sayangkan

– Softtouch Minim, Banyak Plastik

– Bantingan Agak Kaku

– Fitur Agak Minim

– Kekedapan Kabin

Read Prev:
Read Next: