Versi Listrik dari Honda Type-R Akan Gunakan Baterai Solid-State

by  in  Berita & Honda & International
Versi Listrik dari Honda Type-R Akan Gunakan Baterai Solid-State
0  komentar

AutonetMagz.com – Badge Type-R sangatlah penting bagi Honda, dan telah menjadi ciri khas dari mobil high – performance dari merek tersebut. Honda Civic Type-R misalnya, adalah simbol engineering excellence dan hot hatch yang menjadi benchmark bagi para pesaingnya. Tapi apa yang akan terjadi ketika industri mobil berperforma tinggi beralih ke elektrifikasi? Karena produk Honda Type-R selalu identik dengan konstruksi yang ringan, handling yang tajam, dan dinamika yang menyenangkan

Pakai Baterai yang Lebih Ringan

Managing Officer Honda, Shinji Aoyama mengatakan, “baterai solid-state akan membuat bobot lebih ringan.” Mengenai kapan ini akan diterapkan, Aoyama-san mengatakan itu sulit untuk ditanggapi. Sementara CEO Honda, Toshihiro Mibe, menambahkan bahwa teknologi baterai akan sesuai dengan versi listrik dari Type-R karena sifatnya yang unik. “Misalnya, karakteristik baterai solid-state adalah tidak mudah panas, artinya sistem pendingin untuk versi listrik Tipe-R ini dapat disederhanakan dari segi ukuran dan beratnya,” katanya dalam Carbuzz.

Pemangkasan baterai EV saat ini akan mengurangi aspek fun to drive, dan karenanya bisa menodai ciri khasnya yang sudah cukup kuat. “Dibandingkan dengan baterai EV saat ini, ini akan membantu mengurangi bobot dan juga efektif untuk aplikasi Tipe R dan sepeda motor. Ke depan, baterai solid-state akan menjadi pusat mobil dan sepeda motor listrik yang berjiwa,” tambah Mibe-san. Ferrari juga percaya ini adalah pendekatan yang benar dan telah banyak berinvestasi dalam penelitian baterai solid-state untuk kendaraan listrik masa depan.

Masih Mencari Arah yang Tepat

Mibe mengatakan kepada bahwa Honda sedang melihat berbagai teknologi. “Kami sedang mencari arah mana yang akan membantu kami mengembangkan mobil listrik dengan soul, itu akan memakan waktu sampai arah ini jelas, dan kemudian kami akan membutuhkan waktu untuk mengembangkan teknologi ini.” Mesin yang luar biasa dan transmisi manual yang tersedia adalah nilai jual yang besar untuk Honda Type-R, tetapi Honda berharap untuk memperkenalkan teknologi yang akan membuat kendaraan listriknya menyenangkan untuk dikendarai.

Sementara itu, Honda telah menginvestasikan sekitar $ 310 juta (sekitar Rp 4.8 triliun) ke eksperimental yang akan memproduksi baterai solid-state mulai 2024. Teknologi ini tidak akan diterapkan di kendaraan mana pun, tetapi akan memungkinkan Honda untuk mengevaluasi kemampuan produksi. Ini bukan konfirmasi bahwa Honda hanya akan mengandalkan baterai solid-state untuk membangun kendaraan Type-R di masa depan, melainkan petunjuk arah yang diharapkan untuk diambil di masa depan.

Read Prev:
Read Next: