Inilah 4 Zona di xEV Center Toyota Indonesia, Bisa Nyoba Mobil Listrik!

Inilah 4 Zona di xEV Center Toyota Indonesia, Bisa Nyoba Mobil Listrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, kami sudah membahas mengenai sebuah fasilitas bernama xEV Center yang merupakan fasilitas pembelajaran kendaraan elektrifikasi milik Toyota Indonesia. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membangun fasilitas ini untuk memberikan edukasi pada semua kalangan terkait kendaraan elektrifikasi. Nah, untuk mempermudah proses pembelajaran, xEV Center dibagi menjadi beberapa zona. Dan kali ini, kita akan bahas apa saja zona yang disediakan di fasilitas yang berlokasi di Karawang ini. Cekidot.

Jadi, xEV Center yang berlokasi di pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2 ini dibagi dalam 4 zona besar yang bertujuan untuk memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi, pemaparan secara detail. Nah, kelima zona tersebut memiliki peran yang berbeda satu sama lain. Kelimanya adalah :

Zona 1 – Inisiatif Lingkungan

Zona ini terdiri dari penjelasan mengenai kondisi lingkungan secara global dan Paris Agreement yang menjadi dasar target nasional mencapai netralitas karbon. Dalam zona ini dijelaskan pula Roadmap energy di Indonesia untuk mendukung upaya mewujudkan lingkungan yang lebih hijau. Serta partisipasi aktif Toyota dalam Toyota Environmental Challenge 2050.

Zona 2 – Teknologi

Zona ini terdiri dari pemaparan klasifikasi kendaraan ICE dan xEV yang dilengkapi dengan video untuk menunjukkan bagaimana xEV bekerja untuk memudahkan publik memahami proses transmisi kendaraan xEV. Selain itu di zona teknologi juga terdapat display xEV Cut Body seperti Prius dan akan menyusul Mirai, untuk menggambarkan simulasi energi kendaraan xEV. Komponen-komponen utama kendaraan xEV juga dijelaskan melalui wallchart dan display. Detail penjelasan komponen juga dapat diakses melalui teknologi masa kini yaitu menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality

Zona 3 – Eksosistem Hijau

Pada zona ini penjelasan mengenai konsep well to wheel emission yang mudah dipahami. Ekosistem xEV, tipe-tipe charging, dan perlengkapan electricity juga tersedia pada zona eksosistem hijau. Display kendaraan PHEV dan charging station dapat dengan mudah dilihat oleh pengunjung pada zona ini. Serta pemanfaatan xEV sebagai power source dan vehicle life cycle juga battery 3R process lengkap dihadirkan. 

Zona 4 – Masyarakat Berkelanjutan

Merupakan zona terakhir di xEV Center yang ringkasan kegiatan Toyota Indonesia bersama Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi. Pada zona ini, ringkasan inisiatif kerjasama Toyota Indonesia sejak tahun 2018 bersama sejumlah Universitas di Indonesia (UI, LPEM UI, ITB, UGM, UNS, ITS, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro) yang menghasilkan sejumlah penelitian yang bermanfaat di bidang elektrifikasi. 

Selain 4 zona pengetahuan yang ditujukan untuk memberikan edukasi, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman nyata dan sensasi berkendara menggunakan beragam jenis pilihan teknologi kendaraan elektrifikasi di area Driving Experience serta fasilitas pengisian ulang daya juga dihadirkan melalui Outdoor Charging Station. Yap, kalian bisa mencoba langsung sensasi mobil elektrifikasi di fasilitas ini. Bagaimana pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: