Suzuki Jimny Hybrid Jadi Solusi Untuk Tekan Emisi?

Suzuki Jimny Hybrid Jadi Solusi Untuk Tekan Emisi?
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun usianya sudah menginjak 3 tahun, dan hampir muncul versi facelift-nya, namun nama Suzuki Jimny terus mendapatkan perhatian yang positif dari publik di seluruh dunia. Setelah sebelumnya versi LWB atau 5 doors dari Suzuki Jimny menyita perhatian dunia, kini ada kabar baru yang tidak kalah menarik. Suzuki dikabarkan tengah mengembangkan varian hybrid untuk SUV berukuran kompak ini. Hadirnya varian hybrid sebenarnya agak diluar dugaan, namun nampaknya Suzuki memang harus memutar otak untuk mengakali uji emisi di beberapa negara yang makin lama makin ketat. Lantas, informasi apa yang sudah naik ke permukaan terkait Suzuki Jimny Hybrid? Yuk kita bahas.

Suzuki Jimny Hybrid Untuk Eropa?

Mengutip informasi via Die Motorprofis, seluruh line up Suzuki di kawasan Eropa akan mendapatkan teknologi elektrifikasi, sehingga bisa memenuhi aturan dan uji emisi yang ketat di eropa. Namun, kalau kalian ingat, nama Suzuki Jimny sebenarnya sudah menghilang dari line up Suzuki di Eropa. Mereka sudah menghentikan penjualan Suzuki Jimny di Benua Biru di pertengaha 2020 lalu karena tak bisa memenuhi standar emisi yang berlaku. Padahal, mobil ini adalah model paling hype dari Suzuki di seantero bumi. Suzuki bisa sedikit mengakali dengan mengubah Suzuki Jimny menjadi sebuah kendaraan komersial, dan ini sudah mereka lakukan di Inggris. Dengan mengusung status mobil komersial, maka aturan emisi yang berlaku tidak seketat passenger car. Tetapi, solusi itu bukanlah solusi yang bisa bersifat permanen. Suzuki tetap harus mengakali teknologi dan mesin mereka untuk bisa survive di ketatnya standar emisi Eropa.

Sumber menyebutkan bahwa informasi yang lengkap terkait kehadiran Suzuki Jimny Hybrid masih belum muncul. Rumor yang berkembang, Suzuki Jimny akan diberi motor listrik untuk menemani mesin 1.500cc K15B. Kehadiran Suzuki Jimny berteknologi hybrid jelas akan menambah ragam varian dari SUV kompak ini. Sebelumnya, Suzuki Jimny juga dirumorkan akan mendapat varian bermesin turbo, khususnya untuk versi LWB alias 5 doors-nya. Kembali ke masalah Suzuki Jimny Hybrid, kalau melihat manuver dari Suzuki belakangan ini, maka teknologi hybrid yang paling mungkin ditanamkan di Suzuki Jimny adalah teknologi mild hybrid. Seperti yang kita ketahui bersama, Suzuki memang gemar menggunakan teknologi mild hybrid di model – model mereka. Bahkan, salah satunya juga sempat mampir di Indonesia, yaitu Suzuki Ertiga Diesel Hybrid SHVS.

Pakai Teknologi Mild Hybrid?

Nah, teknologi mild hybrid yang terbaru sudah diterapkan Suzuki di beberapa mobil mereka, seperti Suzuki Swift Sport, Suzuki SX-4 S-Cross, dan juga Suzuki Vitara. Ketiga mobil berteknologi mild hybrid ini juga dijual di pasar Eropa. Ide Suzuki Jimny Hybrid sendiri memunculkan harapan bagi SUV kompak nan fenomenal ini untuk kembali berkiprah di pasar Eropa sebagai sebuah passenger car. Di Indonesia sendiri, penjualan Suzuki Jimny masih terus dilakukan, walaupun kami ragu pihak Suzuki dan jajaran diler mereka masih mau menerima order saat ini. Inden yang sudah mengular, bahkan sampai bertahun – tahun membuat calon konsumen Suzuki Jimny di Indonesia agaknya harus berpikir ulang jikalau ingin membeli mobil ini. Walaupun begitu, di situs resmi Suzuki Indonesia, nama Suzuki Jimny masih terus ada, dan harganya pun senantiasa naik mengikuti waktu.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: