Zotye : Merk China Pertama Yang Resmi Ekspansi Ke USA

0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentunya tahu dengan ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan China dalam beberapa waktu terakhir ini. Namun tenang saja, kami tidak akan membahas ataupun mengomentari terkait masalah tersebut. Yang akan kami bahas kali ini adalah keberanian pabrikan asal China yaitu Zotye untuk berekspansi ke pasar Amerika Serikat di masa – masa yang kurang menguntungkan seperti sekarang. Nah, seperti apa manuver Zotye? Mari kita bahas.

Jadi, Zotye sendiri sebenarnya bukanlah merk China yang sangat asing di telinga kami, apalagi bagi kalian yang rajin membaca situs ini. Nama Zotye sempat beberapa kali muncul, walaupun pemberitaan tentang merk ini cenderung negatif. Yap, Zotye merupakan kompatriot dari Landwind yang juga turut melakukan penjiplakan dari produk – produk yang sudah tenar. Beberapa produk Zotye yang pernah kami bahas adalah Zotye T800 dan T900 yang menjiplak Range Rover Sport, lalu Zotye Traum MA501 yang menjiplak Mazda CX-4, Zotye Traum S70 yang berwajah ala Ford, Zotye Traum A2 yang menggabungkan Mercy GLC dan GLA, serta yang paling beken adalah Zotye T700 yang adalah Porsche Macan KW.

Nah, baru – baru ini pihak Zotye menggandeng Haah Automotive Holdings California untuk bersama – sama membangun merk Zotye di Amerika. Dan terbentuklah Zotye USA yang menjadi merk asal China pertama yang berekspansi ke pasa Amerika Serikat. Nah, Zotye USA sendiri bakal memiliki pusat operasi di Lake Forest, California. Petinggi dari kedua perusahaan, yaitu Wangsheng Zhu, Chairman of Zotye Automobile International dan Duke Hale, Chairman and Chief Executive Officer of HAAH Automotive Holdings pun sudah meresmikan kerjasama keduanya. FYI, Duke Hale sendiri adalah orang lawas di industri otomotif, dimana dirinya pernah menduduki posisi penting di Mazda dan Lotus.

Zotye USA sendiri kini sedang mengembangkan layanan diler mereka, dimana produk pertama dari pabrikan China ini nantinya adalah sebuah SUV. Dari informasi yang beredar, produk pertama tersebut adalah Zotye T600 yang bakal mulai dijual di Amerika Serikat pada tahun 2020 mendatang. Nah, Duke Hale sendiri melalui situs resmi Haah Auto menjelaskan, “Saya sangat senang dengan pengumuman ini, dimana apa yang terjadi saat ini merupakan hasil 2 tahun diskusi dan negosiasi dengan pihak Zotye di China. Dengan kerjasama ini, kami segera memulai proses pengembangan diler untuk menyiapkan jaringan nasional yang melayani layanan 3S di Amerika

Jadi, akankah Zotye USA bisa survive dan berprestasi di pasar Amerika Serikat? Kita tunggu saja. Selain Zotye, ada beberapa pabrikan China yang sebenarnya juga berminat dengan pasar USA, salah satunya adalah Lynk & Co. Bagaimana menurut kalian?

Sumber Gambar : Autohome

Read Prev:
Read Next: