GJAW 2023 : Lebih Dekat Dengan Subaru Crosstrek 2023, Warisan Yang Berkembang

by  in  Berita & Jakarta Auto Week & Subaru
GJAW 2023 : Lebih Dekat Dengan Subaru Crosstrek 2023, Warisan Yang Berkembang
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah resmi dijual di Jepang pada akhir 2022 lalu, akhirnya Subaru Crosstrek menyambangi Indonesia lewat perilisan perdananya dalam gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 pada Jum’at (10/03) lalu. Menjadi generasi ketiga dengan kode bodi GU, berikut beberapa poin ubahan yang terjadi pada pengganti Subaru XV ini.

Pertahankan Karakter Tangguh, Ditambah Aspek Kenyamanan

Ada 7 poin utama dalam perubahan yang terjadi pada Subaru Crosstrek ini, dari mulai sasis, desain, interior, multimedia, penggerak symmetrical all wheel drive (S-AWD), warna, dan harganya. Dari segi sasis, kini torsional rigidity dari Subaru Global Platform pada Crosstrek 2023 meningkat sebesar 10% dari generasi sebelumnya. Desain eksterior pun menganut ciri khas “Subaru BOLDER” dengan lebih mengedepankan aspek dinamis serta ringan, namun tetap mempertahankan kesan tangguh dengan ground clearance yang tertinggi di kelasnya yaitu 220 mm.

Masuk ke dalam interiornya, Crosstrek terbaru memiliki desain dasbor Horizontal Line yang terlihat lebih minimalis sehingga memberikan kesan lapang dengan tetap mempertahankan Subaru Global Platform, membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dengan mengurangi pergerakan tangan dan getaran yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Sehingga saat dikendarai, Subaru Crosstrek 2023 terasa menyatu dengan pengendaranya.

Ciri Khas Subaru Yang Tetap Dipertahankan Crosstrek 2023

Berpindah ke poin selanjutnya yaitu multimedia, kini head unit-nya berukuran 11,6-inci dan sudah dilengkapi fitur Apple CarPlay serta Android Auto secara wireless. Pengaturan mode berkendara khas Subaru yaitu X-MODE yang sebelumnya berada pada layar terpisah, kini disatukan juga ke dalam head unit-nya. Soal dapur pacu, tentunya Subaru Crosstrek masih menggendong mesin 4-silinder Boxer 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 156 PS dengan torsi 196 Nm.

Namun mesin tersebut mengalami peningkatan pada sektor getaran dan suara yang semakin minim, penyaluran torsi yang disempurnakan, serta reliabilitas yang semakin baik. Tenaga tersebut disalurkan ke 4-roda dengan transmisi Lineartronic dan Active Torque Split AWD. Lineartronic memastikan putaran mesin yang efisien dan halus sementara Active Torque Split AWD dengan porsi 60% pada roda depan dan 40% roda belakang memastikan torsi disalurkan ke lingkar roda yang paling membutuhkan grip.

Pada poin ubahan terakhir yaitu warna dan harga, Crosstrek hadir dengan 8 pilihan warna dengan tiga warna baru yaitu Oasis Blue, Offshore Blue Metallic, dan Sun Blaze Pearl yang saat ini dipajang dalam gelaran GJAW 2023. Hanya tersedia dalam satu varian saja yaitu Subaru Crosstrek 2.0i-S EyeSight yang dibanderol Rp 549,5 Juta on the road Jakarta, tertarik untuk meminang lawan dari Honda HR-V RS ini?

Read Prev:
Read Next: