Suzuki Jimny 5 Doors Meluncur di India, Panjang Bertambah 36cm

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Suzuki Jimny 5 Doors Meluncur di India, Panjang Bertambah 36cm
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah beberapa tahun terakhir menjadi gosip dan rumor belaka, kini Suzuki Jimny 5 Doors pun akhirnya meluncur. Mobil ini diperkenalkan perdana di press day Auto Show 2023 yang berlokasi di Delhi, India. Lantas, seperti apa ubahan yang diberikan Suzuki pada Suzuki Jimny 5 Doors ini? Dan apakah pasar Indonesia akan kebagian unit Suzuki Jimny versi LWB ini? Yuk kita bahas lebih lanjut.

baca juga : Suzuki Indonesia Recall Jimny Demi Atasi Masalah Ini!

Tambah Panjang, Sisanya Sama

Jadi, Maruti Suzuki India baru saja mengumumkan sosok Suzuki Jimny 5 Doors. Bersamaan dengan SUV ini, pihak Maruti Suzuki juga memperkenalkan versi crossover dari Suzuki Baleno Hatchback yang diberi nama Suzuki Fronx. Tapi kita akan bahas mobil tersebut di artikel terpisah. Suzuki Jimny 5 Doors telah diperkenalkan dan resmi dijual di India, dan ini menjadi momen penting karena sebelumnya Maruti Suzuki hanya memproduksi Suzuki Jimny 3 Doors untuk kepentingan ekspor semata. Jadi, sebelum ini konsumen di India hanya bisa gigit jari saja. Namun kini, Suzuki Jimny 5 Doors menjadi Suzuki Jimny gen 4 pertama yang dipasarkan di Negeri Bollywood.

baca juga : Suzuki Jimny Lite : Versi Trondol Untuk Yang Kebelet Pengen Jimny

Oke, kita mulai dahulu dengan dimensinya. Suzuki Jimny 5 Doors memiliki dimensi panjang 3,985mm, lebar 1,645mm dan tinggi1,720mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya mencapai 2.590mm. Kalau dibandingkan dengan versi 3 pintu, maka panjang Suzuki Jimny 5 Doors bertambah 360mm. Sedangkan lebar dan tingginya sama persis. Jarak sumbu rodanya pun ikut bertambah 340mm. Untuk sudut approach, breakover, dan departure pun sedikit mengalami perubahan. Approach angle-nya turun dari 37 derajat ke 36 derajat, sedangkan departure angle malah naik dari 49 ke 50 derajat. Breakover angle-nya juga turun dari 28 derajat ke 24 derajat, dengan ground clearance yang sama yaitu 210mm.

baca juga : Suzuki Jimny Hybrid Jadi Solusi Untuk Tekan Emisi?

Mesin Sama, Harga Tunggu Mei 2023

Untuk urusan mesin, Suzuki Jimny 5 Doors masih mengandalkan mesin K15B 1.500cc yang sama persis dengan versi 3 pintu. Pun begitu dengan sistem gerak 4 rodanya, serta opsi transmisi 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis. Untuk fitur, Suzuki Jimny 5 Doors sudah menggunakan sistem Maruti SmartPlay Pro Entertainment System dengan layar berukuran 9 inci, 6 buah airbags, ESP, HSA, HDC, dan kamera mundur. Oiya, kursi depan Suzuki Jimny 5 Doors juga bisa dibuat ala – ala Relax mode dan menyambung ke kursi belakangnya. Untuk urusan harga, Maruti Suzuki baru akan mengumumkan banderol mobil ini di bulan Mei 2023 mendatang.

baca juga : Maruti Suzuki Siapkan Peluncuran Jimny, Versi 5 Pintu?

Apakah Indonesia akan kebagian? Sebenarnya hubungan Suzuki India dan Suzuki Indonesia cukup dekat. Dan kita pun banyak mendapatkan model Suzuki dari sana. Hanya saja, khusus Suzuki Jimny, pasar Indonesia mendapatkan suplai dari Jepang. Entah apakah versi LWB ini akan mengikuti jejak model asal India lainnya yang masuk ke Indonesia atau tidak. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: