Zotye Traum MA501 Kali Ini Jiplak Mazda CX-4!

by  in International&Mazda
Zotye Traum MA501 Kali Ini Jiplak Mazda CX-4!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mau tahu apa lagi yang dilakukan Zotye? Kami ingat soal Zotye T700 yang desainnya mirip dengan Porsche Macan jika dilihat secara garis besar. Nah, kali ini Zotye yang memperkenalkan merek Traum habis mengeksekusi sebuah crossover baru, Zotye Traum MA501. Anda sekarang sedang melihat foto-fotonya, dan sesuai dengan judul berita, mobil ini benar-benar mirip dengan crossover Mazda CX-4!

Kasihan Mazda, sudah susah-susah bikin CX-4 khusus untuk pasar China saja, ujung-ujungnya dijiplak sama Zotye. Sekilas pandang, memang bentuk dasar Zotye Traum MA501 ini plek banget dengan Mazda CX-4, kecuali di detail-detail kecil seperti tatanan lampu, tarikan lis chrome di tiap ujung gril, bahkan batang chrome di Zotye Traum MA501 ini saja lebih rapat dan banyak dibanding CX-4 yang batang chromenya jarang dan agak berjarak satu sama lain.

Kesamaan terus berlanjut ke pilar A yang sama-sama hitam, bentuk dan posisi spion kanan-kiri, garis atap yang menukik di belakang dan masih banyak lagi. Ukuran pun mirip-mirip, di mana Mazda CX-4 punya dimensi PxLxT 4.633 mm x 1.840 mm x 1.535 mm, sementara dimensi PxLxT Zotye Traum MA501 ini 4.080 mm x 1.868 mm x 1.625 mm. Wheelbase Mazda CX-4 sendiri 2.700 mm, sementara Zotye 2.720 mm.

Kemiripan selanjutnya makin kentara dari belakang. Lihat bentuk jendelanya, pintu bagasinya, desain lampu belakangnya, bahkan roof spoiler di atapnya pun mirip antara Zotye dan Mazda. Kalau pun ada beda sedikit, itu adalah desain knalpotnya. Mazda pakai dual muffler berbentuk lingkaran, sementara Zotye Traum MA501 ini agak trapesium. Hanya saja tetap sih, cakepan CX-4 asli daripada CX-4 KW ini.

Menurut CarNewsChina, Zotye Traum MA501 ini akan meluncur pada semester kedua tahun 2018 dengan mengandalkan mesin 1.500 cc 4 silinder turbo bertenaga 150 hp. Yah, kelihatannya jiplakan yang satu ini bakal diam di pasar China saja dan tidak ke mana-mana lagi, tapi kami penasaran siapa lagi yang bakal jadi “korban” Zotye setelah Porsche dan Mazda. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: