Ngidam Mobil Listrik? Ini 7 BEV Yang Bisa Kalian Beli di Indonesia

by  in  BMW & BMW & DFSK
Ngidam Mobil Listrik? Ini 7 BEV Yang Bisa Kalian Beli di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Bahasan mengenai mobil listrik selalu jadi hal yang menarik, karena bagaimanapun juga mobil listrik adalah gambaran masa depan otomotif di seluruh dunia. Dan beruntungnya kita karena Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah terbuka pada pasar kendaraan listrik. Lantas, untuk kalian yang sudah ngidam banget pada kendaraan listrik, tim AutonetMagz sudah merangkum 7 model mobil listrik murni (BEV) yang bisa kalian tebus di Indonesia saat ini. Cekidot.

1. Wuling Air EV

Kita mulai dari mobil listrik paling murah dan paling kompak yang bisa kalian tebus saat ini, yaitu Wuling Air EV. Mobil ini dijual oleh Wuling Indonesia sejak GIIAS 2022 kemarin dan hadir dengan 2 opsi yaitu standar range dan long range. Nah, untuk tipe standard range dibanderol dengan harga 238 jutaan Rupiah, OTR Jakarta. Tipe tersebut memiliki motor listrik bertenaga 30 kW dan baterai 17,3 kWh yang bisa berjalan maksimal sejauh 200 kilometer. Sedangkan varian long range ada 2 opsi, yaitu dengan charging pile seharga 311 jutaan Rupiah dan tanpa charging pile seharga 295 jutaan Rupiah, OTR Jakarta. Varian ini memiliki motor listrik yang sama, namun baterai 26,7 kWh yang bisa berjalan sejauh 300 kilometer.

2. Hyundai IONIQ5

Mobil kedua yang akan kita bahas adalah mobil listrik fenomenal dari Hyundai yaitu Hyundai IONIQ5. Yap, Hyundai IONIQ5 adalah mobil listrik pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Mobil ini memiliki 2 tipe utama yaitu Standard Range dan Long Range. Untuk varian Standard Range dibagi menjadi 2 tipe yaitu Prime dan Signature dengan banderol 748 jutaan dan 809 jutaan Rupiah. Varian ini memiliki jarak berkendara maksimal di angka 384 kilometer. Varian kedua adalah Long Range yang terbagi menjadi 2 tipe yaitu Prime dan Signature. Hyundai IONIQ5 Long Range Prime dibanderol 789 jutaan Rupiah dan tipe Signature dibanderol 859 jutaan Rupiah. Uniknya, untuk tipe long range ini ada 2 range berkendara yaitu 481 kilometer untuk tipe Prime dan 451 kilometer untuk tipe Signature.

3. KIA EV6 GT-Line

Masih dari pabrikan asal Korea Selatan, kali ini kita akan bahas mobil listrik yang sejatinya adalah saudara kandung dari Hyundai IONIQ5 yaitu KIA EV6. KIA Indonesia memboyong masuk KIA EV6 ke Indonesia dengan 1 tipe saja yaitu tipe GT-Line. KIA EV6 GT-Line memang belum muncul di situs resmi KIA Indonesia, tapi konon kabarnya mobil ini telah sold out dengan harga estimasi di 1,2 Milyar Rupiah. Nampaknya, KIA EV6 GT-Line yang dibawa ke Indonesia jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun, mobil dengan range berkendara mencapai 506 kilometer ini bisa jadi alternatif yang menarik bagi kalian yang ogah antri panjang untuk Hyundai IONIQ5.

4. MINI Electric

Berikutnya, kita akan bahas mobil listrik dari Jerman Inggris yaitu MINI Electric. Harga MINI Electric ini adalah 945 juta Rupiah dalam kondisi off the road, atau bisa tambah 10 juta Rupiah untuk edisi khusus Electric Collection dengan warna biru dan atap gradasi biru-hitam. MINI Cooper Electric ini memakai motor listrik milik BMW i3 yang dikembangkan lebih jauh. Urusan tenaga dan torsi, ia bisa menghasilkan 184 hp dan 270 Nm. Untuk baterai, mobil ini menggunakan baterai yang tergolong mungil yaitu 32, 64 kWh yang membuatnya mampu berjalan sejauh 232 kilometer berdasarkan pengujian WLTP. Cukup lah untuk nongki – nongki lucu di dalam kota.

5. BMW i4

Setelah membahas saudara kecilnya, kini kita bahas mobil listrik dari BMW yaitu BMW i4. Yap, mobil ini adalah mobil listrik terbaru dari BMW yang hadir di GIIAS 2022 kemarin bersamaan dengan BMW iX. Untuk spesifikasi, BMW i4 menggunakan motor listrik bertenaga 340 hp dan torsi 430 Nm. Sedangkan jarak berkendaranya terbilang cukup tinggi, mencapai 520 kilometer untuk sekali pengisian daya. Ini berkat menggunaan baterai berukuran besar yaitu 83,9 kWh di mobil yang menggunakan basis dari 4 series ini. Untuk harga, BMW i4 eDrive40 2 Milyar lebih 61 jutaan Rupiah, on the road.

6. Nissan Leaf

Kali ini, giliran mobil listrik asal Jepang yaitu Nissan Leaf. Bisa dikatakan Nissan merupakan satu – satunya pabrikan asal Jepang non premium yang berani menjual mobil listrik di Indonesia saat ini. Dan Nissan Leaf sendiri merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia. Untuk banderol, Nissan Leaf dihargai 728 jutaan Rupiah untuk varian single tone dan 730 jutaan Rupiah untuk varian two tone. Mobil ini menggunakan baterai berukuran 40 kWh dengan jarak tempuh maksimal di angka 311 kilometer. Sebuah angka yang cukup moderat untuk mobil listrik modern. Sedangkan motor listriknya menggunakan tipe EM57 dengan tenaga maksimal 150 PS dan torsi 320 Nm.

7. DFSK Gelora E

Dan terakhir adalah mobil listrik yang dikhususkan untuk penggunaan komersial yaitu DFSK Gelora E. Mobil ini sejatinya sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2021 silam. Mengusung motor listrik bertenaga 80 hp dengan torsi 200 Nm, DFSK Gelora E hadir dengan 2 tipe yaitu blind van dan minibus. Untuk urusan baterai, DFSK Gelora E menggunakan baterai berdaya 41,4 kWh yang secara NEDC mampu berjalan sejauh 233 kilometer. Jarak yang terbilang cukup untuk menjadi kendaraan niaga perkotaan, terutama jikalau perjalanan mobil ini sudah terjadwal. Untuk harga, DFSK mencantumkan harga mobil ini dimulai dari 484 jutaan Rupiah.

Model Lain : Hyundai Kona, BMW iX, Lexus UX300e dsb

Sebenarnya masih ada sejumlah mobil listrik lain yang dijual di Indonesia. Sebut saja Hyundai Kona, BMW iX dan Lexus UX300e. Hanya saja, ada beberapa alasan mengama tim AutonetMagz tidak menempatkan ketiganya di 7 list teratas. Untuk Hyundai Kona, keberadaanya kini sudah tergeser oleh Hyundai IONIQ5. Dan dari berita yang kemi dengar, stok Hyundai Kona sendiri sudah sangat tipis di Indonesia. Sedangkan BMW iX merupakan terobosan yang besar dari BMW untuk segmen BEV. Hanya saja alokasi unit untuk mobil ini kabarnya cukup minim dan masa tunggunya hingga tahunan. Sedangkan Lexus UX300e nyatanya tidak menunjukkan peforma penjualan yang menggembirakan.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Mau beli yang mana?

Read Prev:
Read Next: