Suzuki Jimny Lite : Versi Trondol Untuk Yang Kebelet Pengen Jimny

Suzuki Jimny Lite : Versi Trondol Untuk Yang Kebelet Pengen Jimny
0  komentar

Autonetmagz.com – Ketika Suzuki Jimny memutuskan untuk comeback ke pasar otomotif dunia, seluruh dunia langsung menyambut positif kelahiran mobil legendaris dari Suzuki tersebut. Bagi kalian yang pengen banget memboyong Suzuki Jimny ke garasi kalian, ada kabar bahagia untuk anda penggila Suzuki Jimny. Baru – baru ini, Suzuki merilis varian paling murah dari keluarga Suzuki Jimny, yakni Suzuki Jimny Lite. Apa yang membedakannya dibandingkan Suzuki Jimny reguler? Cekidot.

Penyunatan Demi Menyesuaikan Harga

Sesuai dengan nama variannya, Suzuki Jimny Lite, pastinya akan ada beberapa penyunatan fitur dibandingkan Suzuki Jimny reguler. Dimulai dari peleknya yang akan memakai pelek besi hitam berukuran 15 inci, berbeda dibandingkan pelek alloy pada Suzuki Jimny reguler. Suzuki Jimny Lite tidak memiliki lampu kabut dan lampu utama model projector, maka substitusi lampu utamanya adalah lampu halogen biasa. Spion samping pada Suzuki Jimny Lite memakai material plastik, dan tentunya manual. Audionya memakai SmartPlay infotainment system dengan format 2-DIN, sama seperti yang dipakai di produk-produk Maruti Suzuki varian menengah yang dijual di India. Fitur-fitur lain juga dipangkas, seperti AC digital yang digantikan AC manual. Namun, konektivitas Bluetooth masih bisa kalian temukan di mobil ini.

Dari segi teknis, tak ada perubahan yang begitu berarti, karena Suzuki Jimny Lite akan memakai mesin yang sama dengan Suzuki Jimny pada umumnya. Varian ini masih mengandalkan mesin bensin K15B berkubikasi 1.500cc dengan tenaga maksimal 102 Hp dengan torsi 130 Nm. Mesin tersebut dijodohkan dengan transmisi manual 5-speed. Varian otomatis? Eits, ingat, ini varian Lite, jadi jangan terlalu berharap ada varian 2 pedal. Suzuki Jimny bukanlah Suzuki Jimny tanpa 4-wheel drive gear, dan untungnya kelengkapan tersebut sudah tersedia sebagai standar di Suzuki Jimny Lite. Mungkin kalau opsi 4WD dihilangkan, maka namanya bukan Suzuki Jimny Lite, tapi menjadi Suzuki Katana. Mungkin, opsi menghidupkan kembali Suzuki Katana juga menjadi opsi yang menarik. Namun, kita semua tahu bahwa sampai saat ini pihak Suzuki masih kewalahan memenuhi pesanan Suzuki Jimny dari seluruh dunia. Menghadirkan Suzuki Katana jelas akan menambah pekerjaan rumah mereka.

Diluncurkan Di Australia

Suzuki Jimny Lite akan diproduksi di Jepang dan dipasarkan di Australia per 1 Agustus tahun ini. Yang menarik ketika dirilis secara resmi adalah berapa banyak biaya yang bisa dihemat dari Suzuki Jimny Lite ini. Apalagi, segala kebutuhan dasar untuk fungsi offroad ringan masih diberikan di mobil ini, sesuai dengan kegunaan aslinya. Sayangnya, Suzuki baru akan mengumumkan harga Suzuki Jimny Lite pada saat peluncuran. Suzuki Jimny Lite adalah salah satu hasil eksperimen Suzuki untuk memberikan varian lebih ‘murah’ di model ini. Sebelumnya, Suzuki juga memasarkan Suzuki Jimny versi komersial di Inggris. Varian tersebut hadir untuk mengakali masalah emisi. FYI, Suzuki Jimny versi standar tidak bisa memenuhi standar emisi passenger car di Eropa. Namun, Suzuki memutar otak dan menyulapnya menjadi mobil komersial yanb memiliki standar emisi lebih rendah. Eksperimen lain dari Suzuki Jimny adalah varian LWB atau 5 doors. Varian ini diindikasikan menjadi suksesor Suzuki Gypsy yang ada di India. Varian tersebut masih berada dalam tahap pengembangan, dijadwalkan akan debut pada tahun 2022 dengan India menjadi sasaran utamanya.

Apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: