KTM Duke 390 Launching di India Minggu Depan, Indonesia Kapan?

by  in KTM&Motor Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkendara dengan motor berkubikasi besar nyatanya adalah sebuah keasyikan tersendiri bagi beberapa orang. Tenaga dan torsi yang besar serta tampang yang gagah mampu meluruhkan hati banyak pecinta roda dua untuk meminang moge. Walaupun anda harus berkompromi dengan suhu mesin yang panas dan juga bobot motor yang lumayan berat. Nah, jika anda menyukai motor gede maka anda tak akan asing dengan KTM. Merk kondang asal Austria yang tahun lalu mengegerkan publik tanah air.

Bagaimana tidak geger? Produk andalan mereka yaitu Duke dan RC berkubikasi masing masing 200cc dan 250cc turun harga. Dalam sejarah motor di Indonesia, sangat jarang harga motor turun dengan angka yang lumayan, biasanya sih naik, sedikit – sedikit lama – lama menjadi mahal, eh… Nah, penunjukan APM baru untuk menjual produk 250cc ke bawah nyatanya membuat brand ini makin dikenal di Indonesia. Dan sekarang, kita akan menguak berita kemunculan salah satu beast yang diproduksi oleh KTM, yaitu KTM 390 Duke.

Seperti halnya kebanyakan pabrikan, dari namanya saja anda sudah tahu berapa kisaran kubikasinya, ya 390cc dong. Lebih tepatnya adalah 373.2cc 4-stroke satu silinder yang memuntahkan tenaga sebesar 32kW atau setara 44HP. Satu silinder? Nggak salah ya? Tidak pemirsa, memang Duke 390 ini dibekali mesin satu silinder. Mesin ini telah lulus uji emisi Euro 4. Jika anda melihat official video di atas, maka anda akan mendengarkan raungan khas satu silindernya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan satu silinder, toh motor ini bukanlah motor yang ditujukan pada penggila kecepatan. Motor ini ditujukan bagi anda yang senang dengan kenyamanan berkendara, handling yang oke, dan bobot yang ringan untuk sekedar filtering di tengah kota atau sekali – sekali naik ke puncak.

Dengan konfigurasi satu silindernya, tentu putaran mesin di rpm rendah akan nampol. Torsi yang dihasilkan kini mencapai 37Nm, naik 2Nm dibanding versi mesin sebelumnya. Transmisi 6 percepatan dengan rasio yang rapat digunakan untuk mendukung sang mesin. Selain itu kelebihannya ada pada bobot yang hanya 149kg, hanya beda 1kg dengan Yamaha FZ25 bermesin 250cc yang beberapa waktu lalu kami bahas. Jadi ini motor ringan, tenaga cukup besar, dan jelas rasio power-to-weightnya akan bagus. Selain itu, adanya slipper clutch seperti pada Yamaha R15 V3, dan Ride-by-Wire tentunya akan membuat anda makin nyaman dalam berkendara. Dual ABS pun hadir sebagai standar dengan rem 4 piston di depan dan single piston di belakang. Tangki lebih besar berukuran 13,4 liter pun siap menampung bahan bakarnya.

Sudah puas dengan mesinnya, kita beralih ke tampilan. Headlamp kini menggunakan teknologi LED yang terpisah di sebelah kanan dan kiri. Bagus sih, tapi kenapa jadi mirip topeng Kamen Rider Faiz ya. Garis body menjadi lebih meruncing di beberapa sisi. Sisi instrumennya menggunakan layar TFT yang lebar, dan mampu menyesuaikan pada kondisi cahaya di sekitar. Fitur KTM-My-Ride hadir untuk membantu anda menghubungkan smartphone anda dengan instrumen motor menggunakan fasilitas tethering. Dengan begitu, jika ada panggilan telepon saat anda berkendara, informasi tersebut akan ditampilkan di instrumen motor, boleh juga nih. Pengoperasian instrumen dapat menggunakan tombol di sisi kiri stang yang cukup informatif, nice.

Terakhir, All New KTM 390 Duke ini akan dilaunching pada 23 Februari 2017 nanti, di India kawan. Jadi jika anda menginginkan motor ini di Indonesia, harap bersabar dahulu. Walau ada kemungkinan motor ini masuk Indonesia, toh masih belum ada informasi terkait kapan peluncurannya. Di Indonesia sendiri, skema pajak motor diatas kubikasi 250cc cukup tinggi, jadi siapkan dana lebih jika ingin meminang motor ini. Harga motor ini di India sekitar 3,57 lakh atau setara 70,9 juta Rupiah jika dikonversikan. Dan karena KTM menggunakan pabrik Bajaj untuk membuatnya di India, maka harganya bisa ditekan hingga menjadi 2,25 lakh atau setara 44,7 juta Rupiah saja. Entah berapa harganya jika masuk ke Indonesia. Bagaimana menurut anda tentang kehadiran sang Duke 390 baru ini? Sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: