Toyota : New Century Bukanlah Sebuah SUV, Tapi…

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota : New Century Bukanlah Sebuah SUV, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Tren SUV memang tengah tinggi-tingginya saat ini, hingga berbagai model dari sejumlah brand yang dahulu bukan sebuah SUV pun disulap jadi sebuah SUV. Salah satunya adalah New Toyota Century yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu. Namun, ada sebuah fakta menarik dimana Toyota sendiri menyangkal bahwa New Toyota Century adalah sebuah SUV. Terus? kalau bukan SUV, apa dong? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Century Bukan SUV menurut Toyota

Jadi, Toyota memiliki pendapat lain mengenai sosok New Toyota Century. Dalam majalah internal mereka yaitu Toyota Times, pabrikan berlogo triple elips ini menyajikan 3 halaman penuh mengenai New Toyota Century. Dan di dalam bahasan tersebut, leader dari proyek New Toyota Century, Yoshikazu Tanaka menyampaikan penjelasan mengapa mobil ini bukanlah sebuah SUV. Tanaka sendiri merupakan chief engineer Toyota yang sudah tergabung sejak tahun 1987 silam. Di proyek Century ini, Tanaka dibantu oleh Tatsuyda Sonoda sebagao desainernya, dimana Sonoda juga telah mendesain lebih dari 30 mobil Toyota.

Yoshikazu Tanaka

Kami sampai pada posisi dimana kami berfokus pada penumpang kursi belakang, dan membuat mobil yang mewarisi karakter Century yang unik sembari memenuhi nilai-nilai yang beragam mengikuti zaman. Dari sudut pandang tersebut, kami tidak pernah berencana membuat sebuah SUV. Saya menggambarkan mobil ini sebagai sebuah konsep baru mobilitas yang dikemudikan oleh sopir” ujar Tanaka. Di sisi lain, Akio Toyoda, chairman dari Toyota menyatakan bahwa target konsumen New Toyota Century bukan hanya orang tua, namun juga anak muda. Terutama mereka yang merasa bahwa Toyota Century Sedan tidak diciptakan untuk mereka.

Ingin Sasar Lebih Banyak Konsumen

Saya ingin membawa nilai baru pada sebuah Century. Banyak anak muda yang melihat Century sebagai mobil bos, bukan untuk mereka. Kmai harus hadir dengan nilai baru untuk memastikan Century terus melanjutkan kiprahnya dan memenuhi ekspektasi konsumen terhadap mobilitas yang dikemudikan sopir” jelas Tanaka. New Toyota Century sendiri memang hadir dengan pendekatan yang unik. Mobil ini memiliki form factor sebuah SUV, dengan pintu baris kedua menggunakan model sliding dan wajah depan yang diturunkan dari Century Sedan. New Toyota Century menggunakan mesin 3,500cc V6 dengan transmisi CVT yang juga dipadukan dengan motor listrik di bagian belakang.

Alhasil, New Toyota Century ini bisa bergerak dengan sistem AWD, atau eAWD lebih tepatnya seperti teknologi eFour Toyota. Tenaga maksimalnya mencapai 406 hp yang cukupan untuk mobil sekelasnya. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Gallery New Toyota Century

Read Prev:
Read Next: