Mobil China Zotye T700, Ini Nih Porsche Macan KW Super

Mobil China Zotye T700, Ini Nih Porsche Macan KW Super
0  komentar
zotye-t700

AutonetMagz.com – Tiru sana, tiru sini, jiplak sana, jiplak sini, China-lah yang paling terkenal. Seolah punya interpretasi yang tak jelas soal hak cipta, China tak pernah kapok menyontek tampilan benda-benda bermerek untuk brand lokal mereka sendiri. Apalagi kebijakan pemerintahannya juga sangat melindungi mereka, bahkan Land Rover saja sampai menyerah dan angkat tangan (Baca juga : Gugatan Ditolak, CEO Jaguar Land Rover Kecewa dengan Penjiplak Model Evoque di China).

Nah, yang ini baru lagi. SUV Bernama Zotye T700 ini lagi-lagi meniru penampilan salah satu crossover Eropa terkenal, yakni Porsche Macan. Mulai dari depan, samping belakang, semuanya jelas kalau ini benar-benar Porsche Macan meski sudah diubah bentuk headlamp, foglamp serta taillamp-nya. Bagi para pemilik Porsche Macan asli sepertinya masih bisa tenang karena beda sedikit, meski rasanya pasti senewen juga kalau crossover adik Cayenne ini ada jiplakannya.

zotye-t700-belakang

Oh iya, ngomong-ngomong soal Cayenne, Zotye T700 bukannya meniru interior milik Porsche Macan, tapi malah meniru milik Cayenne terutama di bagian center console-nya. Layar monitor yang besar seperti tablet PC bawaan Zotye T700 memang tidak mirip-mirip amat dengan kepunyaan Cayenne, tapi malah mirip milik Tesla Model S yang sudah dijual di Indonesia via IU.

interior-zotye-t700

Untungnya, soal mesin Zotye cukup tahu diri untuk tidak mengikuti persis dengan spek Macan. Di China, Porsche Macan termurah ditawarkan dengan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo yang punya 237 PS, kalau Zotye hanya 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo bertenaga 177 hp. Kalau diajak adu lari, sepertinya jelas Macan asli yang akan menang.

zotye-t700-copycat-porsche-macan

Harga Zotye T700 di China adalah 170 ribu Yuan (365 juta Rupiah), 3 kali lebih murah daripada Porsche Macan entry level di sana. Jika Porsche sudah menganggap Zotye T700 mengganggu mereka, sepertinya bukan tak mungkin Porsche akan mengajukan keberatan (meski hasilnya sudah bisa ditebak). Bagaimana menurutmu tentang Macan KW Super ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: