Suzuki Indonesia Recall Jimny Demi Atasi Masalah Ini!

by  in  Berita & Nasional & Suzuki
Suzuki Indonesia Recall Jimny Demi Atasi Masalah Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Suzuki Jimny sudah menjadi sebuah mobil hobi yang eksistensinya diakui oleh hampir seluruh penggemar otomotif di Indonesia. Jumlah unit yang terbatas dan minat yang sangat tinggi membuat harga mobil ini sangat mahal, tapi memang begitulah realitanya. Memakai mesin 1.500 cc dan penggerak 4WD, Suzuki Jimny pun jadi komoditas yang penting, baik bagi Suzuki Indomobil Sales sendiri ataupun bagi importir umum.

Untuk pemilik Suzuki Jimny yang dijual oleh APM, mungkin ada sedikit hal yang perlu anda catat. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini telah melaksanakan program “Product Quality Update” untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen. Terkait hal tersebut, Suzuki akan melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia.

Oli Transmisi Suzuki Jimny Rentan Rembes

Suzuki akan melakukan recall terhadap 21 unit Suzuki Jimny bertransmisi otomatis yang berpotensi mengalami masalah oli yang rentan rembes dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan hingga mengancam keselamatan sehingga harus dilakukan perbaikan. Ke-21 unit Jimny tersebut diproduksi dari rentang waktu bulan Mei hingga Juni 2021.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan sil oli terlipat. “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” terangnya. 

Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set. Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Recall dan Servis Suzuki Jimny Gratis

Selain recall campaign, saat ini Suzuki sedang melakukan service campaign, juga untuk Jimny. Kegiatan tersebut menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness. Tekanan dari tekukan saat pembukaan/penutupan pintu pada bagian tengah kabel berpotensi menggangu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock. Sehingga, agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.

Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.  Masih menurut Hariadi, dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. Selain itu, Hariadi juga memastikan konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun. Ayo, yang punya Suzuki Jimny, cek mobilnya yaa…

Read Prev:
Read Next: