GJAW 2023 : Subaru Crosstrek 2023 Dirilis, Full Spec CBU Jepang Cuma 549 Jutaan!

by  in  Berita & Jakarta Auto Week & Merek Mobil
GJAW 2023 : Subaru Crosstrek 2023 Dirilis, Full Spec CBU Jepang Cuma 549 Jutaan!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Akhirnya, gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 telah resmi dimulai. Dan kami akan membuka bahasan produk baru di GJAW 2023 dengan sebuah mobil CBU yang harganya menggiurkan. Yap, sesuai dengan judul di atas, inilah Subaru Crosstrek 2023. Sebuah crossover yang merupakan suksesor dari Subaru XV dengan status CBU Jepang dan harga yang menggiurkan di angka 500 jutaan. Kenapa bisa menggiurkan? Yuk kita bedah spesifikasinya.

Bahasa Desain Baru, Berkesan BOLD

Oke, kita mulai dengan aspek desain. Sebenarnya, desain dari Subaru Crosstrek versi Indonesia tentu saja sama dengan versi global ataupun versi Jepangnya. Kini, Subaru Crosstrek menggunakan wajah depan baru dengan lampu yang lebih sipit, grille baru dengan ornamen yang menyambung ke lampu utamanya, dan bumper depan dengan cladding hitam yang nampak mendominasi. Subaru menyebutkan bahwa desainnya kini menggunakan bahasa desain baru ‘Subaru BOLDER’ yang dipadukan dengan konsep Dynamism. Btw, Subaru Crosstrek terbaru ini sudah menggukana platform baru yaitu Subaru Global Platform yang diklaim memiliki tingkat rigidity yang naik 10% dari versi lama.

Pindah ke samping, Subaru Crosstrek 2023 juga masih memperlihatkan siluet ala Subaru Crosstrek atau XV lama yaitu bentuk crossover-nya. Ada body cladding di area samping, fender hingga belakang. Velg dual tone dan ada roof rail yang kami yakini bukan sekedar hiasan belaka. Oiya, ground clearance mobil ini mencapai 220mm lho. Cukup tinggi untuk sebuah C-Segmen Crossover. Di bagian belakang, Subaru Crosstrek menggunakan lampu dengan bentuk ala C-Shape, dan bumper belakang yang kesannya masih senada dengan sisi depan yaitu bold. Overall, Subaru Crosstrek nampak all out untuk tampil sebagai sebuah crossover.

Interior Dibuat Lebih Lapang

Masuk ke bagian interior, Subaru Crosstrek memiliki interior baru yang khas Subaru. Tak cantik, namun fungsional. Subaru menekankan bahwa dashboard Subaru Crosstrek kini menggunakan desain horizontal line dashboard yang diklaim membuat kabinnya lebih terasa lega. Yang unik, kursi dari Subaru Crosstrek ditanamkan langsung ke platform SGP-nya yang membuat getaran dan gerakan sentrifugal yang mengganggu bisa diminimalisir. Intinya, kursi ini lebih nyaman. Pindah ke sisi tengah dashboard, kita melihat bahwa Subaru Crosstrek juga menggunakan layar infotainment versi lebar seperti halnya Subaru WRX. Layar ini berukuran 11,6 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto yang sudah wireless. Oiya, sistem X-MODE di Subaru Crosstrek juga bisa diakses di head unit tersebut.

Mesin Boxer, Sistem Gerak AWD Khas Subaru

Untuk dapur pacu, Subaru Crosstrek 2023 mengandalkan mesin BOXER khas Subaru. Mesin berkode F20D ini memiliki kubikasi 2.000cc dengan tenaga maksimal 156 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 196 Nm di 4.000 rpm. Nah, untuk mengakomodir mesin tersebut, Subaru juga memberikan transmisi lineartronic a.k.a CVT-nya Subaru dan juga sistem Active Torque Split AWD. Sistem Active Torque Split AWD sendiri diklaim bisa memastikan torsi disalurkan ke lingkar roda yang paling membutuhkan grip. Dan yang paling penting, Subaru Crosstrek 2023 juga hadir dengan teknologi Subaru EyeSight. Sistem ADAS dari Subaru ini mengandalkan wide-angle mono camera yang melengkapi dua stereo camera.

Dapat Subaru EyeSight & Driver Monitoring System

Kamera mono yang baru diadopsi ini memungkinkan pengenalan sepeda motor dan pejalan kaki pada sudut yang lebih lebar daripada kamera stereo saat berkendara dengan kecepatan rendah. Fitur Subaru EyeSight pada mobil ini mencakup sistem Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control / Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD) / Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Dan fitur terakhir yang juga tak kalah menarik adalah Driver Monitoring System.

Sistem ini akan membaca data biometrik muka pengendara untuk menyesuaikan driver profiles seperti pengaturan bangku, entertainment dan sudut spion, serta fungsi warning jika pengemudi mengantuk atau pandangan yang tidak fokus ke jalan. Nah, dengan segala fitur tersebut, Subaru Indonesia memasarkan Subaru Crosstrek 2023 dengan banderol 549,5 jutaan Rupiah. Harga yang mepet dengan rivalnya dari Jepang yang berstatus CKD dan bermesin turbo. Namun ingat, mobil ini CBU Jepang lho. Mobil ini juga dibekali Garansi 3 tahun / 100.000 km dan servis gratis 3 tahun / 50.000km.

Harga 549,5 Jutaan Rupiah

Dua belas tahun lalu Subaru mengeluarkan compact SUV dengan dua penamaan yang berbeda, Subaru Crosstrek di Amerika dan Kanada dan Subaru XV di belahan dunia lainnya. Mulai generasi ketiga ini Subaru menggunakan satu penamaan global “SUBARU CROSSTREK” dan melakukan U.S. Debut nya (Amerika Serikat) pada Februari silam. Hari ini kami Subaru Indonesia merasa sangat bangga dapat memperkenalkan the all-new Subaru Crosstrek di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023, sebuah compact SUV yang tangguh dan memiliki seluruh Subaru Core Technology seperti platform terbaru Subaru Global Platform, penggerak Symmetrical All-Wheel Drive, mesin BOXER, hingga sistem keselamatan yang termaksud diantaranya Subaru EyeSight® generasi terbaru tidak berselang lama dari U.S. Debut nya” ujar Arie Christopher, Chief Operating Officer, Subaru Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Tertarik dengan mobil ini? Silahkan mampir ke Asembly Hall AS5, Jacarta Convention Center selama GJAW 2023 ini.

Read Prev:
Read Next: