Zotye SR9 SUV Hybrid, Kloningan Macan Ramah Lingkungan

Zotye SR9 SUV Hybrid, Kloningan Macan Ramah Lingkungan
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan Zotye SR9?? Itu lho, kloningan Porsche Macan yang beberapa waktu lalu sempat membuat Porsche cukup meradang karena secara bentuk, Zotye SR9 sangatlah mirip, atau bisa dikatakan identik dibandingkan dengan Porsche Macan. Namun sekali lagi, Zotye SR9 sendiri masih bisa dijual bebas dan juga tak terjerat permasalahan copyright berkat dilindungi oleh Negaranya.

Oke, sudahlah cukup tak perlu mengingat terlalu dalam terkait polemik tersebut, toh kita bukan sang empunya dari pabrikan Porsche walau memang mungkin beberapa dari kalian ada sedikit rasa sebel melihat produk yang kalian kagumi dijiplak mentah – mentah. Namun sebuah kabar yang menarik muncul dari Zotye SR9. Bukan masalah jiplak menjiplak lagi seperti sebelumnya, namun kabar baik bagi lingkungan, karena Zotye SR9 kini sudah ada versi hybrid-nya. Ya, Zotye SR9 Hybrid Electric Vehicle (HEV) akan segera mengaspal di dataran China dalam waktu dekat ini, atau setidaknya dalam bulan ini.

Zotye SR9 HEV akan melaksanakan debutnya di Chengdu Auto Show yang akan dihelat pada bulan ini, dan secara tampilan, Zotye SR9 HEV masih akan tetap sama dibandingkan dengan varian non hybrid-nya. Lalu apa yang berbeda dibandingkan dengan varian berbahan bakar fosil selain urusan di bawah kap mesinnya? Jawabannya tersembunyi di dalam kabinnya. Zotye SR9 HEV akan dihadirkan dengan kabin yang memiliki dashboard yang lebih mewah dengan hadirnya panel kayu yang menurut pabrikan terlihat lebih mewah. Sisanya? Sama saja, tak ada perbedaan yang terlalu berarti.

Oke, berarti kita bergeser ke sektor dapur pacu yang jelas menjadi pembeda utama dari Zotye SR9 HEV dibandingkan versi berbahan baka fossil. Zotye SR9 HEV akan dimotori mesin berkubikasi 2.000cc Turbo dengan tenaga 190 hp dan disokong pula oleh motor listrik. Namun sejauh ini, pihak pabrikan belum merilis berapa keluaran daya yang dihasilkan oleh sang motor listrik tersebut. Tetapi, data akselerasi dari Zotye SR9 HEV sudah dirilis oleh pihak pabrikan yang menyebutkan bahwa mobil ini mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 100km/jam hanya dalam 5 detik saja, menarik.

Dan untuk mode berkendara yang hanya mengandalkan tenaga listrik, mobil ini mampu menempuh jarak 80km jauhnya hingga kapasitas listriknya habis. Sisanya, hanya ada emblem “HEV” yang ditempelkan di fender depan, di bawah pilar A yang membuatnya bisa dikenali dari luar sebagai Zotye SR9 HEV, bukan Zotye SR9 apalagi Porsche Macan. Yang cukup membuat penasaran, mengapa pihak pabrikan menyatakan bahwa mobil ini hanya sekedar HEV bukan PHEV atau plug-in hybrid electric vehicle, padahal secara spesifikasi mobil ini memang selayaknya sebuah mobil PHEV. Namun diluar itu, sebagai mobil KW, tentunya Zotye SR9 HEV sudah cukup memenuhi ekspektasi para calon pembelinya, bertenaga, dan masih lumayan oke untuk diajak jalan – jalan, tinggal tutupi saja logo Zotye-nya.

Bagaimana menurut kalian produk ini? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: