Walau Terganggu Chip Shortage, Penjualan Honda Indonesia Masih Ngebut

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Walau Terganggu Chip Shortage, Penjualan Honda Indonesia Masih Ngebut
0  komentar

AutonetMagz.com – Penjualan mobil di Indonesia terus mencatatkan capaian yang positif sepanjang tahun 2022 ini, termasuk juga brand asal Jepang berlogo H yaitu Honda. Honda Indonesia mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan sepanjang tahun ini, walaupun sebenarnya mereka juga dihadapkan pada sejumlah masalah, terutama masalah suplai unit. Lantas, berapa capaian mereak di 10 bulan pertama tahun 2022 ini? Yuk kita bahas.

baca juga : Honda Brio, BR-V, dan HR-V Topang Penjualan Di Bulan Oktober 2022

Brio Still The King of Honda

Pada bulan Oktober 2022 kemarin, Honda Propect Motor (HPM) mencatat penjualan retail sebanyak 11.590 unit di Indonesia. Angka tersebut ditopang oleh tiga model penting Honda yaitu Honda Brio series, All New Honda HR-V serta All New Honda BR-V. Secara total, penjualan Honda Indonesia periode Januari hingga Oktober 2022 telah terkumpul sebanyak 99.983 unit, atau lebih besar 46% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Yap, sedikit lagi bakal ‘pecah telor’ ke angka 100 ribu unit. Bulan lalu, penjualan tertinggi Honda masih dipimpin oleh Honda Brio series.

baca juga : Honda Weekend Getaway : Tamasya Bersama All New BR-V Ke Taman Dayu

Honda Brio mencatatkan penjualan sebesar 5.528 unit, atau sekitar 48% dari total penjualan HPM pada bulan Oktober 2022.  Penjualan Brio sendiri terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3.938 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.590 unit. Sedangkan All New Honda HR-V berkontribusi sebesar 25% dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 2.893 unit di bulan Oktober. All New Honda BR-V juga tak mau kalah dengan memberikan kontribusi sebesar 17,30% dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 2.005 unit. Bagaimana dengan model – model lainnya? Tentu model lain juga memiliki peran penting, walaupun tak masuk top three di atas.

baca juga : Honda Perkuat Jaringan Lewat Peresmian Dealer Resmi Di Palu

Model Honda lainnya juga turut memberikan kontribusi terhadap penjualan Honda pada bulan Oktober 2022 yaitu Honda City Hatchback RS sebesar 540 unit diikuti oleh New Honda CR-V dengan 488 unit, Honda Mobilio 59 unit. Kemudian untuk jajaran mobil sedannya, All New Honda City 38 unit, diikuti All New Honda Civic RS terjual 23 unit dan New Honda Accord 16 unit. Tak terlihat ada nama Honda Odyssey dan Honda Civic Hatchback yang menunjukkan bahwa keduanya sudah resmi dipensiunkan dari pasar Indonesia. Sedangkan Honda Mobilio masih survive walaupun pangsa pasarnya termasuk minim untuk sebuah LMPV.

baca juga : Honda WR-V Muncul, Hyundai Venue Batal Ke Indonesia?

Pasokan Chip Belum Stabil

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, “Penjualan retail Honda di bulan Oktober kembali terdampak oleh pasokan chip semikonduktor yang masih belum stabil sehingga menyebabkan kapasitas produksi menurun. Kondisi ini kemungkinan masih akan berlangsung untuk beberapa model tertentu hingga akhir tahun 2022, dan karena itu kami memohon maaf kepada konsumen yang harus lebih lama menunggu produk yang telah dipesan. Meskipun demikian, kami optimis pasokan komponen akan berangsur membaik pada awal tahun 2023, sehingga kami dapat secepat mungkin mengirimkan produk kepada konsumen.

baca juga : Versi Listrik dari Honda Type-R Akan Gunakan Baterai Solid-State

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: